FOLLOW US:


Lionel Messi Diklaim Bukan Pemain yang Komplet, Benarkah Demikian?

09-11-2019 02:17

 | Dimas Ardi Prasetya

Lionel Messi Diklaim Bukan Pemain yang Komplet, Benarkah Demikian?
Lionel Messi, Barcelona © AP Photo

Bola.net - Seorang netizen dengan akun @AntiLaportisimo di Twitter membeberkan analisisnya bahwa superstar Barcelona Lionel Messi bukanlah pemain yang komplet.

La Pulga tanpa diragukan lagi adalah pemain terbaik di dunia saat ini. Hal tersebut sudah terlihat dengan sepak terjangnya bersama Barcelona.

Rentetan trofi bersama klub dan penghargaan pribadi menjadi bukti sahih atas status tersebut. Lionel Messi tercatat sudah meraih lima gelar Ballon d'Or. Hanya bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, yang mampu menyaingi prestasi fantastisnya tersebut.

Namun, benarkah Lionel Messi pemain yang hampir tanpa cela? Jika merujuk prestasinya bersama Timnas Argentina, anggapan itu tak sepenuhnya benar. La Pulga, julukan Messi, belum pernah mempersembahkan trofi bergengsi bersama Timnas Argentina.

Netizen ini juga pendapat yang senada, meskipun dari sudut pandang berbeda. Netizen yang menggunakan nama akun @AntiLaportisimo di Twitter tersebut, membeberkan analisisnya di balik klaimnya bahwa Messi bukan pemain yang komplet.

Menurutnya, ada 10 faktor yang melatarbelakangi klaimnya tersebut. Apa saja faktor tersebut? Berikut analisisnya pada Lionel Messi seperti dilansir Sportbible, Jumat (8/11/2019).

1 dari 10

Gol dengan Kaki Kanan

Menurut @AntiLaportisimo, Messi tak banyak mencetak gol dengan kaki kanannya. Selama kariernya, sering kali Messi punya kesempatan menembak ke gawang atau mengumpan menggunakan kaki kanannya, tapi akhirnya memilih menahan bola.

Menilik dari statistik Messi musim ini, Messi belum mencetak gol menggunakan kaki kanannya. Semua gol lahir melalui tendangan kaki kiri.

2 dari 10

Ambyar di Udara

Akun @AntiLaportisimo menyebut mencetak gol melalui sundulan merupakan karakter penting untuk setiap penyerang. Bisa memenangkan pertandingan melalui sundulan membuat seseorang menjadi pemain yang sangat berguna untuk setiap taktik yang diterapkan.

Menurut @AntiLaportisimo, mengirimkan umpan silang ke Messi bakal sia-sia saja. Sebab 90 persennya bakal berujung kegagalan (kecuali ia dalam posisi tidak terjaga).

3 dari 10

Ambyar Dalam Urusan Penalti

Menurut @AntiLaportisimo, salah satu peluang terbaik mencetak gol dan membawa tim unggul adalah menendang dari titik penalti.

Messi disebutnya gagal dalam 24 penalti (33 persen). Ia merupakan salah satu eksekutor penalti terburuk.

4 dari 10

Tendangan Jarak Jauh

Menurut @AntiLaportisimo ketika tim sangat butuh gol dan mulai frustrasi, tendangan jarak jauh bisa menjadi kunci, atau solusi.

Namun, ia menilai La Pulga tak punya cukup tenaga atau akurasi untuk memberikan kejutan kepada kiper dengan tendangan dari luar kotak penalti.

5 dari 10

Umpan Silang

Menurut @Antilaportismo, bagi seorang winger, menciptakan peluang di udara sangat penting. Dia menyebut tak pernah melihat Messi memperdaya seorang full-back dan membuat umpan silang dari sayap.

Ia mengatakan Messi bermain di sisi dalam, menciptakan pergerakan dari tengah, bukan dari area sayap, tak peduli jika ada enam pemain menunggu di kotak penalti.

6 dari 10

Pertahankan Penguasaan Bola

Menurut @Antilaportismo, bagi seorang pemain yang punya dribel bagus, ia harus tahu kapan waktunya melewati pemain. Sebaliknya, ia juga harus tahu kapan untuk tidak melakukannya.

Ia mengatakan jika seseorang berusaha mendribel melewati empat pemain, maka biasanya akan kehilangan bola. Ia mengklaim Messi merupakan salah satu yang suka memaksakan mendribel melewati lawan dan akhirnya kehilangan bola.

7 dari 10

Bukan Pemimpin yang Bisa Diandalkan

Menurut @Antilaportismo, seorang pemimpin yang kuat dan berkarakter sangat penting untuk sebuah tim. Saat tim terpuruk, pemimpin yang baik bisa membuat rekan-rekannya bangkit lagi.

Mental seperti itu dinilainya sangat penting dalam olahraga. Namun Messi kurang memilikinya.

8 dari 10

Panggung Besar

Pemain besar harus selalu bersinar di panggung besar dan bergengsi. Namun, menurut @Antilaportismo, Messi beberapa kali tak bertaji di laga-laga penting.

Ia menyebut Messi tampil tak meyakinkan pada empat final bersama Timnas Argentina dan tak pernah mencetak gol saat Barcelona tereliminasi. Gol terakhirnya di final Liga Champions adalah pada 2011.

9 dari 10

Sistem Berbeda

Menurut @AntiLaportismo, pemain yang komplet harus bisa tampil apik di semua konteks. Messi tak pernah menunjukkan kualitasnya di luar Barcelona.

Di tim nasional, yang tak punya skuat sempurna. Messi disebutnya melempem.

10 dari 10

Ikut Bertahan

Menurut @AntiLaportismo, jika seorang pemain turun ke lapangan tengah atau belakang saat tendangan sudut, efeknya sangat besar. Jika bisa menciptakan zonal superiority, peluang kembali menguasai bola meningkat.

Ia menyebut, Messi tak pernah melakukan itu. Bahkan saat ia yang kehilangan bola sekalipun dan tim beresiko kebobolan.

Sumber Asli: Sportbible
Disadur dari: Bola.com/Penulis-Editor Yus Mei Sawitri
Published: 8 November 2019