KRISTOFFEROLSSON

Kristoffer Olsson
Nama Lengkap : Kristoffer Olsson
Tempat Lahir : Norrkoping, Swedia
Tanggal Lahir : 30 Juni 1995 (22 Tahun)
Kebangsaan : Swedia
Klub : -
Posisi : Gelandang
No Punggung : 53
Tinggi : 178 cm

Karir

Kristoffer Olsson adalah pemain yang menjadi andalan tim nasional junior Swedia. Penampilannya bersama dengan tim nasional junior Swedia membuat banyak pihak menaruh rasa kagum terhadap bakat dan kemampuan pemain kelahiran 30 Juni tersebut. Ketenangan bermain dan keakuratan umpan menjadi senjata andalan pemain ini.

Olsson mengawali karirnya dalam dunia sepak bola bersama dengan akademi klub local IK Sleipner. Pemain kelahiran 30 Juni ini sebenarnya punya kesempatan untuk menjajal masa trial bersama dengan salah satu tim asal kota London, the Blues, Chelsea ketika ia berusia 13 tahun. Namun sayangnya ia tidak menghadiri trial tersebut.

Setelah menimbailmu di IK Sleipner, Olsson melanjutkan berkarir di tim akademi IFK Norrkoping. Disinilah bakat pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini mulai terasah. Ia adalah tipikal pemain yang tenang ketika membawa bola. Akurasi umpannya juga terbilang akurat. Ia adalah salah satu pemain yang disebut-sebut sebagai pemain andalan masa depan Swedia.

Saat usianya menginjak 16 tahun, bakat pemain asal Norrkoping ini sudah mengundang banyak klub elit Eropa untuk memantaunya. Banyak klub elite Eropa menawarkan diri untuk merekrutnya. Klub-klub seperti Juventus, Ajax Amsterdam, IFK Gottenburg dan Arsenal siap bersaing demi mendapatkan pemain yang kala itu masih berusia 16 tahun tersebut.

Sebenarnya, Olsson pernah menjalani masa trial bersama salah satu klub kota London, Arsenal. Kala itu ia menjalani masa trial dan bermain untuk tim U-16 Arsenal kala mereka melawan Crystal Palace U-16. Atas penampilan apiknya dalam pertandingan melawan Crystal Palace, pihak Arsenal kembali mengundangnya untuk turut berpartisipasi dalam ajang Ferolli Cup dan Nike Cup.

Olsson kala itu memutuskan untuk menjadikan Arsenal sebagai klub pelabuhannya ketimbang klub-klub lain yang juga menginginkan jasanya. Ia pernah memiliki hubungan dengan klub asal kota London tersebut dengan status menjalani masa trial di Arsenal. Kesan-kesan kala menjalani masa trial di London itulah yang mendorong Olsson untuk lebih memilih Arsenal ketimbang tim-tim elit lain seperti Juventus dan Ajax Amsterdam.

Kala berseragam Arsenal, Olsson langung bermain apik untuk tim akademi. Ia adalah salah satu talenta muda yang disebut-sebut memiliki masa depan cerah didunia sepak bola. Para fans Arsenal bahkan juga membandingkan gaya permainan pemain kelahiran 1995 tersebut dengan mantan pemain Arsenal yang juga berasal dari Swedia, Fredrik Ljungberg dan Sebastian Larsson.

Pada tur pramusim Arsenal di tahun 2013, Olsson dimainkan bersama tim utama Arsenal untuk pertama kali. Kala itu Arsenal menjajal kekuatan tim nasional Indonesia di stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta. Olsson adalah sosok yang tampil sebagai pembuka rentetan pesta gol Arsenal ke gawang Indonesia. Selanjutnya, ia diturunkan lagi ketika Arsenal menghadapi West Bromwich Albion pada laga lanjutan Piala Capital One.


Oleh: Fatkhur Rozi