FOLLOW US:


Diego Simeone: Real Madrid tak Punya Gaya Main yang Jelas

06-08-2019 09:46

 | Asad Arifin

Diego Simeone: Real Madrid tak Punya Gaya Main yang Jelas
Real Madrid vs Atletico Madrid © RMFC Official

Bola.net - Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, menyebut Real Madrid sejauh ini tidak punya gaya bermain yang jelas. Madrid hanya bergantung pada siapa pemain bintang yang datang.

Beberapa klub di Eropa memang punya gaya atau ciri khas yang spesifik. Yang paling terkenal tentu saja Barcelona. Mereka selama ini dikenal dengan gaya bermain tiki-taka.

Tiki-taka sudah mengakar di klub, terlepas dari siapa pelatih dan pemainnya. Gaya bermain ini tak ubahnya sebagai kurikulum di klub asal Catalan. Sudah dipelajari sejak di akademi.

Lantas, jika Barcelona punya titi-taka, apa gaya bermain Real Madrid. Diego Simeone menilai Los Cules tidak punya gaya yang jelas. Simak komentar lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Real Madrid Tidak Punya Identitas Bermain

Selain Barcelona, ada juga Ajax Amsterdam yang punya identitas khas. Mereka selalu bermain menyerang. Ajax juga dikenal sebagai klub yang mengandalkan para pemain akademi.

"Jika saya tidak merasakan esensi dari sebuah klub, saya tidak akan melatihnya. Sebelum saya sepakat pindah, saya akan bertanya: Apa sejarah klub ini? Dan bagaimana sejarah gaya main klub ini," ucap Diego Simeone pada Marca.

"Ajak memiliki sekolah yang jelas, Barcelona memilikinya, begitu juga Juventus, dan Atletico Madrid juga memiliki itu," sambungnya.

"Tetapi Real Madrid tidak memiliki hal itu [gaya bermain] karena gaya bermain mereka terus berganti tergantung bakat yang datang untuk mewakili gaya bermain mereka," sambung pelatih asal Argentina tersebut.

2 dari 2

Menciptakan Identitas Baru

Menurut Diego Simeone, jika sebuah klub tidak memiliki identitas atau gaya bermain yang jelas, maka tugas pelatih adalah untuk menciptakan hal itu. Dia memberi contoh pada apa yang dilakukan oleh Pep Guardiola.

"Manchester City-nya Guardiola, mereka tidak punya sejarah, tetapi pelan-pelan mereka mulai menemukan jati dirinya," kata Diego Simeone.

Sejak dilatih oleh Guardiola, Man City memang tampil dengan wajah yang berbeda. Man City tampil dengan sepak bola ofensif dan indah. Bahkan, gaya ini disebut punya pengaruh besar pada perubahan cara panjang sepak bola Inggris secara umum.