FOLLOW US:


Kisah Quique Setien: Kemarin Bareng Sapi, Sekarang Latih Lionel Messi

15-01-2020 06:20

 | Richard Andreas

Kisah Quique Setien: Kemarin Bareng Sapi, Sekarang Latih Lionel Messi
Kapten Barcelona, Lionel Messi. © AP Photo

Bola.net - Quique Setien tengah menghidupi mimpinya sebagai pelatih baru Barcelona. Dia mengaku tidak pernah membayangkan bakal menangani klub yang menerapkan filosofi sepak bola impiannya: penguasaan bola.

Mantan pelatih Real Betis ini, yang meneken kontrak dua setengah tahun, dikenalkan sebagai bos baru Barcelona pada Selasa (14/1/2020) dini hari WIB tadi. Dia ditunjuk untuk menggantikan Ernesto Valverde yang dipandang gagal.

Mengutip Sky Sports, Setien mengaku terkejut ketika mendapatkan tawaran ini dari petinggi Barcelona. Dia bahkan menyebut tawaran itu sebagai bentuk penghargaan tertinggi dari klub.

Tidak hanya itu, Quique pun menjanjikan trofi domestik dan Eropa. Apa katanya? Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 2

Tidak Pernah Membayangkan

Setien dipilih lewat pemungutan suara dewan direksi Barcelona, setelah sebelumnya menerima penolakan Xavi dan Ronald Koeman. Menangani Barcelona sekarang ini bukan tugas mudah, Setien bakal bekerja di bawah tekanan luar biasa.

"Bahkan dalam mimpi yang paling liar saya tidak pernah membayangkan ini [menangani Barcelona]. Saya harus berterima kasih pada klub. Saya bersemangat menyambut tantangan dan proyek ini," kata Setien.

"Itulah hal terbesar yang harus saya sampaikan pada para pemain. Saya harus menunjukkan itu pada pemain dan biasanya tidak terlalu sulit bagi saya untuk menyalurkan ide."

2 dari 2

Dari Sapi ke Messi

Setien, yang mengaku terinspirasi Johan Cruyff, menerima Barcelona dalam kondisi di puncak klasemen sementara La Liga, unggul dari Real Madrid karena selisih gol.

Masih ada tiga kompetisi yang bisa diperjuangkan Barca musim ini. Sang presiden, Josep Maria Bartomeu bahkan memasang target treble winners untuk Setien.

Uniknya, Setien mengaku nyaris tidak percaya ketika pertama kali mendengar kabar ketertarikan Barca.

"Kemarin, saya berjalan-jalan di sekitar rumah saya dengan sapi-sapi di sekeliling saya dan sekarang saya di Barcelona melatih pemain terbaik di dunia [Messi]," tandas Setien.

Sumber: Sky Sports