KEISUKEHONDA

Keisuke Honda
Nama Lengkap : Keisuke Honda
Tempat Lahir : Settsu
Tanggal Lahir : 13 Juni 1986 (31 Tahun)
Kebangsaan : Jepang
Klub : AC Milan
Posisi : Gelandang
No Punggung : 10
Tinggi : 182 cm

Karir

  • 2005 - 2007 : Nagoya Grampus
  • 2008 - 2010 : VVV Venlo
  • 2010 - 2014 : CSKA Moscow
  • 2014 - : AC Milan

Keisuke Honda merupakan salah satu ujung tombak serangan Jepang dalam beberapa tahun terakhir. Fleksibilitas dan kemampuan mencetak gol tinggi yang dimiliki oleh pemain yang dijuluki “Kaisar Keisuke” oleh fansnya ini telah membuat gelandang serang lincah ini menjadi tokoh kunci dalam tim nasional Jepang dan klub yang ia bela.

Sebelum bermain di level profesional, Honda sudah mulai bermain bersama dengan tim lokalnya Settsu FC. Ia juga sempat berseragam Gamba Osaka di level junior sebelum bermain untuk tim Sekolah Menengah Atas Seiryo.

Honda memulai karir profesionalnya bersama dengan Nagoya Grampus. Ia menjalani musim yang apik bersama dengan klub Jepang tersebut dengan torehan 11 golnya. Teknik individu serta kemampuannya mengolah si kulit bundar membuat klub asal Belanda, VVV Venlo, tertarik untuk memboyongnya.

Pada 2008, Honda ditransfer ke klub Belanda VVV Venlo Namun, tim itu terdegradasi dari Eredivisie musim itu dan Honda juga tidak dapat mencegah Jepang dari tiga kekalahan berturut-turut di Olimpiade Beijing musim panas itu. Meskipun grafik penampilan secara tim cenderung mengalami kemrosotan, secara personal Honda tampil cukup baik sehingga ia terpilih sebagai punggawa Samurai Biru untuk pertama kalinya.

Honda mengalami tahun yang jauh lebih baik di tahun 2009, ketika kembali sukses memperlihatkan produktifitasnya dalam hal mencetak gol dan memberi umpan guna membantu VVV Venlo mendapat tiket promosi kembali ke kasta tertinggi, Eredivisie. Penampilannya yang apik bersama dengan Venlo membuat salah satu klub asal Rusia menginginkan jasanya.

Honda secara resmi dipernalkan sebagai pemain CSKA Moskow pada 2010. Ia tampil dalam Liga Champions musim itu dan mencetak gol melalui eksekusi tendangan bebas kaki kiri yang membantu timnya sukses mengalahkan Sevilla dan membawa CSKA melaju ke perempat final turnamen sepak bola antar klub paling bergengsi di Eropa tersebut.

Pada turnamen piala dunia 2010 Afrika Selatan, pelatih Takeshi Okada membuat keputusan berani dengan memutuskan untuk membangun skema penyerangan dengan Honda sebagai pusatnya menggantikan peran Shinsuke Nakamura yang sudah pensiun dari tim nasional. Meskipun Honda kerap bermain diposisi gelandang tengah atau pemain sayap, kali ini ia ditugaskan untuk berperan sentral dalam posisi penyerang sendirian.

Honda membayar lunas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya dengan mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan atas Kamerun. Ia mencetak sebuah gol indah dari jarak jauh melalui tendangan bebas dalam kemenangan 3-1 Jepang atas Denmark di babak penyisihan grup. Penampilan gemilang yang ia tunjukkan sepanjang turnamen sukses membantu Jepang mencapai babak 16 besar, menyamai hasil terbaik mereka selama bermain di gelaran Piala Dunia.

Sejak turnamen tersebut, Honda telah menjadi pilihan tetap untuk Timnas Jepang. Ia juga menjadi bagian penting perjalanan sukses Timnas Jepang di Piala Asia AFC 2011.

Kemampuan Honda untuk mempertahankan bola dan umpan-umpannya yang akurat, tembakan jarak jauh mematikan dan kemampuan mengeksekusi bola mati telah membuatnya menjadi salah satu pemain yang ditakuti bahkan di level Eropa. Kuat dan mempunyai keseimbangan permainan yang bagus. Ia memiliki atribut yang dibutuhkan untuk menjadi pemain level dunia.

Kemampuan dan capaian pemain bintang tim nasional Jepang tersebut tak dilewatkan begitu saja oleh salah satu klub kebanggaan kota Milan. Melalui situs resminya, AC Milan mengumumkan bahwa mereka telah sukses mendapatkan tanda tangan pemain berjuluk “Kaisar Keisuke” tersebut pada bursa transfer Januari 2014.



Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Keisuke Honda

Galliani: Honda Tetap Bertahan di Milan

Galliani: Honda Tetap Bertahan di Milan

26-02-2017 17:51

Raksasa Serie A, AC Milan menegaskan bahwa mereka tak akan melepas gelandang serang asal Jepang, Keisuke Honda hingga musim ini berakhir.

Transfer Milan: Jual Tiga Pemain, Beli Dua Pemain

Transfer Milan: Jual Tiga Pemain, Beli Dua Pemain

29-11-2016 17:37

AC Milan akan sibuk pada bulan Januari yang akan datang. Klub yang dilatih oleh Vincenzo Montella ini akan sibuk dengan aktivitas mereka di bursa transfer pemain.

Tiga Klub Premier League Inginkan Honda

Tiga Klub Premier League Inginkan Honda

29-11-2016 14:42

Target Tottenham, Keisuke Honda, disebut akan hengkang dari AC Milan di Januari mendatang, menurut laporan yang diturunkan oleh La Repubblica.

Honda Takkan Menolak Tetap Berseragam Milan

Honda Takkan Menolak Tetap Berseragam Milan

14-11-2016 11:18

Masa depan Keisuke Honda di AC Milan cukup suram. Namun, gelandang 30 tahun Jepang itu takkan menolak jika diberi kesempatan untuk tetap berseragam Milan.

Agen Keisuke Honda Bantah Ketertarikan Tiongkok

Agen Keisuke Honda Bantah Ketertarikan Tiongkok

14-11-2016 10:57

Menurut Hiroyuki, agen sekaligus saudara Keisuke, itu cuma rumor yang tak berdasar.

Honda Hijrah ke Tiongkok?

Honda Hijrah ke Tiongkok?

09-11-2016 09:53

Honda disebut menjadi salah satu target transfer utama klub asal Tiongkok Shanghai SIP pada bursa transfer musim dingin nanti.

Honda Lontarkan Kritik Pada Suporter AC Milan

Honda Lontarkan Kritik Pada Suporter AC Milan

06-10-2016 13:30

Gelandang AC Milan, Keisuke Honda melontarkan kritik kepada tifosi Rossoneri yang menurutnya hanya menuntut tim bermain bagus dan menang serta tak mau tahu saat tim berada dalam periode yang sulit.

Honda Cuma Ingin Bertahan di Milan

Honda Cuma Ingin Bertahan di Milan

05-10-2016 11:50

Keisuke Honda jarang dimainkan oleh pelatih baru Vincenzo Montella di AC Milan musim ini. Namun, gelandang 30 tahun Jepang itu tak terlalu keberatan. Dia cuma ingin bertahan di Rossoneri.

Milan Tawarkan Honda ke Barcelona

Milan Tawarkan Honda ke Barcelona

26-09-2016 14:55

Gelandang AC Milan, Keisuke Honda, rupanya sempat ditawarkan untuk pindah ke Barcelona di bursa transfer musim panas ini.

Musim Ini, Milan Ditarget Masuk Lima Besar Serie A

Musim Ini, Milan Ditarget Masuk Lima Besar Serie A

05-09-2016 23:37

Eks penyerang AC Milan, Marco Simone, mengatakan pada Vincenzo Montella bahwa ia harus bisa membawa Rossoneri finis di posisi lima klasemen akhir Serie A musim ini.