FOLLOW US:


Arthur Melo dalam Angka: Mengapa Barcelona Sampai Menjualnya?

31-07-2020 05:20

 | Richard Andreas

Arthur Melo dalam Angka: Mengapa Barcelona Sampai Menjualnya?
Gelandang Barcelona, Arthur © AP Photo

Bola.net - Arthur Melo dipastikan sudah mengakhiri perjalanannya bersama Barcelona. Dia tidak akan bermain lagi di sisa musim ini, setelah melewati dua musim di Camp Nou.

Menurut Sport, Arthur meninggalkan catatan yang standar di Barca, tidak benar-benar memuaskan, tapi juga tidak mengecewakan. Dia menempuh 72 penampilan, 4 gol, 2 trofi, 49 kemenangan, 49 starter, 4.019 menit, dan melewatkan 24 pertandingan karena cedera.

Gelandang Brasil yang didatangkan dari Gremio pada tahun 2018 ini sebenarnya sempat membuat fans Barca bersemangat, gaya main Arthur sangat cocok dengan identitas klub. Mereka yakin Arthur bisa jadi Xavi atau Iniesta baru.

Sayangnya, di tengah proses adaptasi, persaingan ketat, dan hantaman cedera, Arthur tidak benar-benar bisa memenuhi ekspektasi.

Menukil Sport, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Menjanjikan, tapi ...

Dua musim seharusnya sudah cukup bagi pemain baru untuk membuktikan diri, tapi tidak dengan Arthur. Dia meninggalkan kesan pemain berkelas, teknik oke, jago main satu sentuhan, tapi dia tidak benar-benar membuat fans terkesan.

Bahkan di musim keduanya, Arthur tidak bermain cukup untuk menjawab keraguan.Dia diharapkan bisa langsung memberikan dampak instan, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Tercatat, dalam dua musim di Camp Nou, Arthur masuk dalam skuad pertandingan sebanyak 84 kali, tapi hanya jadi starter pada 49 kesempatan di antaranya. Kemudian, dari 49 kesempatan itu, 23 di antaranya tidak sampai 90 menit di lapangan.

Arthur bahkan tidak diturunkan sebagai pemain pengganti pada 12 laga dan melewatkan 24 laga lainnya karena cedera.

2 dari 2

Cedera ini dan itu

Arthur menjalani debutnya pada 12 Agustus 2018, di bawah Ernesto Valverde. Saat itu dia masih 22 tahun dan disambut dengan tangan terbuka.

Sayangnya, proses perkembangan Arthur tidak berjalan mulus karena cedera. Mulai cedera kunci paha, cedera otot aduktor, cedera tendon Achilles, cedera pergelangan kaki, bahkan sampai sakit tonsilitis.

Intinya, Arthur tidak punya cukup keberuntungan untuk membuktikan kualitasnya. Ketika dia mulai nyaman bermain, cedera datang memukulnya mundur.

Barca sebenarnya mengambil risiko dengan melepas Arthur. Bagaimanapun dia tetap salah satu gelandang muda potensial yang bisa bermain di setiap posisi, mahir membawa bola, serta jago melihat celah umpan.

Selama mengenakan kostum Barca, Arthur telah meraih dua trofi: Super Cup dan La Liga.

Sumber: Sport