FOLLOW US:


Brexit dan Makin Suramnya Gareth Bale di Real Madrid

15-02-2020 17:49

 | Asad Arifin

Brexit dan Makin Suramnya Gareth Bale di Real Madrid
Gareth Bale usai golnya ke gawang Barcelona dianulir pada laga di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa bakal membawa dampak besar bagi sepak bola. Di Real Madrid misalnya, status winger Gareth Bale bakal berada pada situasi yang sangat pelik.

Brexit akan mulai berlaku efektif dalam dua tahun ke depan. Artinya, warga negara Inggris Raya [termasuk Wales] sudah tidak termasuk warga Uni Eropa. Termasuk Gareth Bale.

Jika kehilangan status warga Uni Eropa, maka ststus Gareth Bale di skuad Real Madrid adalah pemain 'asing'. Pemain 30 tahun harus mengisi slot pemain asing dari negara non Uni Eropa.

Seperti diketahui, setiap klub Eropa hanya boleh memiliki tiga slot pemain asing non Uni Eropa. Aturan ini bakal berdampak pada status Gareth Bale di skuad Real Madrid.

1 dari 2

Pemain Non Uni Eropa di Real Madrid

Jika Brexit berlaku pada 2020 ini, maka Real Madrid akan berada dalam situasi pelik. Sebab, Real Madrid punya empat pemain asing non Uni Eropa. Tidak ada tempat lagi untuk Gareth Bale.

Tiga pemain asing non Uni Eropa yang dimiliki Real Madrid yakni Vinicius Junior, Eder Militao, dan Rodrygo Goes. Mereka berada di tim utama. Los Blancos juga masih punya Reiner Jesus yang dimainkan di Real Madrid Castilla.

Vinicius diprediksi bakal mendapat status warga negara Spanyol pada 2021 mendatang. Dan, satu slot pemain asing bakal diisi Reiner Jesus yang dinaikkan ke tim utama. Selain itu, Real Madrid juga tengah membidik Lautaro Martinez.

Lantas, bagaimana nasib Gareth Bale? Saat ini, pihak Uni Eropa dan Inggris Raya tengah melakukan negosiasi soal status kewarganegaraan. Sebab, bukan hanya di sepak bola, status ini juga berlaku untuk penduduk Eropa secara global.

Gareth Bale sendiri saat ini mulai jarang mendapat kesempatan bermain untuk Real Madrid.

2 dari 2

Bukan Hanya Real Madrid

Real Madrid bukan satu-satunya klub yang bakal terdampak Brexit. Sebab, ada dua pemain Inggris Raya lain yang kini tengah bermain di Spanyol. Kedua pemain tersebut yakni Kieran Trippier [Ateltico Madrid] dan Oliver Burke [Alaves].

Premier League akan merasakan dampak yang lebih besar. Sebab, ada banyak pemain asing yang bermain di Inggris. Diprediksi, Brexit akan membawa perombakan aturan besar-besaran di Premier League.

Diperkirakan, bakal ada lebih dari 100 persen pemain yang terdampak dari Brexit. Namun, sejauh ini belum ada pembicaraan resmi dari pihak Premier League terkait antisipasi Brexit dan dampaknya.

Sumber: Marca