FOLLOW US:


Masalah di Mana-Mana, Barcelona Masih Bisa Lebih Buruk Lagi

30-06-2020 07:00

 | Richard Andreas

Masalah di Mana-Mana, Barcelona Masih Bisa Lebih Buruk Lagi
Lionel Messi di laga Celta Vigo vs Barcelona © AP Photo

Bola.net - Barcelona punya formula sukses yang bertahan bertahun-tahun. Para pemain selalu bisa memikul klub yang penuh masalah, melewati musim berat untuk jadi juara. Namun, sepertinya musim ini sedikit berbeda.

Barca baru terpeleset lagi saat menyambangi Celta Vigo di Balaidos. Mereka hanya bisa bermain imbang 2-2, hasil yang membiarkan Real Madrid melebarkan jarak di puncak klasemen sementara La Liga.

Enam pertandingan tersisa, Madrid unggul dua poin, dan Barca harus menjamu Atletico Madrid, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB nanti. Jika terpeleset lagi, sepertinya Barca memang harus mengucapkan selamat tinggal dengan trofi La Liga musim ini.

Hasil-hasil kurang memuaskan dan kondisi sulit ini sebenarnya menjelaskan masalah bertumpuk yang mengganggu Barca saat ini. Apa saja?

Mengutip Marca, scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3

Keputusan keliru?

Keputusan Barca memecat Ernesto Valverde dan menunjuk Quique Setien sebagai pengganti belum benar-benar menghasilkan. Barca masih tidak konsisten dan belum menunjukkan perubahan signifikan sejak pergantian pelatih tersebut.

Seiring pertandingan berlalu, gelar La Liga kian jauh dari jangkauan Barca. Bahkan pemain-pemain bintang Barca mulai mengeluh.

Sebut saja Luis Suarez yang terang-terangan mengkritik pelatih Barcelona terkait hasil tandang mereka yang kurang memuaskan. "Untuk hal ini, Anda harus bertanya pada pelatih," katanya.

Sebelum Suarez, Lionel Messi sendiri pernah beberapa kali menyampaikan kekecewaannya terhadap Setien dan staf pelatihnya.

2 dari 3

De Jong cedera, Griezmann di bawah harapan

Situasi semakin sulit bagi Setien setelah Frenkie de Jong dipastikan cedera cukup panjang. Padahal gelandang Belanda ini merupakan salah satu pemain terpenting di mata Setien.

Lalu, ada masalah Arthur Melo yang hilang fokus karena transfernya ke Juventus. Barca baru saja meresmikan penjualan Arthur pada Senin (29/6/2020) kemarin, semoga kepastian ini bisa mengembalikan fokus sang pemain.

Selain itu, masih ada Antoine Griezmann yang belum memenuhi ekspektasi. Dia belum mencetak gol dalam lima pertandingan terakhir, yang membuatnya harus rela digusur Ansu Fati, bocah 17 tahun.

3 dari 3

Masalah di mana-mana

Barcelona punya masalah di setiap level, di mana-mana. Mereka kesulitan di La Liga dan tidak ada jaminan bakal lolos ke delapan besar Liga Champions nanti.

Masa depan Setien diragukan, Josep Maria Bartomeu dikecam. Barca sungguh sedang dalam krisis. Di lapangan, di ruang ganti, dan di level para petinggi.

Sumber: Marca