FOLLOW US:


Diego Simeone, Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak Atletico Madrid

01-07-2020 14:37

 | Asad Arifin

Diego Simeone, Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak Atletico Madrid
Diego Simeone © LaLiga

Bola.net - Akhir pekan lalu, Diego Simeone ini meraih kemenangan yang ke-195 bersama Atletico Madrid di LaLiga, memecahkan rekor pelatih legendaris klub, Luis Aragones.

Kemenangan 2-1 Atlético Madrid atas D. Alavés pada pekan lalu membawa Diego Simeone memecahkan rekor pelatih legendaris Rojiblanco, Luis Aragonés, sebagai pelatih dengan kemenangan terbanyak di LaLiga (195) dalam sejarah klub.

Atlético berhasil menang berkat gol-gol dari Saul Ñiguez dan Diego Costa, dan kemenangan 2-1 tersebut juga membawa Rojiblancos menang empat kali beruntun di LaLiga Santander musim ini yang menjaga asa mereka lolos ke Liga Champions musim depan.

Hasil tersebut memiliki makna yang lebih dalam bagi Simeone yang memecahkan rekor mantan pelatih dan mentornya, Aragonés, yang mencatatkan 194 kemenangan dalam 407 pertandingan di empat periode berbeda pada tiga dekade sebagai pelatih Atlético, sejak tahun 1974 hingga 2003.

1 dari 2

Karir Diego Simeone dan Peran Luis Aragon

Momen tersebut juga sangat berarti berkat ikatan pribadi antara dua tokoh tersebut. Luis Aragonés memiliki pengaruh besar dalam karir Simeone, terutama ketika keduanya membela Sevilla diawal tahun 1990an. Aragonés juga mempengaruhi Simeone untuk pindah ke Atlético pada tahun 1994.

Aragonés yang asli Madrid juga membawa timnas Spanyol menjuarai Euro 2008, dan legenda Atlético lainnya, Fernando Torres, mencetak gol kemenangan bagi Spanyol di pertandingan final. Setelah Aragonés wafat di tahun 2014, otoritas kota Madrid mengubah nama jalan ke Stadion Wanda Metropolitano menjadi Avenida Luis Aragonés (Jl. Luis Aragonés).

Simeone sudah memiliki tempatnya sendiri di sejarah Atlético, meskipun ia masih memiliki karir yang panjang. Ia berhasil mencatatkan 195 kemenangan hanya dalam 320 pertandingan – termasuk 75 hasil imbang dan 50 kekalahan dalam tujuh setengah musim sejak menjalani debutnya sebagai pelatih dalam pertandingan imbang 0-0 melawan Málaga pada Januari 2012.

2 dari 2

Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak di Atletico

Pelatih dengan kemenangan terbanyak ketiga dalam sejarah Atlético adalah kiper legendaris Ricardo Zamora, yang namanya digunakan sebagai penghargaan kiper terbaik LaLiga setiap musimnya. Selama tujuh musim menjabat sebagai pelatih di tahun 1940an, Zamora mencatatkan 114 kemenangan dalam 220 pertandingan, dan meraih dua gelar LaLiga.

Pelatih dengan kemenangan terbanyak keempat adalah Radomir Antić, yang wafat beberapa bulan lalu, dengan catatan 88 kemenangan dalam 189 pertandingan LaLiga. 26 kemenangan diraih di musim 1995/96, dimana ia berhasil membawa Atlético juara, dan Simeone sebagai andalan lini tengah. Pelatih dengan kemenangan terbanyak kelima adalah pelatih Leganés saat ini, Javier Aguirre, yang membawa Atlético meraih 61 kemenangan dalam 131 pertandingan sejak tahun 2006 hingga 2009.

Simeone telah mencatatkan rekor sebagai pelatih Atlético dengan trofi terbanyak, yakni tujuh trofi: LaLiga musim 2013/14, Copa del Rey 2013, Liga Europa 2012 dan 2018, Piala Super Eropa 2013 dan 2019, dan Piala Super Spanyol 2014.

Satu-satunya kompetisi yang belum dimenangi Simeone adalah Liga Champions, dimana Atlético kalah secara dramatis dari Real Madrid di final tahun 2014 dan 2016. Namun, performa impresif tim akan kembali beraksi bulan ini di Liga Champions, ditambah keberhasilan mereka menyingkirkan juara bertahan Liverpool di 16 besar, membuat mereka semakin percaya diri menjuarai kompetisi benua Eropa tersebut di bulan Agustus.

Bagaimanapun Atlético menyelesaikan musim 2019/20, Simeone tetap akan menjadi pelatih tersukses Atlético. Dan ikatannya dengan Aragonés dan pelatih-pelatih lainnya dalam sejarah klub akan semakin erat.

Sumber: LaLiga