FOLLOW US:


Masalah Mental, Barcelona Butuh Bantuan Psikolog Olahraga?

13-12-2020 18:00

 | Richard Andreas

Masalah Mental, Barcelona Butuh Bantuan Psikolog Olahraga?
Ekspresi kekecewaan Antoine Griezmann usai Barcelona dikalahkan Atletico Madrid, La Liga 2020/21 © AP Photo

Bola.net - Muncul dugaan bahwa Barcelona masih belum pulih dari masalah mental sejak musim lalu. Seharusnya musim ini lebih baik di bawah pelatih baru Ronald Koeman, tapi Barca masih terhalang masalah mental yang sama.

Hal ini terlihat pada beberapa pertandingan musim ini, termasuk kekalahan 0-3 dari Juventus beberapa waktu lalu. Saat itu pemain Barca tampaknya memasuki lapangan bukan untuk menang.

Masalah mental ini lebih terlihat di Liga Champions. Rasa pahit akibat kekalahan 2-8 dari Bayern Munchen musim lalu masih membekas, Barca tampak kesulitan.

La Liga pun tak terlalu baik. Barca tertinggal di peringkat ke-9 klasemen sementara setelah 10 pertandingan.

Karena itulah muncul gagasan perlunya fokus memperbaiki masalah mental skuad Barca. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Perlukah bantuan khusus?

Barcelona punya banyak pemain top, sebab itu sejumlah kekalahan mereka terasa aneh, khususnya saat para pemain membuat blunder individu yang terbilang konyol.

Koeman tahu alasan di balik gagasan perlunya psikolog olahraga tersebut, mental pemain memang penting. Namun, baginya pemain Barca sudah cukup berkualitas untuk menyelesaikannya sendiri.

"Tim ini sudah punya cukup personalitas dan pengalaman. Ini adalah waktunya bagi para pemain berpengalaman yang sudah bertahun-tahun berada di sini untuk bangkit," kata Koeman dikutip dari Sport.

"Pemain-pemain bagus selalu bangkit. Saya harap bisa melihat tim yang bersemangat penuh saat menghadapi Levante nanti."

2 dari 2

Wajar tertekan

Bagi Koeman, bermain untuk Barca memang sewajarnya sulit, karena itulah para pemain harus punya mental tangguh. Dia merasa masalah ini tak perlu dibesar-besarkan.

"Saya tidak terlalu percaya pada psikologis dan masalah mental," tegas Koeman.

"Jika Anda bermain untuk Barca, tekanan itu akan selalu ada, Anda sudah tahu itu, dan Anda harus bisa melampauinya," tutupnya,.

Barca akan menjamu Levante pada duel lanjutan La Liga, Senin (14/12/2020) dini hari WIB nanti. Lionel Messi dkk. wajib menang usai menelan dua kekalahan beruntun dari Cadiz (1-2) dan Juventus (0-3).

Sumber: Sport