FOLLOW US:


Klub dengan Pemasukan Terbanyak 2018/19: Barcelona di Puncak, Manchester United Merosot

14-01-2020 10:41

 | Yaumil Azis

Klub dengan Pemasukan Terbanyak 2018/19: Barcelona di Puncak, Manchester United Merosot
Selebrasi Lionel Messi usai menjebol gawang Borussia Dortmund, bersama Antoine Griezmann dan Luis Suarez. © AP Photo

Bola.net - Barcelona berhasil mendapatkan predikat tim dengan pemasukan terbanyak pada musim 2018/19, menggeser Manchester United yang turun sampai peringkat ke-3. Ini adalah kali pertama klub raksasa Spanyol itu mendapatkan predikat tersebut.

Klub raksasa Spanyol tersebut mencatatkan pemasukan senilai 741 juta Pounds pada musim 2018/19. Mereka melampaui torehan sang rival, Real Madrid, yang hanya membukukan 667 juta Pounds saja.

Sementara itu, Manchester United hanya mampu meraup 627 juta Pounds pada musim lalu. Dan menurut prediksi, peringkat mereka bisa turun lagi karena tidak mengikuti ajang Liga Champions musim ini.

Secara keseluruhan, 20 klub dengan pendapatan terbanyak di dunia menghasilkan angka yang sangat besar. Menurut laporan Deloitte, mereka berhasil mencatatkan rekor pendapatan sebesar 8,2 milyar Pounds.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Prediksi Total Pendapatan Klub

Menurut prediksi, rekor tersebut bisa terlampaui lagi di masa depan. Seperti yang diutarakan oleh perwakilan dari Deloitte, Dan Jones.

"Pertumbuhan industri sepak bola terus melampaui sektor lain," buka Dan Jones seperti yang dikutip dari Sky News.

"20 klub liga uang berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan lebih dari 10 milyar Euro (setara 8,56 milyar Pounds] secara kolektif dalam satu tahun di masa depan," lanjutnya.

2 dari 2

MU Terancam Semakin Merosot

Liverpool selaku juara Liga Champions musim lalu juga masuk dalam 10 besar tim dengan pendapatan terbanyak di dunia sepak bola. Namun mereka hanya berada di posisi ke-7 dengan pendapatan sebesar 533 juta Pounds.

Kemudian juara bertahan Premier League, Manchester City, memiliki nasib yang lebih baik. Mereka berada di peringkat ke-6 dengan total pendapatan mencapai 533 juta pounds.

Jika dipisah, maka Manchester United pantas diberikan predikat sebagai klub Premier League dengan pendapatan terbanyak. Namun mereka bisa kehilangan posisi tersebut pada musim ini.

Deloitte memprediksi bahwa pendapatan Manchester United di musim 2019/20 hanya akan berada di sekitar angka 560-580 juta Pounds. Turun sekitar 50 juta Pounds dari musim kemarin.

(Sky News)