FOLLOW US:


9 Bulan Bermain Tanpa Fans di Dalam Stadion, Lionel Messi: Mengerikan!

22-12-2020 14:23

 | Asad Arifin

9 Bulan Bermain Tanpa Fans di Dalam Stadion, Lionel Messi: Mengerikan!
Kapten Barcelona Lionel Messi. © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi mengakui bahwa pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi sepak bola. Tidak diperbolehkannya fans menonton ke stadion membuat laga digelar dengan atmosfer yang berbeda dan sulit bagi para pemain.

Covid-19 membuat sepak bola di Eropa 'lumpuh' pada Maret 2020 lalu. Tidak ada pertandingan yang digelar secara resmi. Kompetisi pun ditangguhkan untuk waktu tidak ditentukan.

Sepak bola kembali bergulir pada Juni 2020. Hanya saja, situasinya tak lagi sama. Tidak ada penonton yang duduk di tribune dan memberi dukungan. Sepak bola digelar dengan stadion yang tertutup.

1 dari 2

Bagaimana Rarasanya, Lionel Messi?

Belakangan, beberapa kompetisi sudah membolehkan penonton masuk ke stadion. Namun, hal tersebut belum berlaku di La Liga. Kini, sembilan bulan sudah La Liga digelar dengan stadion tertutup untuk para penonton.

"Ya sangat [berpengaruh pada permainan]," buka Lionel Messi kepada Marca.

"Mengerikan sekali bermain tanpa penggemar. Ini bukan perasaan yang menggembirakan. Tidak melihat seorang pun di stadion rasanya seperti latihan, dan butuh banyak waktu untuk masuk ke ritme permainan," sambungnya.

Lionel Messi menilai situasi sulit itu punya pengaruh pada performa tim. Beberapa tim akan tampil lepas tanpa tekanan, tetapi ada juga tim yang justru kehilangan gairah tanpa fans di stadion.

"Sangat sulit untuk memenangkan laga, siapa pun lawannya. Pandemi telah menyebabkan sepak bola berubah, dan menjadi lebih buruk. Kami melihatnya di pertandingan," tegas Lionel Messi.

2 dari 2

Tentang Diego Maradona

Tentang Diego Maradona
© AP Photo

Lionel Messi baru-baru ini membuat satu gol saat Barcelona menang 4-0 atas Osasuna pada laga pekan ke-11 La Liga, Senin (30/11/2020). Gol itu didedikasikan untuk mendiang Diego Maradona yang meninggal beberapa hari sebelumnya.

"Itu adalah hari yang sangat istimewa dan saya dapat memberikan sedikit penghormatan yang telah saya persiapkan. Saya bisa menunjukkan jerseynya," kata Lionel Messi.

"Itu adalah kenangan indah pada hari yang mewakili Diego tidak lagi bersama kami," tutup pemain berusia 33 tahun.

Sumber: Marca