FOLLOW US:


Gratis! 8 Penyerang Top yang Bisa Diboyong Barcelona Pada Januari 2021

04-01-2021 15:02

 | Asad Arifin

Gratis! 8 Penyerang Top yang Bisa Diboyong Barcelona Pada Januari 2021
Diego Costa © AFP

Bola.net - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, telah meminta klub untuk membeli penyerang baru. Barcelona punya banyak opsi di bursa transfer, bahkan jika mereka tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun.

Koeman tidak punya banyak pilihan di lini depan, khususnya penyerang tengah. Dia hanya punya Martin Braithwaite dan Antoine Griezman. Keduanya belum tampil konsisten musim ini.

"Kami telah mengucapkanya beberapa kali, pada awal musim, bahwa kami butuh seseorang di depan untuk memberikan persaingan dan lebih banyak gol, lebih banyak efektivitas," kata Koeman.

Memphis Depay menjadi target utama Barcelona. Namun, masalah finansial membuat klub asal Catalan sulit membelinya awal musim lalu. Lyon meminta tebusan 30 juta euro yang tidak bisa disanggupi Barcelona.

Pada bursa transfer Januari 2021 ini, ada sejumlah opsi yang bisa dipilih Barcelona. Paling tidak, ada delapan penyerang gratisan yang bisa diboyong. Siapa saja? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 8

Diego Costa

Diego Costa
Diego Costa © PA via AP Photo

Atletico Madrid resmi melepas Diego Costa. Dengan begini, mantan striker Chelsea itu sekarang berstatus bebas transfer dan bisa bergabung dengan klub manapun secara gratis pada Januari 2021.

Barcelona telah melepas Luis Suarez ke Atletico Madrid awal musim lalu. Jika mengontrak Diego Costa, maka Barcelona ibarat melakukan barter dengan pihak Atletico.

Klub Liga Inggris, West Ham United disebut-sebut tertarik mendatangkan striker Timnas Spanyol itu. Wolverhampton Wanderers juga diisukan sebagai klub baru Diego Costa menyusul cedera panjang yang diderita Raul Jimenez.

2 dari 8

Ahmed Musa

Ahmed Musa
Ahmed Musa © AP

Jika saja Ahmed Musa tidak menolak ajakan klub MLS untuk bergabung, maka ia tidak akan menganggur. Ia dengan pede mengatakan bahwa masa depan karier sepak bolanya ada di Eropa.

Pernah bermain untuk tim-tim papan atas macam Leicester City dan CSKA Moscow, striker asal Nigeria berusia 28 tahun itu kini menganggur. Klub terakhirnya, Al-Nassr dari Arab Saudi melepasnya pada 26 Oktober 2020.

SCORENigeria melaporkan bahwa Ahmed Musa dibombardir oleh tawaran dari seluruh dunia karena profilnya. Salah satu tawaran seperti itu berasal dari MLS, tapi dia menolaknya, mengatakan dia lebih suka bermain di Eropa.

3 dari 8

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge
Daniel Sturridge © MCFC

Mantan pemain Manchester CIty, Chelsea, dan Liverpool ini sudah nganggur sejak Maret lalu. Kontraknya diputus oleh klub asal Turki, Trabzonspor, karena terlibat judi.

Musim lalu sebenarnya bukanlah musim yang buruk buatnya. Daniel Sturridge mencetak tujuh gol dari 16 penampilan. Lumayan, kan?

Laporan di Inggris menyebut bahwa Daniel Sturridge aktif mengikuti latihan di Kidsgrove Athletic, klub kasta kedelapan Liga Inggris, untuk menjaga kebugaran.

4 dari 8

Fabio Borini

Fabio Borini
Fabio Borini. © AFP

Borini sangat dikaitkan dengan kembalinya ke Inggris selama beberapa bulan terakhir. Eks Liverpool itu kini masih menjadi free agent setelah meninggalkan Hellas Verona.

"Ide itu sudah ada sejak musim panas, tapi kondisinya tidak ada, juga karena ide aslinya adalah kembali ke Inggris," katanya kepada Tuttomercatoweb.

Barcelona akan mendapatkan banyak hal jika merekrut Fabio Borini. Sebab, selain bisa bermain sebagai penyerang, eks pemain AC Milan juga bisa dimainkan pada beberapa posisi lain.

5 dari 8

Wilfried Bony

Wilfried Bony
Wilfried Bony © Ist

Wilfried Bony tak cuma satu kali berstatus bebas transfer. Ia bahkan pernah menganggur selama enam bulan setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Swansea City.

Terkini, mantan striker Manchester City itu tak memiliki klub ssejak kontraknya bersama klub Arab Saudi, Ittihad, diputus per 1 November 2020.

6 dari 8

Jese Rodriguez

Jese Rodriguez
Jese Rodriguez © Ist

Striker Paris Saint-Germain (PSG), Jese Rodriguez resmi dipecat karena terlibat skandal. Mantan pemain Real Madrid itu dituding selingkuh dengan seorang model sekaligus sahabat baik istrinya, Rocio Amar.

Pemain berusia 27 tahun itu hanya membuat 18 penampilan dan mencetak dua gol selama gabung PSG sejak 2016. Ia dipinjamkan ke Las Palmas, Stoke City, Real Betis, hingga Sporting Lisbon.

Jese sudah punya pasangan, yakni Aurah Ruiz yang sudah melahirkan anaknya. Mereka berpisah pada Januari 2018. Tapi, setelah berdamai, mereka menghadapi masalah baru, yakni perselingkuhan Jese.

Nasi sudah menjadi bubur, Jese Rodriguez kini tetap tak memiliki klub setelah dipecat oleh PSG.

7 dari 8

Mario Mandzukic

Mario Mandzukic
Mario Mandzukic dan Joao Cancelo © AFP

Telah berusia 34 tahun, mungkin Mario Mandzukic sudah memikirkan untuk pensiun. Tapi apapun bisa terjadi kalau ternyata ia tertarik bermain di Liga Inggris.

Mandzukic meninggalkan Juventus jelang dimulainya Serie A 2019/2020. Ia membela tim Qatar, Al-Duhail. Tapi baru 10 pertandingan, kontraknya diputus.

Soal pengalaman, pemain satu ini tak perlu diragukan lagi. Mandzukic meraih empat titel Serie A bersama Juventus.

8 dari 8

Alexandre Pato

Alexandre Pato
Alexandre Pato © Ist

Mantan pemain AC Milan, Alexandre Pato, juga nganggur setelah Sao Paulo memutus kontraknya pada Agustus. Performanya dinilai kurang memuaskan karena hanya mencetak sembilan gol dari 35 kali bertanding.

Baru berusia 31 tahun, Pato bisa jadi alternatif buat tim-tim Liga Inggris yang butuh tambahan di lini depan. Apalagi ketika membela Tianjin Quanjian, ia mencatatkan 36 gol dari 60 laga.

Pada 2016, ia sempat dipinjam Chelsea. Mungkin ada kesempatan kedua buatnya musim ini?

Disadur dari Bola.com (Penulis: Gregah Nurikhsani, 31 Desember 2020)