FOLLOW US:


Pengakuan Mascherano Soal Transformasi Posisi di Barca

31-01-2018 23:08

 | Javier Mascherano

Pengakuan Mascherano Soal Transformasi Posisi di Barca
Javier Mascherano © Barcelona

Bola.net - Sebelum bergabung ke Barcelona, sosok Javier Mascherano dikenal sebagai pemain gelandang bertahan yang cerdas. Namun, ada sebuah transformasi penting dimana dia menjadi bek tengah saat bermain di Barca.

Mascherano pertama kali datang ke Eropa pada tahun 2006 untuk membela West Ham. Saat itu, dia datang dengan reputasi denagai gelandang bertahan hebat dari Argentina dan sudah membuktikannya di River Plate dan Corinthians.

Namun, Mascherano harus mengalami sebuah perubahan posisi sejak tahun 2011. Saat itu, Josep Guardiola memintanya bermain sebagai bek tengah, karena di posisi gelandang sudah ada Sergio Busquets.

"Saya ingat, laga pertama saya sebagai bek tengah terjadi di Donetsk di Liga Champions. Saya tidak tahu saya akan bermain. Pep memberikan line-up dan dia memainkan saya di bek tengah," kenang Mascherano.

"Bahkan, saat itu kami belum pernah bicara sol hal ini sebelumnya," sambungnya.

Namun, Mascherano memilih untuk tidak melancarkan protes pada perintah Pep. Mantan pemain Liverpool ini memilih diam dan secepat mungkin beradaptasi dengan posisi barunya.

Sebab, Mascherano juga sadar bahwa jika dia tidak menerima perubahan ini, bukan tidak mungkin dia akan terpental dari skuat Barca. Saat itu, kompetisi untuk mendapatkan satu tempat di lini tengah sangat sulit. Selain Busquet, ada juga Xavi dan Andres Iniesta.

"Itu adalah satu-satunya cara bagi saya untuk tetap bisa bertahan dan tetap berada di tim seperti ini. Saya berpikir 'Saya akan mendapat kesempatan lebih banyak sebagai bek tengah dari pada sebagai gelandang'. Saya mencoba untuk bertahan," tandasnya.