Frenkie de Jong Terancam Gagal di Barcelona, Sebenarnya Kenapa Sih?

Richard Andreas | 28 April 2022 05:00
Gelandang Barcelona, Frenkie de Jong. (c) AP Photo

Bola.net - Frenkie de Jong digosipkan bakal meninggalkan Barcelona musim panas ini. Performanya terus memburuk, De Jong tampak tidak nyaman bermain di lapangan untuk Blaugrana.

Puncaknya, ketika Barca dikalahkan Rayo Vallecano (0-1), De Jong hanya mendapatkan kesempatan bermain selam 60 menit. Dia turun sebagai starter, tapi penampilannya mengecewakan hingga harus ditarik.

Ketika berjalan keluar lapangan, De Jong terlihat tidak bisa menahan rasa frustrasinya. Dia jelas kesulitan memberikan kontribusi untuk tim dalam pertandingan.

Kasus De Jong ini mengkhawatirkan, bagaimana bisa pemain yang sempat dielu-elukan sebagai penerus Xavi-Iniesta justru merosot drastis hanya dalam hitungan bulan?

1 dari 3 halaman

Kepergian Koeman

Mengutip Sport, diyakini bahwa pemecatan Ronald Koeman juga berdampak buruk bagi De jong pribadi. Dia sudah sangat mengenal Koeman, Koeman pun demikian. Jadi, De Jong bisa bermain di posisi terbaiknya.

Pemecatan Koeman menghilangkan keuntungan tersebut.Di bawah Xavi, De Jong sekarang bermain di posisi yang tidak seharusnya. Bahkan dia kerap diminta menyerang.

Xavi memang terus memberikan dukungan kepada De Jong, tapi Koeman punya hubungan spesial dengannya. Tahun 2018 lalu, Koeman-lah yang memberikan kesempatan debut di timnas untuk De Jong.

Kepergian Koeman juga berdampak pada menit bermain De Jong. Sebelumnya dia tidak tersentuh. Kini, posisi De Jong mulai sering digantikan oleh dua pemain muda Barca, Pedri dan Gavi.

2 dari 3 halaman

Sedang tidak percaya diri

Ekspresi kekecewaan Frenkie de Jong dan Sergio Busquets dalam laga Barcelona vs Eintracht Frankfurt, Jumat (15/4/2022) (c) AP Photo

Tercatat, dalam 11 pertandingan terakhir di La Liga, De Jong hanya satu kali bermain penuh selama 90 menit (vs Real Sociedad). Artinya, dia lebih sering ditarik di tengah laga atau dimainkan sebagai pengganti.

Cedera Pedri baru-baru ini memberi kesempatan lebih untuk De Jong, tapi tetap saja performanya kurang memuaskan. Menurut Sport, saat ini De Jong sedang tidak percaya diri, dan tidak ada Koeman untuk membantunya.

Koeman adalah pelatih yang sangat memahami gaya main De Jong dan tahu cara menggunakannya dengan baik. Kemampuan terbaik De Jong muncul ketika dia diminta mengatur ritme dari lini tengah, bukan naik ke depan.

Masalahnya, sekarang Xavi menuntut De Jong untuk lebih sering naik ke depan dan membantu tim mencetak gol.

3 dari 3 halaman

Rayuan MU

Singkatnya, De Jong kesulitan sejak kepergian Koeman dan tuntutan Xavi membuatnya semakin terpuruk. Padahal, dia pernah digadang-gadang sebagai calon gelandang top penerus Xavi-Iniesta.

Kini, sejak Manchester United dipastikan menunjuk Erik ten Hag sebagai pelatih baru, gosip tranfer De Jong ke Old Trafford terus menguat. Bukan tidak mungkin, De Jong bakal bergabung dengan MU musim panas nanti.

Sumber: Sport, Marca, Bola

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR