FOLLOW US:


Barcelona dan Segala Upaya untuk Mempertahankan Lionel Messi

13-09-2019 09:00

 | Richard Andreas

Barcelona dan Segala Upaya untuk Mempertahankan Lionel Messi
Bintang Barcelona, Lionel Messi © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi sudah menegaskan bahwa dia siap melanjutkan kariernya di Barcelona. Syarat Messi sederhana: meminta klub menciptakan proyek ambisius dengan menciptakan skuad yang kompetitif.

Masa depan Messi mulai dipertanyakan usai muncul fakta bahwa dia bisa meninggalkan Camp Nou dengan cuma-cuma akhir pekan ini. Biar begitu, Messi menjamin siap bertahan di Barca selama dia merasa yakin.

Negosiasi tentang kontrak baru pemain 32 tahun ini dikabarkan bakal segera dimulai. Messi sudah mengirimkan pesan khusus pada sang presiden, Josep Maria Bartomeu.

Tegas, Messi mengatakan bahwa dia ingin menjadi bagian dari tim juara. Sebab itu, Barca membutuhkan pemain-pemain terbaik untuk memperkuat tim.

Bagaimana usaha Barca membangun skuad untuk memuaskan Messi? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4

Pembangunan skuad Barca

Mengutip Marca, Barca memang sudah berusaha menciptakan skuad yang bisa memuaskan Messi. Mereka membuat investasi besar pada tahun 2014 lalu dengan pembelian Luis Suarez, Ivan Rakitic, dan Marc-Andre ter Stegen.

Barca meraih treblewinners satu musim setelah investasi terseut. Lalu, pada dua musim berikutnya, Barca mendatangkan Arda Turan, Aleix Vidal, Denis Suarez, Lucas Digne, Andre Gomes, Jasper Cillessen, Paco Alcacer, dan Samuel Umtiti.

Sayangnya, dari delapan nama investasi kedua ini, hanya Umtiti yang masih bertahan sampai saat ini. Padahal Barca sudah menghabiskan 180 juta euro, tapi mereka salah jalan.

2 dari 4

Usaha Berikutnya

Lalu, kepergian Neymar mendorong 222 juta euro masuk ke dalam dompet Barca. Barca seharusnya belajar dari kesalahan investasi sebelumnya, tapi faktanya tidak demikian.

Uang Neymar itu digunakan untuk mendatangkan Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele. Sekarang, terbukti kedua pemain itu gagal memenuhi ekspektasi.

Coutinho sendiri sudah mencoba peruntungan di Bayern Munchen sebagai pemain pinjaman, sementara Dembele gagal menemukan posisi di starting line-up karena masalah indisipliner dan cedera.

3 dari 4

Transfer Perlu Diperbaiki?

Barca mendatangkan Nelson Semedo untuk pos bek kanan dan Clement Lenglet sebagai bek tengah. Dua pembelian ini terbilang baik.

Lalu, ada Arthur, gelandang asal Brasil yang dianggap sebagai Xavi baru. Arturo Vidal juga memberikan sentuhan berbeda. Namun, tidak untuk Yerry Mina, Jeison Murillo, dan Kevin Prince Boateng yang gagal.

Teranyar, pembelian Frenkie de Jong dan Antoine Griezmann bakal meningkatkan kualitas skuad. Namun, Messi sebenarnya menginginkan Neymar untuk meningkatkan level Barca.

Barca sudah berusaha menciptakan tim juara untuk Messi, tapi sepertinya kebijakan transfer mereka patut diperbaiki.

Sumber: Marca

4 dari 4