FOLLOW US:


Demi Trofi, Barcelona Akan Lupakan Sepak Bola Indah

13-09-2019 11:20

 | Richard Andreas

Demi Trofi, Barcelona Akan Lupakan Sepak Bola Indah
Barcelona © AP Photo

Bola.net - Barcelona baru saja merilis data dari Blaugrana Observatory, Agustus 2019 lalu. Data penting ini disampaikan langsung oleh juru bicara Barca, Josep Vives.

Seperti biasa, sebelum musim dimulai, Barcelona merancang studi untuk menentukan tingkat kepuasan suporter dan target mereka musim ini. Barca ingin melibatkan suporter secara langsung.

Kali ini, studi tersebut dimulai pada 30 Juli sampai 5 Agustus pada lima wilayah di Spanyol dan mulai 30 Juli sampai 23 Agustus pada penduduk Catalunya.

Bagaimana hasil studi ini? Menyadur Marca, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Kepuasan Fans Barca

Pertama-tama, studi ini menentukan tingkat kepuasan fans Barcelona, dengan skor keseluruhan 7,3 dari 10 poin. Fans Barca ternyata sudah cukup puas.

Meski survei ini dilaksanakan setelah mimpi buruk Anfield di semifinal Liga Champions musim lalu dan dengan kegagalan transfer Neymar, fans Barca ternyata masih optimistis dengan angka 7,9 - mereka mengharapkan perkembangan musim ini.

Faktanya, tingkat optimisme ini ternyata masih lebih tinggi dari angka keseluruhan survei ini. Juga ekspektasi fans terhadap klub jauh lebih tinggi, ada 67,7 persen anggota fans Baca yang yakin musim ini akan lebih baik dari musim lalu.

2 dari 2

Lupakan Sepak Bola Indah

Lebih lanjut, hasil survei yang tak kalah mengejutkan adalah pendekatan klub. Selama bertahun-tahun Barca dikenal sepak bola indah, tetapi sekarang pendekatan itu akan berubah.

Tujuan utama Barca musim ini mungkin berubah. Pada survei tentang target tim, 'Winning everything' mengalahkan pilihan 'playing good football'. Artinya, fans Barca hanya ingin melihat tim meraih trofi, entah dengan cara apa.

Dibandingkan dengan musim lalu, ada lonjakan sebesar 27 persen pada opsi 'winning everything' ini. Tampaknya fans Barca masih kecewa dengan kegagalan meraih treble musim lalu.

Sumber: Marca