MATTHEWKENNEDY

Nama Lengkap : Matthew Kennedy
Tempat Lahir : Irvine, Skotlandia
Tanggal Lahir : 01 November 1994 (23 Tahun)
Kebangsaan : Skotlandia
Klub : Cardiff City
Posisi : Gelandang
No Punggung : 31
Tinggi : 175 cm

Karir

  • 2011 - 2012 : Kilmarnock
  • 2012 - : Everton

Matthew Kennedy adalah pesepakbola asal Skotlandia yang biasa bermain di posisi sayap kanan. Pemain yang lebih akrab dengan sapaan Metty ini mulai menekuni sepak bola dan bermain bersama klub Skotlandia Kilmarnock dan ditempatkan di skuad U-19.

Di usianya yang terbilang muda, Metty mendapat promosi bergabung bersama skuad inti klub sejak 29 Desember 2010 dan termasuk sebagai salah satu pemain cadangan di sebuah laga melawan Inverness. Namun, di 7 pertandingan selanjutnya, Metty hanya disimpan di bangku cadangan tanpa sama sekali dimainkan hingga akhir musim.

Pada 19 November 2011, tepat setelah Metty berusia 17 tahun, pemain sayap kanan yang lahir pada 1 November 1994 silam ini berkesempatan debut bersama tim inti Killies sebagai pemain pengganti di pertandingan melawan Hibernian yang berakhir dengan skor imbang 1-1 di stadion Easter Road.

Metty debut 2 minggu lebih awal dari yang seharusnya dijadwalkan, yaitu ketika melawan Dunfermile. Namun, pertandingan tersebut dibatalkan karena kabut tebal di area lapangan yang menghalangi dan mempengaruhi jarak pandang pemain. Dia bermain selama 90 menit penuh ketika menjamu St. Mirren di pertandingan selanjutnya.

Setelah menghabiskan satu musim bermain untuk skuad Killies, pada hari terakhir transfer pemain 31 Agustus 2012, Metty yang juga menjadi salah satu pemain bidikan Chelsea dan Sunderland tersebut, menandatangani kontrak bermain bersama klub asal Inggris yang bermain di Liga Premier Everton dan dikabarkan dikontrak dengan jumlah gaji yang bisa dibilang kecil.

Metty pun bersikukuh tetap bergabung walaupun sudah mendapat saran dari presiden dari mantan klubnya Kilmarnock, Michael Johnston, untuk tetap bermain di liga sepak bola Skotlandia untuk mengembangkan potensi bermainnya di sayap kanan lapangan.

Pemain yang terlahir di kota Irvine ini mendapat kaos bernomor punggung 31. Namanya terdaftar sebagai pemain cadangan di skuad senior Everton ketika melawan Reading pada 18 November 2012. Namun sayangnya, Metty tidak dimainkan hingga peluit tanda permainan berakhir ditiup.

Pada 9 Januari 2014, pemain yang memiliki spesialisasi tendangan kaki kanan ini menandatangani kontrak bermain di Tranmere Rovers dengan status sebagai pemain pinjaman. Tidak menunggu lama, Metty debut 2 hari setelah resmi bergabung, pada 11 Januari 2013 melawan Walsall dimana pertandingan berakhir imbang 1-1.

Terlahir dengan memiliki kewarganegaraan ganda, yaitu Skotlandia dan Irlandia, membuatnya berhak untuk memilih tim negara mana yang ingin dia bela ketika berlaga di turnamen internasional. Metty pun memilih Skotlandia untuk melebarkan sayap di dunia sepak bola internasional. Karirnya bersama tim nasional sudah dijalaninya sejak di level U-15, dimana Metty hanya berkesempatan bermain sebanyak 1 kali.

Selama bermain di level U-16, Metty menyumbangkan 3 gol di total 6 pertandingan bersama tim. Di tahun 2010 hingga 2012, dia mengoleksi 4 gol dari 13 permainan yang dilakoninya bersama tim nasional U-17.

Di tim U-18, Metty hanya bermain 2 kali tanpa mencetak satu gol pun, namun mampu mencetak 1 gol setelah bermain di sebanyak 10 pertandingan ketika membela tim U-19.

Metty juga dipilih oleh sang pelatih tim Ricky Sbargia untuk memperkuat skuad tim Skotlandia U-21  dan melawan tim Portugal U-21 di stadion Estadio do Bonfim yang terletak di Setubal, Portugal pada 14 November 2012 di turnamen UEFA European Championship U-21.

 

Oleh: Disfira I. A.