FOLLOW US:


Ogah Kehilangan Barcelona dan Real Madrid, La Liga Menentang Gelaran Super League

07-09-2019 01:48

 | Ari Prayoga

Ogah Kehilangan Barcelona dan Real Madrid, La Liga Menentang Gelaran Super League
Presiden La Liga, Javier Tebas. © AFP

Bola.net - La Liga Spanyol lewat sang presiden, Javier Tebas menyuarakan tidak setuju dengan rencana gelaran kompetisi akbar antarklub benua biru bertajuk European Super League.

Pada November 2018 lalu, Football Leaks mengklaim adanya pembicaraan rahasia dari sejumlah klub raksasa Eropa, termasuk Barcelona dan Real Madrid untuk membentuk liga baru.

Liga ini kabarnya berisikan klub-klub top Eropa dan dinamai European Super League. Kompetisi ini diklaim bakal mulai digelar pada 2021 mendatang.

1 dari 2

Penolakan Javier Tebas

La Liga yang kini menjadi salah satu liga paling top di dunia berpotensi kehilangan dua tim besar mereka, Barcelona dan Real jika European Super League jadi diputar. Tebas pun menentang ide tersebut.

"Kami sepenuhnya menentang itu [European Super League]. Formatnya berbeda dengan Liga Champions dan akan membuat kompetisi secara praktis tertutup. Format tersebut akan membunuh kompetisi," tegas Tebas kepada Canal 11.

"Dari sisi ekonomi hanya akan menguntungkan klub-klub besar, di saat kami mencoba untuk mempromosikan daya saing [yang lebih merata]," tambahnya.

2 dari 2

Premier League Terbaik Dunia

Lebih lanjut, Javier Tebas juga mengakui bahwa Premier League Inggris masih menjadi liga terbaik di dunia untuk saat ini, mengungguli La Liga.

"Premier League selama bertahun-tahun tidak memiliki pemenang Ballon d'Or, tapi masih tetap menjadi liga terbaik di dunia. Itu adalah sebuah pekerjaan yang hebat di banyak level," tutur Tebas.

Dalam satu dekade terakhir pemenang Ballon d'Or memang berasal dari klub La Liga. Namun Premier League berpeluang mengakhiri catatan tersebut pada edisi 2019 ini seiring dengan keberhasilan Liverpool menjadi juara Liga Champions.

Sumber: Canal 11