FOLLOW US:

MATEOKOVACIC

Mateo Kovacic
Nama Lengkap : Mateo Kovacic
Tempat Lahir : Linz, Austria
Tanggal Lahir : 06 Mei 1994 (25 Tahun)
Kebangsaan : Kroasia
Klub : Real Madrid
Posisi : Gelandang
No Punggung : 16
Tinggi : 181 cm

Karir

Mateo Kovacic lahir pada 6 Mei 1994, dia adalah pemain sepak bola berkebangsaan Kroasia yang bermain sebagai gelandang untuk tim Serie A, Internazionale dan Tim Nasional Kroasia. Kovacic biasanya dimainkan sebagai gelandang sentral atau deep-lying playmaker di Inter Milan.

Tapi Kovacic dianggap sebagai gelandang serba bisa, karena mampu bermain di posisi yang berbeda dan dapat beradaptasi dengan bermain baik di sisi kiri atau sebagai trequartista jika diperlukan. Ia memulai karir profesionalnya dengan Dinamo Zagreb pada usia 16, ia memenangkan 2 gelar liga berturut-turut, sebelum bergabung dengan Inter pada tahun 2013.

Kovacic lahir di Linz, Austria, ia mulai bermain pada usia dini di akademi LASK Linz lokal. Pada tahun 2007, ketika Kovacic berusia 13 tahun, gelandang berbakat ini ditemukan oleh pencari bakat dari beberapa klub Eropa terkemuka, termasuk VfB Stuttgart, AFC Ajax, Juventus, dan Bayern Munich.

Tapi keluarganya memilih untuk pindah ke Zagreb, di mana ia bergabung dengan raksasa Kroasia Dinamo Zagreb. Kovacic mengalami cedera serius pada tahun 2009 di mana kakinya patah, tapi ia kembali ke lapangan setelah pemulihan yang panjang. Pada 31 Mei 2010, ia melakoni comebacknya pada pertandingan terakhir dari liga akademi Kroasia U-17, di mana timnya menang 5-0 melawan RNK Split under-17s.

Kovacic mulai berlatih dengan skuad senior klub di bawah kepemimpinan manajer, Vahid Halilhodzic, empat bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 6 Oktober 2010.

Kemudian bulan itu, dikabarkan oleh harian olahraga lokal, Novosti Sportske, bahwa kepala pencari bakat Arsenal, Steve Rowley, telah tiba di Zagreb untuk menonton dia tampil di pertandingan U-17melawan Cibalia dan NK Zagreb.

Dalam skuad senior, Kovacic diberi jersey bernomor 8, nomor yang pernah dipakai oleh salah satu legenda terbesar Dinamo, Robert Prosinecki.

Kovacic akhirnya menjalani debut liga profesionalnya di musim 2010-2011 Prva HNL bertandang ke Hrvatski Dragovoljac pada 20 November 2010, di mana ia mencetak gol keempat Dinamo dalam kemenangan 6-0.

Hal ini membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah liga, pada usia 16 tahun dan 198 hari, membobol rekor yang dibuat hanya seminggu sebelumnya oleh Dino Spehar yang telah mencetak gol untuk NK Osijek pada usia 16 tahun dan 278 hari pada 13 November 2010.

pada musim pertamanya untuk tim senior dengan Dinamo Zagreb ia berhasil tampil dalam 7 pertandingan, memberikan kontribusi dalam memenangkan gelar liga.

Pada musim 2011-2012, Kovacic cepat membuktikan dirinya sebagai tim utama. Ia bermain terutama di posisi gelandang kiri dalam sistem 4-2-3-1. Pada awal musim, ia membantu tim mencapai Penyisihan Grup Liga Champions musim untuk pertama kalinya dalam 12 tahun.

Saat masih berumur 17 tahun, ia muncul di lineup awal dari Dinamo dalam pertandingan grup pertama melawan Real Madrid. Ia menyelesaikan musim di Eropa pertamanya dengan Dinamo dengan mencetak gol melawan Olympique Lyonnais di pertandingan terakhir dari Tahap Group di Zagreb dan menjadi pencetak gol termuda kedua yang pernah di Liga Champions.

Di liga domestik, ia adalah seorang starter reguler, tampil di 25 pertandingan liga dan mencetak lima gol. Selama pertandingan liga melawan NK Lucko, ia menjadi pemain termuda yang mengenakan ban kapten dalam sejarah Dinamo, mengambil ban kapten dari Leandro Cufre.

Musim lain yang sukses untuknya di kompetisi domestik saat ia muncul di 32 liga domestik dan pertandingan Cup selama musim itu, membantu Dinamo memenangi gelar liga ketujuh berturut-turut mereka. Dia juga mencetak gol di final Piala Kroasia melawan NK Osijek di Stadion Maksimir.

Pada Desember 2011, ia diangkat sebagai Croatian Football Hope of the Year.Selama bermain dengan Dinamo, Kovacic memenangi dua gelar liga domestik dan dua gelar Piala Kroasia, muncul dalam total 73 pertandingan resmi, termasuk 12 penampilan di Liga Champions.

Pada 31 Januari 2013, Kovacic setuju untuk transfer ke Inter. Terungkap bahwa kesepakatan itu bernilai total 15 juta, dengan 13.000.000 dibayar segera dan 2.000.000 ketika dan jika Inter memenuhi syarat untuk Liga Champions.

Harian Italia juga mengklaim bahwa Real Madrid, Manchester City, dan Chelsea tertarik pada Kovacic, tapi ia akhirnya bergabung dengan Nerazzurri. Setelah kedatangannya, Kovacic diberi jersey bernomor 10, yang sebelumnya dikenakan oleh Wesley Sneijder.

Kovacic melakukan debut untuk Inter tiga hari kemudian, pada tanggal 3 Februari, datang sebagai pengganti babak pertama dalam pertandingan Serie A melawan Siena. Meskipun ia diumumkan sebagai starting eleven untuk pertandingan Serie A berikutnya melawan Chievo, ia tidak dimainkan karena cedera otot ringan.

Pada tanggal 14 Februari, Kovacic membuat debut Eropa dalam pertandingan Liga Europa melawan CFR Cluj. Dia memberikan assist yang indah untuk Rodrigo Palacio, yang membuat kedudukan menjadi 2-0 untuk Inter. Dia tampil mengesankan dan mendapat tepuk tangan yang meriah saat diganti di menit ke-89.

Kovacic juga bermain penuh 90 menit dalam kemenangan tandang 3-0 melawan CFR Cluj



Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Mateo Kovacic

Setelah N'Golo Kante, Gelandang Chelsea Jadi Korban 'Virus FIFA'?

Setelah N'Golo Kante, Gelandang Chelsea Jadi Korban 'Virus FIFA'?

14-10-2019 18:20

Mateo Kovacic diberitakan mengalami cedera saat bertugas di jeda Internasional kali ini.

Mourinho Ungkap Kesalahan Kepa dan Kovacic Atas Terciptanya Gol Liverpool

Mourinho Ungkap Kesalahan Kepa dan Kovacic Atas Terciptanya Gol Liverpool

25-09-2019 20:11

Jose Mourinho mengatakan Kepa Arrizabalaga dan Mateo Kovacic harusnya bisa berbuat lebih banyak untuk bisa mencegah gol pertama Liverpool yang dilesakkan oleh Trent Alexander-Arnold.

Mateo Kovacic Dicoret dari Timnas Kroasia, Ada Apa?

Mateo Kovacic Dicoret dari Timnas Kroasia, Ada Apa?

03-09-2019 17:20

Zlatko Dalic memutuskan untuk memulangkan Mateo Kovacic ke Chelsea pada jeda Internasional kali ini.

Dilatih Lampard, Gelandang Chelsea Ini Merasa Lebih Bebas

Dilatih Lampard, Gelandang Chelsea Ini Merasa Lebih Bebas

29-08-2019 11:40

Mateo Kovacic menjelaskan peran penting Frank Lampard terhadap perkembangan permainannya di Chelsea. Dia yakin Lampard memang pelatih yang tepat untuk membimbing Chelsea yang sekarang.

Mateo Kovacic Merasa Lebih Nyaman Bermain di Era Lampard Ketimbang Sarri, Mengapa?

Mateo Kovacic Merasa Lebih Nyaman Bermain di Era Lampard Ketimbang Sarri, Mengapa?

26-08-2019 09:00

Gelandang Chelsea, Mateo Kovacic, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang membuatnya merasa lebih nyaman bermain di era kepelatihan Frank Lampard ketimbang Maurizio Sarri. Apakah itu?

Chelsea Segera Permanenkan Mateo Kovacic

Chelsea Segera Permanenkan Mateo Kovacic

27-06-2019 19:40

Teka-teki mengenai masa depan Mateo Kovacic akhirnya menemui titik terang

Soal Masa Depan Mateo Kovacic, Chelsae Tunggu Frank Lampard

Soal Masa Depan Mateo Kovacic, Chelsae Tunggu Frank Lampard

26-06-2019 16:00

Mateo Kovacic akan segera mendapatkan kepastian mengenai masa depannya di Chelsea.

Chelsea Punya Waktu 6 Hari untuk Tuntaskan Transfer Gelandang Real Madrid

Chelsea Punya Waktu 6 Hari untuk Tuntaskan Transfer Gelandang Real Madrid

25-06-2019 09:00

Chelsea masih belum berbicara dengan Mateo Kovacic perihal masa depannya di Stamford Bridge. Kabarnya, The Blues hanya punya enam hari ke depan untuk memutuskan apakah bakal mempertahankan gelandang Kroasia itu atau memulangkannya ke Madrid.

Tanyakan Status Asensio, Kovacic dan Odegaard, Milan Bawa Kabar Baik

Tanyakan Status Asensio, Kovacic dan Odegaard, Milan Bawa Kabar Baik

21-06-2019 18:27

AC Milan dikabarkan telah menanyakan status Marco Asensio, Mateo Kovacic dan Martin Odegaard kepada Real Madrid dan Paolo Maldini mengaku perjalannya ke Spanyol membuahkan kabar baik.

Chelsea Batal Permanenkan Mateo Kovacic

Chelsea Batal Permanenkan Mateo Kovacic

13-06-2019 18:00

Klub Premier League, Chelsea sudah mengambil keputusan terkait masa depan Mateo Kovacic.