TIAGOMENDES

Tiago Mendes
Nama Lengkap : Tiago Cardoso Mendes
Tempat Lahir : Viana do Castelo
Tanggal Lahir : 02 Mei 1981 (36 Tahun)
Kebangsaan : Portugal
Posisi : Gelandang
No Punggung : 5
Tinggi : 183 cm

Karir

Tiago Cardoso Mendes, yang biasa dikenal dengan Tiego, merupakan seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Portugal yang bermain di posisi gelandang. Di samping itu, pemain kelahiran 2 Mei 1981 tersebut juga sering ditempatkan di lini pertahanan tim dan mampu menunjukkan performa yang baik di kedua posisi tersebut.

Dilahirkan di Viana do Castelo, Portugal, Tiago mengawali karir sepak bolanya dengan bergabung dalam Sport Clube Vianense, sebuah klub regional di kota kelahiran Tiago, di usianya yang ke empat belas tahun. Satu tahun kemudian Tiago pindah ke Ancora Praia dan hanya bertahan satu musim di klub tersebut.

Tujuan klub Tiago selanjutnya dalam karirnya sebagai pemain muda adalah Sporting Clube de Braga, sebuah klub asal Portugal yang bermarkas di AXA Stadium. Dua tahun kemudian Tiago dianggap layak untuk menjadi salah satu pemain di skuat utama Braga, di usianya yang sembilan belas tahun.

Tiago diturunkan pada 27 pertandingan dan mengantarkan timnya menduduki peringkat empat klasemen di tahun 2001 sehingga berhak berkompetisi di turnamen EUFA Cup musim  2002-2003.

Pada penghujung Desember 2001, Tiago dan dua rekan timnya di Braga, Armando Sa dan Ricardo Rocha pindah dari klub tersebut ke Sport Lisboa e Benfica.

Pada musim pertamanya di klub yang dijuluki The Reds tersebut Tiago bermain dengan sangat baik, menjadikannya top skorer tim dengan jumlah gol tiga belas dan mengantarkan Benfica menduduki posisi kedua klasemen.

Pada musim selanjutnya, Tiago juga berperan penting dalam timnya untuk mengalahkan Football Club Porto dalam babak final Taca de Portugal, sebuah kompetisi tahunan regional Portugal. Tercatat selama dua musim bergabung dalam Benfica, Tiago diturunkan pada 75 pertandingan dan mencetak 19 gol.

Tiago bergabung dengan Chelsea pada Juli 2004 dengan harga transfer ₤15 juta, menjadi pemain keenam yang direkrut oleh Jose Mourinho pada musim tersebut. Dalam waktu yang singkat Tiago telah dipercaya untuk bermain secara rutin dan ia pun menjadi pemain dengan peran penting dalam tim.

Mendes diturunkan pada 51 pertandingan di semua turnamen uang ditandangi oleh Chelsea dan mencetak empat gol, serta mengantarkan timnya mendapatkan posisi di turnamen Football League Cup 2004-2005.

Namun pada musim selanjutnya, kesempatan Tiago untuk bermain secara rutin di skuat utama harus berkurang setelah kedatangan Michael Essein ke dalam klub. Persentase penampilannya menurun drastis menjadi 2,94% atau hanya diturunkan di satu dari 38 pertandingan.

Pada penghujung Agustus 2005 Tiago bergabung dengan klub asal pemain yang merebut posisinya di Chelsea, yakni Olympique Lyonnais. Ia menandatangani kontrak lima tahun dengan manajemen tim disertai biaya transfer sebesar ₤10,1 juta.

Beberapa waktu setelah kepindahan gelandang Portugal tersebut, Mourinho mengaku pada media bahwa melepaskan Tiago dari Chelsea merupakan sebuah kesalahan besar.

Tiago sering dimainkan di posisi lini pertahanan Lyon bersama rekan timnya Juninho Pernambucano, Mahamadou Diarra dan Florent Malouda. Ia pun mampu menunjukkan performa yang baik selama dua musim bermain untuk The Kids, mencetak sepuluh gol di 56 pertandingan.

Juni 2007 merupakan awal dari karir Tiago di Juventus dengan menyetujui biaya transfer sebesar ₤13 juta. Separuh awal musim 2009-2010 bukanlah musim terbaik bagi gelandang asal Potugal ini dengan kedatangan Diego dan Felipe Melo ke dalam tim dan menggeser posisinya di skuat utama tim. Posisinya semakin tergeser dengan kedatangan Ciro Ferrara, hanya diturunkan pada tujuh pertandinagn turnamen klasemen Serie A.

Pada Januari 2010 Tiago bergabung dengan Altletico Madrid sebagai pemain pinjaman sampai akhir musim. Kedatangaan Tiago ke dalam tim merupakan angin segar yang mengantarkan Atletico Madrid memenangkan turnamen domestik dan mendapatkan tempat untuk bermain di Europa League.

Setahun kemudian manajemen Atletico Madrid menghadiahi Tiago dengan sebuah kontrak permanen selama dua tahun yang akhirnya disetujui oleh gelandang kelahiran 2 Mei 1981 tersebut.

 

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Tiago Mendes

Hasil Pertandingan Atletico Madrid vs Granada: Skor 7-1

Hasil Pertandingan Atletico Madrid vs Granada: Skor 7-1

16-10-2016 01:20

Atletico Madrid menang telak 7-1 menjamu tim juru kunci Granada di jornada 8 La Liga 2016/17, Sabtu (15/10). Yannick Ferreira Carrasco jadi aktor utama kemenangan Atletico dengan hattrick dan dua assist yang diciptakannya.

Tiago: Simeone Lebih Antusias dari Mourinho

Tiago: Simeone Lebih Antusias dari Mourinho

12-08-2016 12:15

Tiago Mendes mengatakan Diego Simeone adalah sosok yang jauh lebih antusias terhadap sepakbola, ketimbang Jose Mourinho.

Pulih Dari Cedera, Tiago Siap Bersaing di Lini Tengah Atletico Madrid

Pulih Dari Cedera, Tiago Siap Bersaing di Lini Tengah Atletico Madrid

05-08-2016 11:21

Tiago menyebut bahwa ia sudah siap untuk bersaing demi satu tempat di lini tengah Los Rojiblancos musim depan.

'Awas Madrid dan Barca, Atletico Semakin Kuat Musim Depan'

'Awas Madrid dan Barca, Atletico Semakin Kuat Musim Depan'

05-08-2016 11:18

Tiago menyebut bahwa timnya sudah semakin kuat musim panas ini dan siap merusak dominasi duo clasico tersebut pada musim panas ini.

Tiago: Atletico Bisa Belajar dari Ronaldo dan Portugal

Tiago: Atletico Bisa Belajar dari Ronaldo dan Portugal

05-08-2016 07:12

Gelandang Atletico Madrid, Tiago, ingin timnya mendapat inspirasi dari Portugal dan Crisiano Ronaldo musim ini.

Tiago: Final Versus Madrid, Laga Terpenting Seumur Hidup

Tiago: Final Versus Madrid, Laga Terpenting Seumur Hidup

20-05-2016 08:20

Gelandang Atletico Madrid, Tiago Mendes, mengatakan bahwa laga melawan Real Madrid di final Liga Champions bakal menjadi pertandingan terpenting seumur hidupnya.

Trio Atletico Madrid Menuju ke Tiongkok

Trio Atletico Madrid Menuju ke Tiongkok

05-02-2016 00:14

Dilansir dari Marca, tiga pemain tersebut yakni Gabi, Tiago Mendes dan Fernando Torres.

Usai Dibobol Tiago, Casillas Jadi 'Idola' Fans Atletico

Usai Dibobol Tiago, Casillas Jadi 'Idola' Fans Atletico

09-02-2015 11:36

Sesaat setelah terjadinya gol pertama Atletico lewat Tiago Mendes, publik Vicente Calderon malah menyerukan nama penjaga gawang Real, Iker Casillas.

Highlights La Liga: Atletico Madrid 4-0 Real Madrid

Highlights La Liga: Atletico Madrid 4-0 Real Madrid

08-02-2015 02:10

Atletico Madrid semakin mengukuhkan dominasi mereka atas rival sekota, Real Madrid musim ini.

Ancelotti: Semua Pemain Madrid Tampil Buruk

Ancelotti: Semua Pemain Madrid Tampil Buruk

08-02-2015 00:27

Carlo Ancelotti amat kecewa usai timnya kalah telak atas Real Madrid di laga derby yang berlangsung di Vicente Calderon (07/2).