FOLLOW US:


Barcelona Hamburkan Hampir 1 Milyar Euro untuk Belanja Pemain Sejak 2015, Hasilnya?

01-07-2020 13:56

 | Yaumil Azis

Barcelona Hamburkan Hampir 1 Milyar Euro untuk Belanja Pemain Sejak 2015, Hasilnya?
Skuad Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Sociedad. © AP Photo

Bola.net - Aktivitas belanja pemain yang dilakukan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir selalu menjadi sorotan. Dan perlu diketahui bahwa mereka sudah mengeluarkan uang hampir satu milyar euro sejak tahun 2015.

Dulu, Barcelona dikenal sebagai gudang pemain bertalenta. Lionel Messi hanya satu dari sekian pemain bintang dunia yang berasal dari tim akademi mereka yang tersohor, La Masia.

Andres Iniesta, Xavi Hernandes, dan Sergio Busquets adalah contoh jebolan La Masia lainnya. Mereka telah menyumbang banyak gelar bergengsi dari berbagai kompetisi seperti Liga Champions dan La Liga.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, Barcelona mulai jarang mengeluarkan talenta berbakatnya. Sebab mereka lebih sering mengeluarkan uang demi mendatangkan sosok bintang yang telah jadi di klub sebelumnya.

Sial buat Barcelona, tidak semua dari mereka bisa bersinar. Juara bertahan La Liga itu tercatat sudah menghamburkan uang sebesar 954 juta euro sejak tahun 2015. Bagaimana hasilnya? Simak informasi dari Planet Football di bawah ini.

1 dari 5

2015/16

Dengan skuat yang ada, absen di bursa transfer musim panas seharusnya tak menjadi masalah buat Barcelona. Bagaimana tidak, mereka baru saja meraih treble di bawah asuhan Luis Enrique.

Kendati demikian, mereka tetap terjun ke bursa transfer dan mendatangkan Aleix Vidal serta Arda Turan. Kedua pemain ini membuat Barcelona harus merogoh kocek sebesar 51 juta euro.

Sayang keduanya tidak bisa digunakan langsung. Mereka harus bersabar sampai Januari 2016 sebelum bisa didaftarkan ke dalam skuat Barcelona.

Setelah itu, Aleix Vidal gagal mendapatkan tempat di skuat Luis Enrique dan memutuskan kembali ke klub lamanya, Sevilla, pada tahun 2018. Ia hanya mampu membukukan 30 enampilan di La Liga dalam waktu dua setengah tahun.

Sementara Turan sekarang dianggap sebagai salah satu pembelian terburuk dalam sejarah Barcelona. Kontraknya baru benar-benar berakhir tahun ini setelah menghabiskan enam musim sebagai pinjaman di Istanbul Basaksehir.

2 dari 5

2016/17

Barcelona kehilangan salah satu sosok kuncinya, Dani Alves, yang memutuskan bergabung dengan Juventus. Sementara itu, mereka mendatangkan enam pembelian dengan total pengeluaran mencapai 125 juta euro.

Dari keenam pemain tersebut - Andre Gomes, Paco Alcacer, Samuel Umtiti, Lucas Digne, Jasper Cillessen, beserta Denis Suarez - hanya Umtiti yang bertahan. Malah, bek berdarah Prancis itu dikabarkan akan hengkang ke Premier League.

Gomes dan Digne sedang menikmati kejayaannya bersama klub Inggris, Everton. Seolah membuktikan bahwa pemain yang direkrut Barcelona pada musim ini memang hanya diperuntukkan bagi klub-klub kelas menengah.

3 dari 5

2017/18

Kepindahan Neymar ke PSG dengan harga 222 juta euro telah memberikan keringanan kepada Barcelona untuk merekrut pemain anyar. Sebagai informasi, mereka mengeluarkan 375 juta euro pada musim ini.

Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho adalah rekrutan Barcelona yang palng menarik perhatian. Untuk masing-masing keduanya, mereka harus mengeluarkan uang lebih dari 100 juta euro.

Yang menarik adalah Dembele. Perlu diketahui bahwa Barcelona mengeluarkan total 145 juta euro pada musim panas. Tepat setahun usai Borussia Dortmund merekrutnya seharga 15 juta euro saja. Jelas, ada yang salah dengan ini.

Tidak semua rekrutan mereka pada musim ini, selain dari dua nama di atas - Paulinho, Nelson Semedo, Yerry Mina, Gerard Deulofeu, dan Marlon - bertahan. Bahkan Barcelona sedang mempersiapkan jalan keluar buat Dembele dan Coutinho musim depan.

4 dari 5

2018/19

Andres Iniesta memutuskan hengkang dari Camp Nou pada musim panas 2018. Sementara calon penggantinya, Coutinho, tak bermain sesuai ekspektasi. Ini memaksa Barcelona untuk kembali terjun ke bursa transfer guna mencari penggantinya.

Arthur Melo didatangkan, bersama Arturo Vidal, Malcom, Clement Lenglet dan Jean-Clair Todibo yang menyusul di bulan Januari. Barcelona mendapatkan mereka dengan total pengeluaran mencapai 130 juta euro.

Malcom sudah pindah ke Zenit setelah mencatatkan 15 kali penampilan. Sementara Todibo sedang memperkuat Schalke sebagai pemain pinjaman dengan opsi yang bisa membuatnya jadi pemain permanen.

Arthur, yang telah menunjukkan secercah harapan, dilepas ke Juventus tahun ini. Dan menurut kabar, keputusan ini sempat tidak disepakati oleh sang gelandang. Hanya Lenglet yang berhasil mendapatkan tempat di skuat inti saat ini.

5 dari 5

2019/20

Barcelona belum puas membelanjakan uang berjumlah besar untuk mendatangkan pemain yang diinginkan. Frenkie De Jong serta Antoine Griezmann adalah bagian dari rekrutan Barcelona yang menghabiskan 273 juta euro di musim ini.

De Jong terbilang cukup apik, dan sukses memikat hati Ernesto Valverde maupun Quique Setien. Sementara Griezmann, direkrut seharga 120 juta euro, kesulitan untuk menunjukkan performa seperti waktu di Atletico Madrid.

Tidak banyak yang bisa dikatakan mengenai rekrutan lainnya - Martin Braithwaite, Neto, Junior Firpo, Emerson serta Marc Cucurella (telah dijual). Besar kemungkinan kalau mereka akan bernasib sama dengan para pendahulunya yang sudah melewati pintu keluar Camp Nou.

(Planet Football)