FOLLOW US:


Kasus Unik Cedera Gareth Bale di Real Madrid, Apa yang Beda?

28-10-2019 11:00

 | Richard Andreas

Kasus Unik Cedera Gareth Bale di Real Madrid, Apa yang Beda?
Gareth Bale sedang menata rambutnya pada laga Real Madrid lawan Real Valladolid di pekan kedua La Liga 2019/2020, Minggu (25/8/2019) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Gareth Bale meminta Real Madrid untuk tidak merilis pernyataan medis tentang cederanya saat membela Timnas Wales pada jeda internasional lalu. Permintaan Bale ini terbilang unik, khususnya bagi sepak bola Spanyol.

Minimnya informasi berarti saat ini kondisi kebugaran Bale belum benar-benar diketahui. Situasi unik, sepak bola Spanyol terheran-heran. Bale memang punya hak privasi, sebab statusnya merupakan pasien klub.

Menurut Marca, kasus Bale ini benar-benar berbeda, bahkan mungkin yang pertama dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, biasanya tim-tim Spanyol selalu merilis pernyataan medis tentang pemain yang cedera, meski ternyata tak wajib.

Apa yang bisa terjadi karena kasus Bale ini? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3

Merusak Tradisi

Kasus Bale unik, tapi bukan yang pertama. Marca mengklaim bahwa sudah ada beberapa kejadian konyol ketika pemain menuntut staf medis klub karena menyebarkan informasi tanpa izin.

Selama bertahun-tahun, klub-klub Spanyol belum benar-benar berpikir tentang detail informasi yang mereka cantumkan pada rilis medis tersebut. Tentang bagaimana mereka sudah menyebarkan informasi privat kesehatan sang pemain.

Uniknya, ternyata ada undang-undang di Spanyol yang mengatur perkara ini. Tertulis, informasi medis tentang pekejer seharusnya terbatas untuk diketahui dokter pribadi dan otoritas kesehatan lain

Informasi medis itu bahkan tidak boleh diberikan pada atasan atau orang lain tanpa persejutuan sang pasien. Pada kasus ini, pesepak bola punya hak yang sama.

2 dari 3

Proteksi Legal

Pernyataan medis yang dirilis oleh klub biasanya berisikan informasi tentang tipe cedera, umumnya masalah cedera otot, serta perkiraan waktu pemulihan pemain sepenuhnya. Ternyata, sudah ada sejumlah dokter tim yang mengkhawatirkan sikap tersebut.

Setelah Bale, mungkin bakal ada lebih banyak pemain yang meminta dokter tim untuk merahasiakan informasi medisnya. Sebab informasi itu mungkin bisa memengaruhi masa depan sang pemain.

Biasanya pemain yang punya riwayat cedera bakal kesulitan merancang kariernya. Mungkin dia tidak akan mendapatkan kontrak baru atau menutup pintu untuk klub-klub lain yang tertarik.

3 dari 3

Premier League Perlu Dicontoh?

Jika kasus Bale jadi unik di La Liga, mungkin situasi itu tidak akan menimbulkan tanda tanya di Premier League. Sebab klub-klub Premier League memang tidak pernah merilis pernyataan medis tentang pemain-pemain mereka.

Alih-alih, pelatih yang harus menjawab sejumlah pertanyaan tentang kebugaran pemain di sesi konferensi pers. Biasanya sang pelatih bakal diserang pertanyaan-pertanyaan itu sebelum setiap pertandingan.

Selain Premier League, Bundesliga pun menerapkan aturan yang sama. Klub-klub Jerman tidak pernah merilis informasi tentang kebugaran pemain yang diganggu cedera minor.

Sumber: Marca