LUKASZPISZCZEK

Lukasz Piszczek
Nama Lengkap : Lukasz Piszczek
Tempat Lahir : Goczalkowice-Zdroj, Polandia
Tanggal Lahir : 03 Juni 1985 (31 Tahun)
Kebangsaan : Polandia
Posisi : Bek
No Punggung : 26
Tinggi : 184 cm

Karir

  • 2004 - 2007 : Zaglebie Lubin
  • 2004 - 2010 : Hertha Berlin
  • 2009 - : Hertha Berlin B
  • 2010 - : Borussia Dortmund

Lukasz Piszczek lahir pada tahun 1985. Ia pertama kali bermain sepak bola di kampung halamannya kala membela LKS Goczalkowice Zdroj. Kala itu, ia masih bermain sebagai seorang striker. Pada Januari 2001 ia memutuskan untuk pindah ke Gwarek Zabrze. Dua tahun setelah bergabung dengan Zabrze, ia sukses memenangi kejuaraan junior Polandia.

Atas prestasinya kala itu, ia juga sukses menarik perhatian dari klub-klub asing. Akhirnya, Hertha BSC Berlin lah yang sukses mendapatkan tanda tangan Lukasz pada tahun 2004 meski mereka segera meminjamkannya kembali ke Polandia bersama Zaglebie Lubin guna mendapatkan waktu bermain di tim utama.

Keputusan Berlin untuk meminjamkannya ke Lubin terbukti tepat. Dengan adanya Piszczek di susunan tim utama Lubin, klub Polandia tersebut sukses menjuarai Liga Polandia pada musim 2006/07. Pada tahun yang sama ia merayakan pertandingan pertamanya untuk tim nasional Polandia.

Pada musim 2007-08, dia kembali ke Berlin. Pada musim tersebut, ia menyumbang 24 penampilan, baik sebagai striker maupun sebagai bek, dengan cukup memuaskan. Musim berikutnya berjalan dengan kurang baik bagi pemain berkebangsaan Polandia tersebut. Piszczek kerap mengalami cedera sehingga hanya mampu mencapai total 13 pertandingan dalam satu musim.

Secara bertahap pelatih Hertha, Lucien Favre, mulai menempatkan Lukasz untuk bermain di posisi bek kanan. Meski dinilai cukup tajam kala bermain di posisi striker, namun Lukasz bukan tipikal striker murni yang cocok untuk menjadi tonggak serangan di Bundeslia. Meski demikian, ia masih meyimpan harapan untuk bisa menemukan kembali ketajamannya sebagai striker meski ia sadar kalau ia sebenarnya lebih nyaman bermain di posisi bek kanan dari pada sebagai striker.

Kebolehan Lukasz bermain di posisi bek kanan terus digunakan oleh pengganti Favre sebagai arsiter Berlin, Friedhelm Funkel. Ia mengumpulkan 40 penampilan dan merupakan salah satu pemain paling konsisten sepanjang musim pada posisi bek kanan. Sayangnya, musim tersebut berakhir dengan pahit kala Berlin harus terdegradasi ke kasta kedua Bundesliga.

Lukasz kemudian bergabung bersama Dortmund pada Mei 2010. Ia mengalami masa-masa yang sulit kala baru saja bergabung dengan Dortmund setelah kedatangannya dari Hertha Berlin. Tetapi atas usaha tak kenal lelah yang ia tunjukkan, ia berhasil sampai ke starting XI setelah beberapa minggu dan tetap berada di urutan pemain inti hingga akhir musim.

Dia bermain solid kala berada di lini pertahanan dan hebatnya, ia juga berkontribusi cukup positif dengan torehan delapan gol kala ia turut membantu penyerangan Dortmund.

Lukasz merupakan salah satu pemain yang cukup berprestasi di Bundesliga. Menurut majalah olahraga Kicker Jerman, ia adalah bek terbaik kedua di Bundesliga (setelah Mats Hummels) musim 2011/12. Jurgen Klopp juga berbicara dengan nada positif tentang performanya dengan memujinya sebagai salah bek yang tak hanya memiliki kemampuan bertahan yang baik, tetapi juga kemampuan menyerang yang juga sama baiknya.

Lukasz Piszczek merupakan pemain yang memiliki visi permainan yang solid. Klopp bahkan menggambarkan dirinya sebagai pemain yang mampu menjadi “pendorong” kala tim sedang dalam keadaan tertekan dan tetap mampu menjalankan tugasnya sebagai pemain belakang.

Pada awal musim 2013/14, kala Dortmund tengah mengalami masa sulit di liga, ia mendapat kesempatan untuk kembali berlaga pada menit-menit terakhir di match day ketujuh melawan Mainz kala ia baru sembuh dari cedera yang ia derita. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Dortmund.

 

Oleh: Fatkhur Rozi

Berita Terbaru Lukasz Piszczek

Lukasz Piszczek Masuk Radar Barcelona

Lukasz Piszczek Masuk Radar Barcelona

25-05-2015 09:22

Satu lagi pemain Borussia Dortmund dikaitkan dengan Barcelona, menjelang dibukanya bursa transfer musim panas. Kali ini nama yang muncul adalah Lukasz Piszczek.

Kontribusi Absolut Marco Reus

Kontribusi Absolut Marco Reus

05-11-2014 15:58

Keberhasilan Borussia Dortmund lolos dari Grup D Liga Champions 2014/15 dengan dua laga tersisa tak bisa dilepaskan dari kontribusi absolut Marco Reus.

Piszczek: Publik Sudah Menunggu Lama Kemenangan Atas Jerman

Piszczek: Publik Sudah Menunggu Lama Kemenangan Atas Jerman

12-10-2014 13:51

Salah satu bek sayap Polandia Lukasz Piszczek menganggap kemenangan atas Jerman terasa spesial.

Review: Sang Juara Dunia Menyerah di Warsawa

Review: Sang Juara Dunia Menyerah di Warsawa

12-10-2014 03:47

Datang dengan predikat juara dunia, Jerman ternyata harus menyerah dua gol tanpa balas ketika bertamu ke markas Polandia di Stadion Narodowy, Warsawa, Minggu (12/10).

Barca Berburu Bek Kanan Baru

Barca Berburu Bek Kanan Baru

12-08-2014 02:07

Barcelona FC dikabarkan masih aktif di bursa transfer dan kini tengah mencari amunisi baru di sektor bek kanan.

Usai Vermaelen, Barca Kini Bidik Seorang Bek Kanan

Usai Vermaelen, Barca Kini Bidik Seorang Bek Kanan

10-08-2014 23:29

Usai resmi menggaet Thomas Vermaelen dari Arsenal, pergerakan Barcelona FC di bursa transfer belum akan selesai. Demikian dilaporkan Mundo Deportivo.

Ancelotti Tak Berminat Pada Bek Dortmund

Ancelotti Tak Berminat Pada Bek Dortmund

26-07-2014 00:16

Carlo Ancelotti membantah berbagai rumor bahwa Madrid akan membeli bek kanan baru musim panas ini.

Tinggalkan Arsenal, Fabianski Menuju Dortmund?

Tinggalkan Arsenal, Fabianski Menuju Dortmund?

09-04-2014 15:56

Media olahraga Polandia, Onet.pl melaporkan bahwa raksasa Jerman, Borussia Dortmund turut bergabung dalam perburuan tanda tangan Fabianski.

Ancelotti: Kegagalan Penalti Di Maria Pengaruhi Mental Madrid

Ancelotti: Kegagalan Penalti Di Maria Pengaruhi Mental Madrid

09-04-2014 10:16

Carlo Ancelotti menyebut kegagalan penalti yang dilakukan oleh Angel Di Maria pada awal babak pertama kontra Borussia Dortmund berpengaruh sangat besar bagi mental rekan setimnya.

Madrid Belokkan Radar Pada Lukasz Piszczek

Madrid Belokkan Radar Pada Lukasz Piszczek

25-03-2014 12:05

Terus memburu amunisi baru di sektor belakang, Real Madrid kini dikaitkan dengan nama bek Borussia Dortmund, Lukasz Piszczek.