FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Hasil Imbang Barcelona: Alot, Awal Buruk, Kutukan Rioja

31-10-2021 05:30

 | Richard Andreas

5 Pelajaran dari Hasil Imbang Barcelona: Alot, Awal Buruk, Kutukan Rioja
Duel Barcelona vs Alaves, La Liga 2021/22 © AP Photo

Bola.net - Barcelona ditahan imbang Alaves 1-1 dalam duel pekan ke-12 La Liga 2021/22, Camp Nou, Minggu (31/10/2021) dini hari WIB.

Barca unggul terlebih dahulu lewat Memphis Depay (49'), tapi Alaves menyeimbangkan kedudukan dalam waktu singkat melalui Luis Rioja (52').

Hasil imbang ini tentu kurang memuaskan, tapi setidaknya Barca bisa meraih satu poin. Pasalnya, dua pertandingan sebelumnya berakhir dengan kekalahan untuk Blaugrana.

Laga ini juga menandai era baru Barca di bbawah pelatih interim, Sergi Barjuan. Beberapa hari lalu, Ronald Koeman harus meninggalkan kursi pelatih usai dipecat.

Paling tidak ada 5 pelajaran menarik yang tersisa dari hasil imbang Barca kali ini. Apa saja sih? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 5

Laga alot

Barca mungkin memiliki kualitas tim lebih baik. Mereka juga mendapatkan keuntungan dengan bermain di Camp Nou. Namun, performa Barca kali ini cukup mengecewakan.

Melawan Alaves yang berada beberapa level di bawah mereka, Barca kesulitan membangun serangan. Permainan Barca di babak pertama relatif membosankan.

Untungnya Barca punya alasan masa transisi usai pergantian pelatih. Saat ini kursi pelatih diduduki pelatih interim Sergi Barjuan.

2 dari 5

Awal terburuk

Dengan hasil imbang ini berarti Barca baru membungkus 16 poin dari 11 pertandingan La Liga sejauh ini. Mereka tertahan di peringkat ke-9 klasemen sementara dengan 16 poin.

Menurut Opta, 16 poin ini menyamai catatan terburuk Barca pada musim 2000/01 dan 2002/03 silam. Artinya, Barca mengalami kemunduran signifikan musim ini.

Karena itulah pihak klub harus membuat keputusan berani dengan memecat Ronald Koeman.

3 dari 5

Sedikit lebih baik

Sedikit lebih baik
Ekspresi pemain Barcelona usai ditahan imbang Alaves dalam duel La Liga 2021/22 © AP Photo

Meski cuma main imbang dan masih kesulitan, pertandingan kali ini menunjukkan secercah harapan untuk Barca. Paling tidak, para pemain sudah menunjukkan semangat bermain.

Pergantian pelatih memang selalu berdampak signifikan terhadap perubahan situasi di ruang ganti. Pemain-pemain Barca tampak bermain lebih bebas di lapangan.

Artinya, ketika pelatih permanen tiba nanti, situasi di Barca tidak terlalu sulit. Si pelatih baru cukup diuntungkan dengan kondisi ruang ganti yang membaik.

4 dari 5

Harapan pemain muda

Harapan pemain muda
Pemain Barcelona, Pablo Gavi, pada pekan kelima La Liga 2021/2022 melawan Granada di Camp Nou © AP Photo

Laga ini juga jadi panggung pertunjukan pemain-pemain muda Barcelona. Nico Gonzalez dan Pablo Gavira main cukup baik di lini tengah.

Gavi memang sudah cukup mencuri perhatian sejak awal musim. Dia jadi salah satu gelandang muda terbaik yang bisa diandalkan.

Barca juga masih punya Pedri yangakan segera pulih dari cedera. Artinya, masa depan Barca cerah untuk dibangun perlahan.

5 dari 5

Kutukan Rioja

Gol Alaves di laga ini dicetak oleh Luis Rioja. Dia menorehkan catatan 5 gol dalamtotal 74 penampilan di La Liga.

Menariknya, 3 dari 5 gol Rioja tercipta ke gawang Barca. Artinya dia punya sentuhan spesial setiap kali melawan Barcelona.

Sumber: Opta, Bola