FOLLOW US:


Barisan Pemain Terbaik Barcelona Sepanjang Masa (Bagian 1)

27-10-2020 18:23

 | Serafin Unus Pasi

Barisan Pemain Terbaik Barcelona Sepanjang Masa (Bagian 1)
Skuat Barcelona rayakan gol Ansu Fati ke gawang Villarreal, Senin (28/09/2020) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Barcelona merupakan salah satu klub tersukses di dunia, dan selalu menjadi unggulan di setiap kompetisi yang diikutinya. Hal yang didapatkan berkat keberadaan para pemain dengan nama besar yang selalu berada di Barcelona.

Tercatat sejak awal berdirinya klub di tahun 1988, Barcelona berhasil memboyong banyak piala baik domestik maupun Eropa. Di La Liga, Barcelona memili 26 trofi, lalu Copa Del Rey, raihan Barcelona lebih melimpah yakni 30 trofi.

Di Eropa sendiri, Blaugrana telah membawa lima trofi Liga Champions disusul tiga gelar Piala Dunia Antarklub. Hal yang mungkin tidak terjadi jika Barcelona tidak dikelilingi pemain-pemain terbaik dalam timnya.

Hingga kini pemain yang selalu menjadi sorotan dunia pun masih membela Barcelona yaitu Lionel Messi yang dianggap sebagai pemain terbaik di era sepak bola modern. Berkat kehebatannya pun, Messi masuk ke dalam jajaran pemain terbaik yang pernah dimiliki Barcelona.

Selain Lionel Messi, Barcelona tentu memiliki pemain lain yang bahkan telah masuk ke dalam jajaran legenda Barcelona. Bersama Lionel Messi, siapa saja pemain terbaik Barcelona lainnya? Berikut tiga dari enam nama berdasarkan Sportmob.

1 dari 3

Lionel Messi

Lionel Messi
Aksi Lionel Messi pada laga melawan Celta Vigo di pekan keempat La Liga 2020/2021 © AP Photo

Satu nama ini selalu terdengar namanya di dunia sepak bola, jika ada hal memukau tak jarang nama Messi selalu dikaitkan. Pemain yang memulai karir junior hingga seniornya bersama Barcelona ini sudah begitu banyak memecahkan rekor dunia.

Urusan mencetak gol dan assists pun sudah menjadi hal yang lumrah dari kaki Lionel Messi. Kesuksesan Barcelan selama sedekade lebih ini pun tidak jauh-jauh berkat adanya pemain berjuluk La Pulga ini.

Selama 17 tahun karirnya bersama Barcelona, Lionel Messi berhasil menjadi yang terdepan sebagai top skor sepanjang masa Barca (636 gol). Messi pun kerap tampil spesial di laga besar seperti El Clasico dan kini membawanya sebagai pemuncak gol di El Clasico dengan 26 gol.

Bersama Barcelona, Lionel Messi telah mendapatkan segalanya, gelar La Liga, Liga Champions, Copa Del Rey, Supercopa, Piala Super UEFA hingga Piala Dunia Antarklub. Di level individu pun semuanya telah didapatkan Messi.

2 dari 3

Xavi

Xavi
Xavi © AFP

Lini tengah Barcelona pernah menjadi yang terbaik di era Xavi Hernandez. Selama 17 tahun karirnya membela Barcelona, Xavi menjadi gelandang terbaik dunia berkat permainannya sebagai maestro lini tengah.

Bersama Blaugrana, Xavi dicap sebagai salah satu pengumpan terbaik sepanjang masa. Kecerdasannya dalam bermain sepak bola pun sempat menjadi momok dunia sepak bola lewat permainan tiki-taka yang juga dimotori Xavi.

Sejak membela tim senior Barcelona, Xavi pun telah menampilkan 767 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya, Xavi mencetak 85 gol dengan 184 assists. Penghargaan individu sebagai gelandang terbaik dunia pun pernah dimenangkan Xavi tahun 2009.

3 dari 3

Johan Cruyff

Johan Cruyff
Johan Cruyff © Ist

Johan Cruyff sudah tidak diragukan lagi merupakan salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada. Di Belanda, dirinya begitu dipuja sampai namanya pun dijadikan nama stadion untuk kandang Ajax.

Di tahun 1973 Barcelona begitu beruntung memilikinya selama lima tahun. Musim pertamanya bersama Barcelona berjalan dengan sangat lancar dan penantian sejak tahun 1960 untuk memenangkan liga pun terealisasikan.

Di tahun itu juga Johan Cruyff mendapatkan gelar Ballon d’Or keduanya, dan dilanjutkan dengan trofi Ballon d’Or 1974 yang didapatnya secara beruntun. Johan Cruyff pun menjadi kecintaan para penggemar Barcelona begitu pun sebaliknya hingga Cruyff menamai anaknya Catalan.

Bersama Barcelona, Cruyff menjadi playmaker yang begitu cepat pergerakannya yang juga membawanya mampu mencetak 28 gol serta lima assists dari 71 penampilannya.

Sumber: Sportmob

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)