FOLLOW US:


Hasil Pertandingan: Spanyol 1-0 Ukraina

28-03-2015 04:46

 | Alvaro Morata

Hasil Pertandingan: Spanyol 1-0 Ukraina
Alvaro Morata lakukan selebrasi. © AFP
Bola.net - Gol Tunggal Morata Menangkan La Roja

Spanyol menjamu Ukraina dalam pertandingan Kualifikasi Euro 2016 Grup C. Laga ini digelar di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan (markas Sevilla) pada Sabtu (28/03).

Spanyol tampil dominan namun tidak menunjukkannya dalam skor akhir. La Roja hanya bisa menang tipis 1-0 atas Ukraina lewat gol Alvaro Morata.

Pertandingan berjalan seperti yang diperkirakan; Spanyol menguasai bola sepenuhnya dan leluasa membangun serangan. Ukraina tampil defensif namun mereka sangat disiplin dalam menjaga bentuk formasi serta ketika mengawal para pemain Spanyol.

Keunggulan teknik Spanyol terlihat jelas dalam pertandingan ini. Beberapa kali mereka mampu menembus pertahanan Ukraina dengan umpan-umpan indah dari para gelandang kelas atas mereka. Namun penyelesaian akhir Spanyol masih belum tajam di awal-awal laga.

Spanyol akhirnya unggul pada menit ke-28 lewat Alvaro Morata. Andres Iniesta memberikan umpan kepada Koke yang meneruskannya dengan satu sentuhan spektakuler kepada Morata. Dengan kekuatan tubuhnya, Morata memenangkan duel bola. Saat kehilangan keseimbangan, Morata melepas tendangan yang membentur kaki lawan sebelum meluncur masuk ke gawang Pyatov.

Spanyol terus melakukan tekanan ke pertahanan Ukraina namun mereka kesulitan mengkonversi peluang yang mereka miliki dengan sempurna. Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Ukraina tampil lebih agresif. Mereka mulai menunjukkan serangan-serangan balik kilat yang langsung menuju jantung pertahanan Spanyol.

Para pemain Ukraina nampaknya mendapat instruksi untuk melepas tembakan ketika melihat ada peluang. Alhasil, belum sepuluh menit babak kedua berjalan, Iker Casillas sudah harus melakukan dua penyelamatan sulit.

Casillas juga sempat melakukan kesalahan sendiri yang nyaris berbuah gol dari tendangan jarak jauh Ruslan Rotan. Selain itu, lini belakang Spanyol juga nampak kurang disiplin dalam melakukan marking saat menghadapi set piece lawan.

Spanyol seperti mengalami kesulitan menciptakan peluang berbahaya pada babak kedua. Meski Del Bosque sudah melakukan beberapa perubahan, namun penampilan Spanyol nampak tidak kreatif seperti biasanya.

Skor 1-0 pun bertahan hingga pertandingan usai. Dengan hasil ini, Spanyol kini nyaman menduduki posisi dua Grup C dengan koleksi 12 poin. Sementara itu, Ukraina berada di posisi tiga dengan sembilan poin dari lima laga. Posisi puncak grup ini masih ditempati Slovakia dengan 15 poin dari lima pertandingan.

Statistik Spanyol - Ukraina

Penguasaan bola: 67% - 33%

Shot (on goal): 16 (3) - 9 (2)

Corner: 2 - 5

Pelanggaran: 15 - 24

Kartu kuning: 1 - 3

Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Spanyol: Casillas; Juanfran, Pique, Ramos, Alba (Bernat, 79'); Busquets, Koke, Iniesta (Cazorla, 74'); Silva, Isco, Morata (Pedro, 65').

Susunan pemain Ukraina: Pyatov; Fedetskyi, Khacheridi, Kucher, Shevchuk; Tymoshchuk, Stepanenko (Garmash, 76'); Konoplyanka, Rotan, Yarmolenko; Zozulya (Kravets, 32'/Budkivskiy, 90')).