TIMOSCHEUNEMANN

Timo Scheunemann
Nama Lengkap : Timo Scheunemann
Tempat Lahir : Kediri
Tanggal Lahir : 29 November 1973 (44 Tahun)
Kebangsaan : Jerman
Klub : -
Posisi : -
No Punggung : -
Tinggi : 190 cm

Karir

Pria kelahiran Kediri ini pernah merasakan pengalaman menjadi pemain dan pelatih. Meskipun lahir dan tinggal di Kediri saat kecil, tapi klub profesional yang pertama dibelanya adalah klub divisi 1 liga Amerika, Master Mustangs College pada tahun 1993 sampai 1996.

Barulah pada tahun 1997, Timo Scheunemann memperkuat klub Indonesia, Persiba Balikpapan. Tapi sepertinya Master Mustangs College adalah klub yang paling lama dibelanya, karena hanya berselang satu tahun, Timo hijrah dari ajang yang saat itu masih bernama Liga Kansas Indonesia menuju klub asal Singapura, Tampines Rovers.

Karir pemain Timo sendiri tidaklah benar-benar cemerlang. Selepas dari Tampines Rovers, Timo sempat menjalani tes di klub Jerman Eintracht Frankfurt dan Stuttgarter Kickers dan klub Inggris FC Gillingham sebelumnya akhirnya memutuskan untuk berhenti sepenuhnya sebagai pemain. Karir kepelatihan dipilihnya untuk tetap menancapkan eksistensinya di dunia sepakbola.

Di dunia kepelatihan, pria yang juga mahir berbicara bahasa Indonesia dan Jawa ini cukup dikenal di Indonesia. Timo Scheunemann pernah menjadi pelatih di sekolah International Wesley dan Malang Football Club. Di kedua klub tersebut, Timo menelurkan banyak prestasi.

Prestasi yang didapatnya di kedua klub tersebut tidak lepas dari pengalamannya saat pernah menjadi asisten pelatih di klub Amerika Los Angeles Soccer Club dan klub Jerman Fussbal Ausbildung Centrum. Karena kerja kerasnya tersebut, pada tahun 2007 di Koeln, Jerman, Timo memperoleh lisensi kepelatihan UEFA A.

Karirnya tidak berhenti sampai di situ saja. Setelah sempat menjadi penasehat teknik bagi tim Persikoba Batu pada 2007, Timo ditawari untuk menjadi pelatih kepala timnas sepakbola putri pada tahun 2008. Timnas putri yang dilatihnya saat itu dipersiapkan untuk mengikuti ajang SEA Games 2009 di Laos.

Seiring berkembangnya karir Timo Scheunemann, di tahun 2010 ia mendapat tawaran untuk menjabat sebagai pelatih Persema Malang. Pemain naturalisasi blasteran Indonesia-Belanda andalan timnas, Irfan Bachdim, adalah salah satu rekrutan terbaik Timo Scheunemann selama menukangi Persema Malang.

Timo Scheunemann menikah dengan wanita asli Indonesia, Devi. Dari pernikahannya tersebut, Timo dikaruniai 2 anak laki-laki dan perempuan, Shania Cinta Scheunemann dan Brandon Marsel Scheunemann.

Tidak hanya sebagai pelatih karir Timo berhenti. Timo pernah menjabat sebagai Executive Officer Badan Timnas Indonesia (BTN) dan saat ini ia menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan Pemain Usia Dini di PSSI. Jasa Timo Scheunemann untuk kemajuan persepakbolaan Indonesia pun cukup besar. Salah satunya ia wujudkan ke dalam bentuk buku.

Buku-buku yang pernah ia tulis antara lain adalah Dasar-Dasar Sepakbola Modern, Futsal for Winner, dan 14 Ciri Sepakbola Modern. Proyek ambisiusnya yang terbaru adalah meluncurkan buku berjudul Kurikulum Dasar Sepakbola untuk Pembinaan Usia Dini pada Oktober 2012.

Buku yang dapat terwujud karena adanya dukungan dan sumbangan dari masyarakat pencinta sepakbola tersebut rencananya akan digunakan sebagai pedoman dasar pelatihan sepakbola dan akan dibagikan ke seluruh sekolah sepakbola yang ada di seluruh penjuru Indonesia.

Oleh: Faris Faishal

Berita Terbaru Timo Scheunemann

Tingkatkan Kualitas Pelatih, LPSI Gelar Coaching Course 101

Tingkatkan Kualitas Pelatih, LPSI Gelar Coaching Course 101

12-09-2017 12:47

Kondisi kepelatihan yang saat ini ada di Indonesia mengundang perhatian Lembaga Pendidikan Sepakbola Indonesia (LPSI). Demi meningkatkan pengetahuan pelatih-pelatih muda yang ada di Indonesia, LPSI menggelar Coaching Course 101.

Arema FC Pastikan Pasang Pemain Terbaik Kontra Persiba

Arema FC Pastikan Pasang Pemain Terbaik Kontra Persiba

28-04-2017 18:47

Joko Susilo menegaskan Arema bakal menurunkan amunisi terbaik mereka pada laga melawan Persiba Balikpapan.

Tanpa Marquee Player, Persiba Balikpapan Tetap Percaya Diri

Tanpa Marquee Player, Persiba Balikpapan Tetap Percaya Diri

07-04-2017 19:49

Pelatih Persiba Balikpapan Timo Scheunemann mengaku optimis timnya tetap bisa berprestasi meski tanpa diperkuat Marquee Player.

Kompetisi Resmi, Timo Scheunemann Siap Kembali Menangani Tim

Kompetisi Resmi, Timo Scheunemann Siap Kembali Menangani Tim

28-12-2016 18:58

Timo Scheunemann berharap dirinya bisa kembali menangani sebuah tim di kompetisi resmi sepakbola Indonesia musim depan.

Scheunemann: Jerman-Argentina, Final Piala Dunia Sesungguhnya

Scheunemann: Jerman-Argentina, Final Piala Dunia Sesungguhnya

14-07-2014 17:47

Partai puncak Piala Dunia 2014 antara Jerman dan Argentina mengundang decak kagum Timo Scheunemann. Penyusun 'Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia' ini menilai pertemuan dua tim kuat ini layak disebut sebagai partai final ideal.

Gagal Rengkuh Piala Dunia, Argentina Tetap Dipuji

Gagal Rengkuh Piala Dunia, Argentina Tetap Dipuji

14-07-2014 17:00

Meski tumbang pada partai puncak Piala Dunia 2014, penampilan Timnas Argentina tetap mendapat pujian. Lionel Messi dan kawan-kawan dinilai berhasil merepotkan Timnas Jerman.

Piala Dunia 2014, Ini Prediksi Timo Scheunemann

Piala Dunia 2014, Ini Prediksi Timo Scheunemann

18-06-2014 18:04

Timo Scheunemann memiliki prediksi mengenai tim-tim mana yang berpeluang melaju ke partai puncak Piala Dunia 2014. Namun, tak ada nama tuan rumah dalam prediksi pemegang Lisensi A Kepelatihan dari UEFA ini.

'Ada Pengaruh Guardiola di Timnas Jerman'

'Ada Pengaruh Guardiola di Timnas Jerman'

18-06-2014 16:51

Sebuah analisa dilontarkan Timo Scheunemann ihwal gaya bermain Timnas Jerman pada gelaran Piala Dunia 2014 ini. Menurut pemegang lisensi A kepelatihan dari UEFA ini, ada pengaruh Pep Guardiola pada permainan Der Panzer.

Timo Scheunemann Ingin Bawa SSB Tugu Muda Kalahkan Jerman

Timo Scheunemann Ingin Bawa SSB Tugu Muda Kalahkan Jerman

02-09-2013 19:00

Sebuah target diapungkan Timo Scheunemann. Pelatih Tim Danone Indonesia ini berharap agar anak asuhnya bisa mengalahkan wakil Jerman dalam Danone Nations Cup, yang dihelat di Wembley Inggris tersebut.

Timo Scheunemann: Sepakbola Lebih Dari Sekadar 'Pride'

Timo Scheunemann: Sepakbola Lebih Dari Sekadar 'Pride'

31-08-2013 20:10

Sepakbola, bagi Timo Scheunemann, bukan terjadi sebatas di lapangan hijau belaka.