FOLLOW US:


Dusan Tadic, Mengapa Penyerang Ajax Itu Bakal Cocok dengan Barcelona?

30-01-2020 15:01

 | Asad Arifin

Dusan Tadic, Mengapa Penyerang Ajax Itu Bakal Cocok dengan Barcelona?
Dusan Tadic menjadi pahlawan kemenangan Ajax atas Real Madrid © AP Photo

Bola.net - Luis Suarez mengalami cedera dan Barcelona mendapat masalah. Sejumlah solusi disiapkan, tetapi kini mengerucut pada satu nama: Dusan Tadic. Apakah dia akan cocok dengan Barcelona?

Luis Suarez merupakan mesin gol andalan Barcelona. Pemain asal Uruguay tersebut juga menjadi pendamping ideal bagi Lionel Messi. Keduanya punya kolaborasi yang sangat bagus.

Awalnya, Barcelona berencana untuk membeli Rodrigo Moreno dari Valencia sebagai pengganti Luis Suarez. Sudah ada negosiasi, bahkan Rodrigo sudah tiba di markas Barcelona dan menjalani tes medis.

Namun, transfer Rodrigo Moreno gagal terlaksana. Antara pihak Barcelona dan Valencia tidak mencapai kata sepakat. Dan, kini Barcelona beralih pada Dusan Tadic yang bermain untuk Ajax Amsterdam.

1 dari 2

Dusan Tadic Cocok untuk Barcelona?

Dusan Tadic bermain sangat bagus untuk Ajax pada musim 2018/2019 lalu. Pemain asa Serbia itu mencetak 28 gol di Eredivisie dan sembilan gol di Liga Champions. Jumlah gol Dusan Tadic sedikit menurun pada musim 2019/2020 ini.

Jurnalis Marca, Alberto Rubio, menilai ada dua keunggulan yang bisa membuat Dusan Tadic cocok dengan Barcelona. Pertama adalah kemampuan Dusan Tadic bermain di banyak posisi di lini depan. Dusan Tadic pemain yang fleksibel.

"Dusan Tadic terbiasa bermain sebagai false nine dalam beberapa tahun terakhir tetapi juga menghabiskan sebagian karirnya sebagai pemain sayap," kata Alberto Rubio dikutip dari Marca.

Sebelum tampil tajam sebagai penyerang tengah di Ajax, Dusan Tadic sudah menarik perhatian banyak klub saat tampil bagus di Southampton. Hanya saja, nama Dusan Tadic kalah bersinar dibanding Sadio Mane.

"Dusan Tadic sangat efektif di sebelah kanan ketika bemain Southampton. Dia melakukan cutback dengan kaki kirinya," kata Alberto Rubio.

2 dari 2

Dusan Tadic, Pencetak Gol Ulung

Dusan Tadic, Pencetak Gol Ulung
Dusan Tadic © PL

Dusan Tadic telah membuktikan kualitasnya bersama Ajax. Musim lalu, Dusan Tadic mencetak 38 gol dan 24 assist untuk Ajax di semua kompetisi. Gol-gol Dusan Tadic punya andil besar menyingkirkan Real Madrid di Liga Champions.

Gaya bermain Ajax dan Barcelona yang tidak jauh berbeda juga bisa membuat Dusan Tadic tidak sulit beradaptasi. "Dusan Tadic bisa mengorbankan diri dengan turun ke lapangan tengah, mengambil bola dan memberi dukungan kepada gelandang," kata Alberto Rubio.

Namun, Alberto Rubio menyebut ada satu faktor yang membuat transfer Dusan Tadic tidak efektif bagi Barcelona.

"Dusan Tadic bisa menjadi kontraproduktif bagi Barcelona. Mereka akan kekurangan pemain yang aktif di dalam area penalti untuk menyelesaikan semua peluang yang mereka buat," katanya.

Jika mengacu pada performanya di Ajax, gaya bermain Dusan Tadic hampir mirip dengan Antoine Griezmann. Mereka bukan tipe pemain yang pasif dan menunggu bola di dalam kotak penalti.

Sumber: Marca