FOLLOW US:


Membeber Alasan Xavi dan Koeman Menolak Pinangan Barcelona

16-01-2020 17:52

 | Dimas Ardi Prasetya

Membeber Alasan Xavi dan Koeman Menolak Pinangan Barcelona
Xavi ketika memperkuat Al Sadd © AP Photo

Bola.net - Xavi dan Ronald Koeman dikabarkan menolak pinangan Barcelona dan Rivaldo mencoba membeberkan apa alasan di balik penolakan tersebut.

Sebelum pekan ini, sudah sering beredar spekulasi terkait masa depan Ernesto Valverde. Sejumlah pelatih sempat dikaitkan dengan Barcelona.

Di antaranya adalah legenda klub yakni Xavi. Ada juga nama mantan pemain Blaugrana asal Belanda yakni Koeman.

Pada akhirnya Valverde resmi dipecat pada 13 Januari kemarin. Namun kedua nama tersebut tidak ada yang menjadi pelatih penggantinya.

Barcelona justru menunjuk Quique Setien sebagai pelatih anyarnya. Pelatih 61 tahun itu dikontrak hingga musim panas 2022.

1 dari 2

Alasan Penolakan Xavi

Alasan Penolakan Xavi
Rivaldo © AFP

Barcelona sendiri disebut menjadikan Xavi sebagai target utamanya untuk menggantikan Ernesto Valverde. Akan tetapi, Xavi kabarnya menolak untuk kembali ke Barca dan lebih memilih tetap melatih klubnya saat ini, Al-Sadd.

Rivaldo kemudian mencoba membeberkan apa alasan sang legenda menolak pulang. Ia merasa pelatih berusia 39 tahun itu menolak Barca karena saat ini masih terlalu dini baginya untuk menukangi Lionel Messi dkk, apalagi karena ia juga masih minim pengalaman.

"Saya yakin bahwa Xavi akan gabung sebagai manajer Barcelona di masa depan dan ia sudah bersiap-siap untuk itu, memulai karir manajerialnya di Qatar," kata Rivaldo pada Betfair.

"Saya pikir ia menolak tawaran Barca karena ia belum siap untuk menerima tugas seperti itu dalam fase awal pekerjaan barunya sebagai manajer. Untuk saat ini, ia lebih memilih untuk terus mendapatkan pengalaman dan kedewasaan sebagai pelatih," tuturnya.

"Tetapi sementara ia tidak menerima tanggung jawab seperti itu sekarang dan akan menunggu saat yang tepat, saya yakin ia akan menjadi pelatih Barca suatu hari nanti dan semoga sukses," serunya.

2 dari 2

Alasan Penolakan Koeman

Alasan Penolakan Koeman
Ronald Koeman © AP Photo

Setelah ditolak oleh Xavi, Barcelona akhirnya bergerilya mencari alternatif lain. Nama eks Ronald Koeman kemudian muncul.

Koeman diklaim terkejut ketika dihubungi Barcelona. Akan tetapi penunjukan pelatih berusia 56 tahun itu terbentur kontraknya di timnas Belanda. Meski ada klausul spesial, tapi klausul tersebut baru akan aktif usai gelaran Euro 2020 mendatang.

"Dalam kasus Koeman, itu berbeda. Ia adalah manajer yang berpengalaman dengan reputasi internasional dan akan menjadi pilihan yang sangat bagus," seru legenda sepak bola Brasil ini.

"Ia terkenal di seluruh dunia, memiliki pengetahuan yang baik tentang klub dan terbiasa dengan tekanan besar seperti yang akan ia temukan di Liga Champions dan kompetisi lainnya. Tapi itu bukan waktu untuk kembalinya dirinya," pungkas Rivaldo.

(betfair)