FOLLOW US:


Hanya Ada Satu Lionel Messi, Siapa Penerusnya?

11-02-2020 09:00

 | Richard Andreas

Hanya Ada Satu Lionel Messi, Siapa Penerusnya?
Bintang Barcelona, Lionel Messi © AP Photo

Bola.net - Sulit membantah status Lionel Messisebagai pemain terbaik di dunia. Kapten Barcelona ini telah meraih segalanya, mungkin satu-satunya noda dalam kariernya ada di level internasional.

Sekarang La Pulga berusia 32 tahun, bakal menginjak 33 tahun pada Juni nanti. Artinya, tidak lama lagi Messi bakal gantung sepatu. Dia tidak bisa bermain selamanya, Messi bukan alien -- meski sering disebut begitu.

6 trofi Ballon d'Or sudah cukup menjelaskan kualitas Messi. Dia bisa mengubah arah pertandingan seorang diri, berulang kali jadi penentu kemenangan. Messi bahkan dipandang sebagai pemain terbaik sepanjang masa.

Pertanyaannya, pemain seperti apa yang bakal jadi terbaik di dunia berikutnya? Siapa penerus Messi?

Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 2

Messi Langka

Menjawab pertanyaan di atas, mantan pemain Real Madrid, Jorge Valdano, meyakini bahwa Messi telah membawa pengaruh yang begitu besar untuk dunia sepak bola.

Messi datang mengubah banyak hal, genius sepak bola. Pengaruhnya pun melebihi batas-batas lapangan. Messi adalah ikon sepak bola, Barca jelas takut kehilangannya.

"Messi bertentangan dengan segalanya. Sebagai genius, dia bisa mengubah segalanya. Dia punya kekuatan seorang pahlawan, kekuatan superstar," tutur Valdano kepada Tiempo via Goal internasional.

"Pekan ini dia merilis pernyataan di Instagram untuk merespons Eric Abidal, sekretaris teknik, yang punya sejumlah alasan untuk mengkritik para pemain -- sikap Messi ini membuat Barcelona gemetar."

2 dari 2

Hanya Ada Satu Messi

Lalu, bicara performa di lapangan, Messi belum melambat meski sudah tidak lagi muda. Dia memang memainkan peran yang berbeda, sekarang lebih senang mengatur ritme serangan Barca dari lini tengah.

"Lalu, di lapangan, dia punya kekuatan untuk merusak keseimbangan tim mana pun. Dia telah menentukan tiga dari empat hasil pertandingan terakhir Barcelona dengan pengaruhnya yang sangat besar," imbuh Valdano.

"Dia telah berubah lebih dewasa dan lebih memahami kemampuannya. Hanya ada satu Messi, sulit membayangkan apa yang akan datang setelah dia," tandasnya.

Menurut Bolaneters, kira-kira pemain seperti apa yang akan jadi penerus Messi? Mungkinkah ada Messi berikutnya? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Sumber: Tiempo, Goal