FOLLOW US:


Posisi Quique Setien Terancam, 4 Mantan Pemain Barcelona Ini Bisa Menggantikannya

15-08-2020 07:01

 | Afdholud Dzikry

Posisi Quique Setien Terancam, 4 Mantan Pemain Barcelona Ini Bisa Menggantikannya
Pelatih Barcelona, Quique Setien. © AP Photo

Bola.net - Masa depan pelatih Barcelona, Quique Setien kembali menjadi sorotan. Kali ini sorotan dan banyak pertanyaan muncul setelah Barcelona dibantai Bayern Munchen dengan skor 8-2 di panggung Liga Champions.

Quique Setien diangkat menjadi pelatih Barcelona pada bulan Januari 2020 lalu. Pria berusia 61 tahun tersebut diplot sebagai pengganti Ernesto Valverde yang dipecat.

Namun, baru enam bulan menangani Blaugrana, Setien sudah digadang-gadang bakal dipecat. Mantan pelatih Real Betis itu dianggap gagal membawa Barca mempertahankan gelar La Liga.

Barcelona kalah dari sang rival Real Madrid dalam perebutan gelar La Liga musim ini. Sebelumnya Barcelona juga sudah tersingkir dari Copa del Rey.

Nah, setelah sempat sedikit mereda, rumor pemecatan Setien kembali muncul. Kali ini penyebabnya adalah kegagalan melangkah jauh di Liga Champions. Bukan hanya kalah, Barca di laga melawan Bayern Munchen itu kalah telak dengan skor 2-8.

Sejumlah nama pun diklaim sebagai calon pengganti Setien. Namun, Barcelona mungkin tertarik memakai jasa mantan pemainnya.

Siapa saja mantan pemain Barcelona yang bisa menggantikan Quique Setien? Berikut ini daftarnya.

1 dari 5

Xavi

Xavi
Xavi ketika memperkuat Al Sadd © AP Photo

Xavi menjadi salah satu kandidat kuat pengganti Quique Setien belakangan ini. Dia diyakini bisa menjadi 'Josep Guardiola Baru' di Camp Nou.

Xavi sudah paham betul dengan situasi di Barcelona. Mantan gelandang timnas Spanyol itu bermain untuk waktu yang sangat lama di Barcelona.

Namun, Xavi saat ini masih terikat kontrak dengan klub Qatar, Al Sadd. Xavi punya kontrak hingga 2021.

2 dari 5

Ronald Koeman

Ronald Koeman
Ronald Koeman © AP Photo

Koeman pernah mendapat tawaran untuk melatih Barcelona. Namun, pelatih asal Belanda itu menolaknya karena ingin fokus bersama timnas Belanda.

Koeman memang punya keinginan untuk menjadi pelatih Barcelona. Mantan manajer Everton itu bahkan menyebut menjadi pelatih Barca merupakan salah satu impiannya.

Koeman sendiri adalah legenda Barcelona. Ia pernah bermain di Camp Nou pada 1989-1995.

3 dari 5

Patrick Kluivert

Patrick Kluivert
Patrick Kluivert © AFP

Kluivert belakangan ini muncul sebagai kandidat pengganti Quique Setien di Barcelona. Nama Kluivert memang sudah tidak asing dengan Barcelona.

Kluivert saat ini menjabat sebagai direktur akademi Barcelona. Dia menduduki jabatan tersebut sejak musim panas lalu.

Saat masih aktif sebagai pemain, Kluivert pernah membela Barcelona pada 1998-2004. Sebagai striker, Kluivert mencetak 122 gol dalam 257 kali penampilan.

4 dari 5

Laurent Blanc

Blanc saat ini sedang tidak punya klub. Dia sudah menganggur sejak meninggalkan Paris Saint-Germain pada 2016.

Sebagai pelatih, Blanc bisa dibilang sebagai sosok cukup sukses. Dia pernah memenangkan 4 gelar juara Ligue 1, dengan rincian 3 bersama PSG dan 1 bersama Bordeaux.

Semasa menjadi pemain, Blanc pernah membela Barcelona pada 1996-1997. Dia sukses mempersembahkan Copa Del Rey, Piala Super Spanyol, serta Piala Winners.

Sumber: Berbagai Sumber

5 dari 5

Highlights Barcelona vs Bayern Munchen