MARCBARTRA

Marc Bartra
Nama Lengkap : Marc Bartra Aregall
Tempat Lahir : Sant Jaume, Spanyol
Tanggal Lahir : 15 Januari 1991 (26 Tahun)
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Bek
No Punggung : 5
Tinggi : 183 cm

Karir

Marc Bartra Aregall, atau yang lakrab disapa Bartra, adalah pemain sepak bola profesional asal Spanyol yang sudah terjun ke pentas internasional sejak usia muda.

Lahir di Sant Jaume dels Domenys, Bartra mulai mengembangkan bakat sepak bolanya sejak umur 11 tahun di klub muda RCD Espanyol. Setelah itu dia pindah ke klub muda Barcelona, La Masia. Setelah bermain, berlatih, dan mengasah kemampuan sepakbolanya selama hampir 7 tahun bersama klub muda, dia dipromosikan dan bergabung bersama Barcelona B pada tahun 2009.

Pada tanggal 14 Februari 2010, Bartra mendapatkan kesempatan untuk debut bersama tim inti Barcelona. Dia dimainkan sebagai pengganti Jeffren Suárez saat melawan Atletico Madrid di stadion Vicente Calderón.

Pada Mei 2011, bek yang bertinggi badan 183 sentimeter ini berhasil mencetak gol pertamanya untuk Barcelona yang membuat klub unggul 3-1 ketika melawan Málaga CF.

Gol kedua Bartra tercipta bagi Blaugrana, julukan Barcelona, ketika dia diturunkan untuk menggantikan Mascherano karena cedera dan berhasil menjebol gawang Real Sociedad berkat umpan matang dari Lionel Messi pada 24 September 2013.

Sosok yang lahir pada lahir 15 Januari 1991 ini telah berpartisipasi untuk tim nasional Spanyol U-18, Spanyol U-19; dengan tim ini dia bermain dalam turnamen European  Championship, Spanyol U-20; ketika dia dipercaya untuk menjadi kapten di Piala Dunia U-20, dan Spanyol U-21. Selama bermain bersama tim nasional U-21 di 16 pertandingan, dia telah menyumbangkan 2 gol untuk Spanyol. Sejak tahun 2010, dia juga turut berpartisipasi untuk Timnas Catalunya.

Catalunya adalah bagian dari negara Spanyol yang pernah menjadi bangsa termaju dari aspek ekonomi dan industri di Eropa setelah Inggris pada abade ke-18. Sekedar informasi, tim ini dibentuk oleh Federasi Sepakbola Catalunya tanpa ada campur tangan dari pihak FIFA dan UEFA. Oleh karena itu, tim ini tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia dan Piala Eropa.

Berdirinya tim ini pun bukan karena tanpa alasan, namun hal ini sudah didasari oleh rivalitas antara Barcelona dan Real Madrid sejak tahun 1930-an. Persaingan antara dua klub besar tersebut memicu pembunuhan salah satu Jendral Spanyol dan pengeboman selama pertandingan sepak bola.

Hal ini yang membuat masyarakan Catalunya beranggapan bahwa mereka bukan bagian dari Spayol, maka dari itu, mereka berhak untuk mendirikan federasi independen di sepak bola. Pihak lain beranggapan bahwa Catalunya masih termasuk wilayah Spanyol dan bukan berdiri sendiri sebagai negara.

Sejak tahun 1997 mereka telah berpartisipasi di beberapa pertandingan persahabatan, seperti dengan Nigeria, Brazil dan Argentina.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Marc Bartra

Peran Vital Castilla Dalam Sukses Zidane di Real Madrid

Peran Vital Castilla Dalam Sukses Zidane di Real Madrid

26-09-2017 13:20

Bek Borussia Dortmund, Marc Bartra, bisa memahami mengapa Zinedine Zidane terus meraih sukses bersama Real Madrid belakangan ini.

Video: Melihat Kembali Saat Gareth Bale Menghabisi Marc Bartra

Video: Melihat Kembali Saat Gareth Bale Menghabisi Marc Bartra

26-09-2017 07:35

Laga Borussia Dortmund melawan Real Madrid nanti akan menjadi rematch antara Marc Bartra dengan Gareth Bale

Marc Bartra Absen Dari Lawatan ke London

Marc Bartra Absen Dari Lawatan ke London

12-09-2017 17:09

Barussia Dortmund tidak akan tampil dengan kekuatan terbaiknya pada laga perdana mereka di Liga Champions melawan Tottenham, Kamis (14/9) dini hari WIB. Dortmund tidak akan diperkuat oleh Marc Bartra.

Bartra: Barca Harus Sabar Pada Dembele

Bartra: Barca Harus Sabar Pada Dembele

05-09-2017 20:06

Pemain Borussia Dortmund, Marc Bartra yakin mantan rekan satu timnya, Ousmane Dembele bisa sukses bersama Barcelona. Tapi, Barca harus bersabar untuk bisa melihat aksi terbaik Dembele.

Bartra Belum Ingin Susul Dembele ke Barca

Bartra Belum Ingin Susul Dembele ke Barca

30-08-2017 07:40

Marc Bartra belum lama ini menegaskan bahwa ia masih bahagia di Borussia Dortmund dan tak tertarik untuk kembali ke Barcelona.

Bartra: Dembele Punya Bakat Alam

Bartra: Dembele Punya Bakat Alam

29-08-2017 21:38

Pemain belakang Borussia Dortmund, Marc Bartra memberikan sanjungan pada pemain baru Barcelona, Ousmane Dembele. Menurut Bartra, Dembele adalah pemain dengan bakat alami.

Bartra Tolak Lamaran Manchester United

Bartra Tolak Lamaran Manchester United

17-07-2017 15:35

Bek Borussia Dortmund, Marc Bartra, menolak pendekatan yang muncul dari Manchester United.

Bartra Bujuk Aubameyang Bertahan di Dortmund

Bartra Bujuk Aubameyang Bertahan di Dortmund

15-07-2017 23:40

Marc Bartra berharap Pierre-Emerick Aubameyang akan menolak tawaran yang konon datang dari Tiongkok dan Inggris, untuk bertahan di Borussia Dortmund.

Mourinho Ingin Duetkan Lindelof dengan Bartra

Mourinho Ingin Duetkan Lindelof dengan Bartra

05-07-2017 11:50

Manchester United dikabarkan tertarik untuk merekrut bek Borussia Dortmund, Marc Bartra.

United Kontak Dortmund Soal Bartra

United Kontak Dortmund Soal Bartra

03-07-2017 09:50

Manchester United sudah menghubungi Borussia Dortmund untuk menanyakan status Marc Bartra.