FOLLOW US:


Bartomeu Juga Dituduh Tunggak Pajak, Barca Marah

04-02-2015 05:31

 | Neymar

Bartomeu Juga Dituduh Tunggak Pajak, Barca Marah
Bartomeu juga ikut dituduh. © AFP
Bola.netBola.net - Barcelona merilis pernyataan keras terkait tuduhan yang dilontarkan Otoritas Pajak Spanyol. Presiden Barca Josep Maria Bartomeu sudah dituduh bersalah menggelapkan pajak dalam proses transfer Neymar ke Barcelona.

Awalnya Otoritas Pajak Spanyol hanya menetapkan mantan Presiden Barca Sandro Rosell saja dalam kasus menghindari pajak dalam transfer Neymar. Namun belakangan Bartomeu juga ikut terciduk karena Barca melakukan pembayaran kepada N&N setelah pergantian kursi kepresidenan silam.

Ceritanya, Barca membayar lima juta euro kepada N&N (perusahaan milik ayah Neymar) sebagai bagian dari transfer. Pembayaran itu dilakukan pada 31 januari 2014, ketika Bartomeu sudah menjabat sebagai Presiden sehingga ia pun masuk sebagai tertuduh. Tuduhan itu dilayangkan lewat Kejaksaan Negeri Spanyol beberapa hari silam.

Barcelona dan Otoritas Pajak Spanyol memiliki pandangan yang berbeda mengenai kasus ini. Barca merasa mereka tidak bersalah karena menganggap uang 40 juta euro yang dibayarkan kepada N&N bukanlah bagian dari transfer Neymar. Sementara itu, Otoritas Pajak Spanyol bersikukuh bahwa dana yang awalnya ditransfer secara rahasia itu merupakan bagian dari transfer.

Pernyataan resmi Barca berbunyi: Mengenai tuduhan dari Kejaksaan Spanyol yang menyatakan bahwa Presiden Josep maria Bartomeu terlibat penggelapan pajak pada 2014, Barcelona menyatakan tidak setuju sama sekali.

Barca sebenarnya sudah membayar 13 juta euro sebagai upaya untuk menutup kasus ini. Namun pengadilan Spanyol terus mengusut kasus ini sehingga diketahui bahwa Barca sudah mengeluarkan hampir 95 juta euro untuk mendatangkan Neymar dari Santos.