FOLLOW US:


'Quique Setien Cuma Pilihan Keempat Barcelona'

15-01-2020 09:18

 | Gia Yuda Pradana

'Quique Setien Cuma Pilihan Keempat Barcelona'
Pelatih Barcelona, Quique Setien © AP Photo

Bola.net - Barcelona telah memecat Ernesto Valverde sebagai pelatih mereka. Barcelona pun sudah menunjuk Quique Setien untuk menggantikannya. Namun, eks pelatih Real Betis dengan mentalitas Johan Cruyff itu diklaim bukanlah pilihan utama Barcelona.

Opini ini dilontarkan oleh pakar sepak bola Spanyol, Graham Hunter. Menurutnya, Setien sejatinya berada di urutan keempat dalam daftar kandidat pelatih baru Barcelona.

Namun, tiga nama di atasnya gagal diyakinkan oleh Barcelona. Alhasil, pilihan pun jatuh kepadanya.

Siapa sajakah tiga pilihan lainnya, dan kenapa mereka tak jadi didatangkan? Scroll terus ke bawah.

1 dari 4

Xavi

Xavi
Xavi © FC Barcelona

Nama pertama adalah Xavi. Dia adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Barcelona, memperkuat mereka periode 1998-2015. Dia pensiun di Al Sadd pada 2019.

Pada Mei 2019, Xavi melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Dia menangani Al Sadd dengan kontrak dua tahun.

"Mereka pergi ke Qatar untuk berusaha meyakinkan Xavi, yang mereka seharusnya sudah tahu kalau dia takkan datang," kata Hunter, seperti dilansir Sky Sports.

2 dari 4

Ronald Koeman

Ronald Koeman
Ronald Koeman © AFP

Koeman juga mantan pemain Barcelona di era kepelatihan Johan Cruyff. Eks pemain Belanda ini memperkuat Barcelona periode 1989-1995.

Dia pernah menjadi asisten pelatih di Barcelona periode 1998-2000. Setelah itu, dia tercatat menangani klub-klub top, seperti Ajax, Benfica, PSV, hingga Valencia. Sejak 2018, dia melatih tim nasional Belanda.

"Mereka berusaha merayu Ronald Koeman, yang sebelumnya sudah bilang pada mereka kalau dia takkan bergabung. Dia ingin membawa Belanda meraih kejayaan di kejuaraan Eropa musim panas ini," tutur Hunter.

3 dari 4

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino
Mauricio Pochettino © AP Photo

Ketika masih aktif sebagai pemain, mantan bek sentral Argentina ini pernah lama membela Espanyol, rival sekota Barcelona. Dia juga melatih Espanyol periode 2009-2012, kemudian Southampton 2013-2014, dan melejit bersama Tottenham 2014-2019.

"Mereka berusaha memahami apa yang sebelumnya dikatakan Mauricio Pochettino, bahwa dia lebih suka pulang dan bekerja di sawahnya di Argentina daripada melatih Barcelona. Mereka berusaha membujuknya," lanjut Hunter.

4 dari 4

Quique Setien pun Terpilih

Quique Setien pun Terpilih
Pelatih baru Barcelona, Quique Setien. © twitter.com/FCBarcelona

Tiga nama di atas, semuanya gagal diyakinkan oleh Barcelona. Pilihan pun jatuh pada Setien.

"Quique Setien adalah pelatih yang menarik, dengan mentalitas Cruyff, tapi maksimal dia cuma pilihan keempat. Ini merupakan situasi yang lucu dari awal sampai akhir," imbuh Hunter.

Sumber: Sky Sports

Menurut Bolaneters, walau setidaknya cuma pilihan keempat, apakah Setien merupakan opsi terbaik untuk Barcelona saat ini? Suarakan pendapat kalian lewat kolom komentar di bawah ini.