FOLLOW US:

MATEOKOVACIC

Mateo Kovacic
Nama Lengkap : Mateo Kovacic
Tempat Lahir : Linz, Austria
Tanggal Lahir : 06 Mei 1994 (24 Tahun)
Kebangsaan : Kroasia
Klub : Real Madrid
Posisi : Gelandang
No Punggung : 16
Tinggi : 181 cm

Karir

Mateo Kovacic lahir pada 6 Mei 1994, dia adalah pemain sepak bola berkebangsaan Kroasia yang bermain sebagai gelandang untuk tim Serie A, Internazionale dan Tim Nasional Kroasia. Kovacic biasanya dimainkan sebagai gelandang sentral atau deep-lying playmaker di Inter Milan.

Tapi Kovacic dianggap sebagai gelandang serba bisa, karena mampu bermain di posisi yang berbeda dan dapat beradaptasi dengan bermain baik di sisi kiri atau sebagai trequartista jika diperlukan. Ia memulai karir profesionalnya dengan Dinamo Zagreb pada usia 16, ia memenangkan 2 gelar liga berturut-turut, sebelum bergabung dengan Inter pada tahun 2013.

Kovacic lahir di Linz, Austria, ia mulai bermain pada usia dini di akademi LASK Linz lokal. Pada tahun 2007, ketika Kovacic berusia 13 tahun, gelandang berbakat ini ditemukan oleh pencari bakat dari beberapa klub Eropa terkemuka, termasuk VfB Stuttgart, AFC Ajax, Juventus, dan Bayern Munich.

Tapi keluarganya memilih untuk pindah ke Zagreb, di mana ia bergabung dengan raksasa Kroasia Dinamo Zagreb. Kovacic mengalami cedera serius pada tahun 2009 di mana kakinya patah, tapi ia kembali ke lapangan setelah pemulihan yang panjang. Pada 31 Mei 2010, ia melakoni comebacknya pada pertandingan terakhir dari liga akademi Kroasia U-17, di mana timnya menang 5-0 melawan RNK Split under-17s.

Kovacic mulai berlatih dengan skuad senior klub di bawah kepemimpinan manajer, Vahid Halilhodzic, empat bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 6 Oktober 2010.

Kemudian bulan itu, dikabarkan oleh harian olahraga lokal, Novosti Sportske, bahwa kepala pencari bakat Arsenal, Steve Rowley, telah tiba di Zagreb untuk menonton dia tampil di pertandingan U-17melawan Cibalia dan NK Zagreb.

Dalam skuad senior, Kovacic diberi jersey bernomor 8, nomor yang pernah dipakai oleh salah satu legenda terbesar Dinamo, Robert Prosinecki.

Kovacic akhirnya menjalani debut liga profesionalnya di musim 2010-2011 Prva HNL bertandang ke Hrvatski Dragovoljac pada 20 November 2010, di mana ia mencetak gol keempat Dinamo dalam kemenangan 6-0.

Hal ini membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah liga, pada usia 16 tahun dan 198 hari, membobol rekor yang dibuat hanya seminggu sebelumnya oleh Dino Spehar yang telah mencetak gol untuk NK Osijek pada usia 16 tahun dan 278 hari pada 13 November 2010.

pada musim pertamanya untuk tim senior dengan Dinamo Zagreb ia berhasil tampil dalam 7 pertandingan, memberikan kontribusi dalam memenangkan gelar liga.

Pada musim 2011-2012, Kovacic cepat membuktikan dirinya sebagai tim utama. Ia bermain terutama di posisi gelandang kiri dalam sistem 4-2-3-1. Pada awal musim, ia membantu tim mencapai Penyisihan Grup Liga Champions musim untuk pertama kalinya dalam 12 tahun.

Saat masih berumur 17 tahun, ia muncul di lineup awal dari Dinamo dalam pertandingan grup pertama melawan Real Madrid. Ia menyelesaikan musim di Eropa pertamanya dengan Dinamo dengan mencetak gol melawan Olympique Lyonnais di pertandingan terakhir dari Tahap Group di Zagreb dan menjadi pencetak gol termuda kedua yang pernah di Liga Champions.

Di liga domestik, ia adalah seorang starter reguler, tampil di 25 pertandingan liga dan mencetak lima gol. Selama pertandingan liga melawan NK Lucko, ia menjadi pemain termuda yang mengenakan ban kapten dalam sejarah Dinamo, mengambil ban kapten dari Leandro Cufre.

Musim lain yang sukses untuknya di kompetisi domestik saat ia muncul di 32 liga domestik dan pertandingan Cup selama musim itu, membantu Dinamo memenangi gelar liga ketujuh berturut-turut mereka. Dia juga mencetak gol di final Piala Kroasia melawan NK Osijek di Stadion Maksimir.

Pada Desember 2011, ia diangkat sebagai Croatian Football Hope of the Year.Selama bermain dengan Dinamo, Kovacic memenangi dua gelar liga domestik dan dua gelar Piala Kroasia, muncul dalam total 73 pertandingan resmi, termasuk 12 penampilan di Liga Champions.

Pada 31 Januari 2013, Kovacic setuju untuk transfer ke Inter. Terungkap bahwa kesepakatan itu bernilai total 15 juta, dengan 13.000.000 dibayar segera dan 2.000.000 ketika dan jika Inter memenuhi syarat untuk Liga Champions.

Harian Italia juga mengklaim bahwa Real Madrid, Manchester City, dan Chelsea tertarik pada Kovacic, tapi ia akhirnya bergabung dengan Nerazzurri. Setelah kedatangannya, Kovacic diberi jersey bernomor 10, yang sebelumnya dikenakan oleh Wesley Sneijder.

Kovacic melakukan debut untuk Inter tiga hari kemudian, pada tanggal 3 Februari, datang sebagai pengganti babak pertama dalam pertandingan Serie A melawan Siena. Meskipun ia diumumkan sebagai starting eleven untuk pertandingan Serie A berikutnya melawan Chievo, ia tidak dimainkan karena cedera otot ringan.

Pada tanggal 14 Februari, Kovacic membuat debut Eropa dalam pertandingan Liga Europa melawan CFR Cluj. Dia memberikan assist yang indah untuk Rodrigo Palacio, yang membuat kedudukan menjadi 2-0 untuk Inter. Dia tampil mengesankan dan mendapat tepuk tangan yang meriah saat diganti di menit ke-89.

Kovacic juga bermain penuh 90 menit dalam kemenangan tandang 3-0 melawan CFR Cluj



Oleh: A. Fiekri I.

Berita Terbaru Mateo Kovacic

Akali Embargo FIFA, Mateo Kovacic Bertahan di Chelsea Musim Depan?

Akali Embargo FIFA, Mateo Kovacic Bertahan di Chelsea Musim Depan?

28-04-2019 01:40

Gelandang asal Kroasia itu dikabarkan akan kembali memperkuat Chelsea musim depan.

Madrid Malas Jual Kovacic ke Atletico

Madrid Malas Jual Kovacic ke Atletico

22-04-2019 01:52

Usaha Atletico Madrid untuk mendatangkan Mateo Kovacic mengalami kegagalan karena Real Madrid enggan melegonya pada rival sekotanya tersebut.

Kovacic Jadi Kunci Kepindahan Hazard ke Madrid?

Kovacic Jadi Kunci Kepindahan Hazard ke Madrid?

12-04-2019 00:30

Rumor mengenai kedekatan Real Madrid dengan Eden Hazard terus berkembang. Laporan terakhir mengatakan bahwa kedua tim bisa saling mencapai kesepakatan dengan gelandang asal Kroasia, Mateo Kovacic, menjadi kunci transfernya.

Selain Higuain, Sarri Juga Ingin Pertahankan Kovacic

Selain Higuain, Sarri Juga Ingin Pertahankan Kovacic

08-04-2019 04:56

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, sepertinya sudah memiliki bayangan soal skuatnya untuk musim 2019-2020 mendatang. Selain ingin mempertahankan Gonzalo Higuain, pria asal Italia itu juga tertarik untuk mengubah status Mateo Kovacic menjadi permanen.

Ada Zidane, Kovacic Semakin Enggan Balik ke Real Madrid

Ada Zidane, Kovacic Semakin Enggan Balik ke Real Madrid

05-04-2019 16:00

Gelandang asal Kroasia itu lebih memilih bertahan di Chelsea ketimbang kembali ke Real Madrid musim depan.

Mateo Kovacic 'Balik Kucing' ke Inter Milan?

Mateo Kovacic 'Balik Kucing' ke Inter Milan?

26-03-2019 18:20

Gelandang Real Madrid itu dikabarkan akan kembali ke Inter Milan pada musim depan.

Arsenal Bajak Mateo Kovacic dari Chelsea?

Arsenal Bajak Mateo Kovacic dari Chelsea?

25-03-2019 17:40

The Gunners dikabarkan berencana membajak Mateo Kovacic dari Chelsea di musim panas nanti.

Mateo Kovacic Sanjung Tinggi Kualitas Maurizio Sarri

Mateo Kovacic Sanjung Tinggi Kualitas Maurizio Sarri

22-03-2019 23:30

Kritikan kepada Sarri bermula saat Chelsea dibantai secara tragis oleh Manchester City dalam laga lanjutan Premier League bulan Februari lalu. Tak tanggung-tanggung, The Blues disikat enam gol tanpa mampu mampu membalasnya.

Betah di Inggris, Mateo Kovacic Ogah Balik ke Real Madrid

Betah di Inggris, Mateo Kovacic Ogah Balik ke Real Madrid

21-03-2019 19:20

Gelandang Timnas Kroasia itu tidak ingin kembali ke Real Madrid di musim panas nanti.

Betah di Chelsea, Mateo Kovacic Ogah Balik ke Real Madrid

Betah di Chelsea, Mateo Kovacic Ogah Balik ke Real Madrid

20-02-2019 13:00

Sang gelandang kabarnya ingin bertahan lebih lama di Chelsea dan enggan kembali ke Real Madrid di akhir musim nanti.