Profil Tim La Liga 2021/22: Atletico Madrid

Serafin Unus Pasi | 9 Agustus 2021 16:23
Atletico Madrid merayakan gelar juara La Liga musim 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Setelah libur sekitar tiga bulan, La Liga sendiri akan memulai pertandingan perdana di musim 2021/22 dalam beberapa hari ke depan. Beberapa klub kuat milik Spanyol tersebut akan berlomba menjadi kejutan, maupun menyaingi performa dominasi dari Atletico Madrid, Real Madrid dan Barcelona.

Kedatangan seorang Luis Suarez menjadi salah satu tumpuan serta menjadi faktor utama Atletico Madrid menjadi juara La Liga musim lalu. Musim ini Atletico diprediksi akan menjadi pesaing hebat dari Real Madrid dan Barcelona.

Musim lalu, Atletico hanya terpaut 2 point dari sang rival Real Madrid, sementara itu di Liga Champions, mereka harus puas pulang dari Chelsea dari babak 16 besar. Sedangkan pada piala Copa Del Rey mereka harus pulang lebih awal setelah dikalahkan Cornella pada pertandingan kedua mereka.

Demi membuat tim serta skuad yang tangguh, Diego Simeone sendiri bersama Atletico mengikuti beberapa uji coba pramusim untuk mengetahui kemampuan serta seberapa kuat skuad mereka.

15 Agustus nanti Atletico akan bertemu dengan Celta Vigo pada pertandingan awal mereka. Bagaimana persiapan dari Atleti untuk memasuki musim 2021/22? Berikut Bola.net sudah merangkum perjalanan mereka.

1 dari 6 halaman

Pra Musim

Dua pemain Atletico Madrid, Luis Suarez dan Marcos Llorente (c) AP Photo

Permainan Atletico Madrid pada pertandingan pramusim tidak terlalu mencolok dan mengincar kemenangan beruntun pada setiap laga mereka. Skuad Diego Simeone lebih aktif untuk mencari tahu, siapa dan bagaimana formasi yang cocok untuk musim 2021/22 nanti.

Pada pertandingan perdananya, mereka ditahan imbang dengan Numancia dengan skor 1-1 berkat gol dari Mario Soriano (4) dan Diego Suarez (32) dan berakhir dengan kemenangan penalti dengan skor 5-4.

Pada pertandingan selanjutnya mereka bertemu dengan tim kuat Bundesliga, yakni RB Salzburg dengan skor 1-0 yang dicetak oleh Karim Adeyemi pada menit 34 di babak pertama.

Pertandingan ketiga, Atletico berjumpa dengan Cadiz yang pada laga tersebut berjalan imbang 1-1 hingga akhir babak dan kemudian dilanjutkan babak penalti dengan kemenangan dari Cadiz dengan skor 4-2

Dan terakhir, mereka bertanding dengan Feyenoord dan berakhir kalah 1-2 setelah pemain andalan mereka Yannick Carrasco diganjar kartu merah pada babak pertama. Gol tersebut dicetak oleh Bryan Linssen (18), Naoufal Bannis (90+3) untuk kubu Feyenoord dan Angel Correa (83) untuk kubu Atletico.

Meskipun hasil dari pra musim tersebut mengecewakan, Diego Simeone sebenarnya hanya ingin melakukan penambahan jam terbang bagi pemain yang sekiranya memiliki potensi untuk menembus skuad utama mereka.

2 dari 6 halaman

Aktivitas Pada Jendela Transfer

Pemain Udinese, Rodrigo de Paul (c) LaPresse Via AP

Atletico Madrid yang tidak begitu nyentrik dalam membeli pemain baru dengan harga selangit untuk mengisi skuat mereka. Pasalnya pada bagian striker, penyerang sayap, gelandang (serang/sentral) dan bek sayap maupun tengah, masih diisi dengan beberapa pemain kepercayaan Simeone.

Atletico sebelumnya merekrut jasa Rodrigo de Paul dan Marcos Paulo untuk membantu mengisi lini tengah dan lini serang mereka. Joao Felix yang dinyatakan masih dalam pemulihan cedera engkelnya. Ia dikabarkan belum mampu mengikuti pertandingan perdana Atletico di La Liga kontra Celta Vigo.

Masuknya Rodrigo de Paul dan Marcos Paulo diharapkan bisa membantu lini tengah serta sayap Atletico yang kehilangan seorang Felix untuk sementara akibat cedera yang ia alami.

Transfer Masuk:

  • Rodrigo de Paul (Udinese, 35 juta euro)
  • Marcos Paulo (Fluminense, Free Transfer)


Transfer Keluar:

  • Nicolas Ibanez (CF Pachuca, 3 juta euro)
  • Vitolo (Getafe, Dipinjamkan)
  • Axel Werner (Belum memiliki klub)
3 dari 6 halaman

Informasi Tim

Aksi pemain Atletico Madrid, Joao Felix, saat menghadapi Bayern Munchen pada laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Rabu (2/12/2020). (c) AP Photo

Joao Felix yang masih menjadi andalan pada lini serang Atletico, kini harus absen setelah mendekap cedera engkel. Dengan ini mereka akan menggunakan Suarez sebagai tumpuan utama dalam setiap pertandingan mereka.

Selain Felix, Menjelang musim 2021/22 Rekrutan anyar milik Atletico Marcos Paulo yang masih berusia 20 tahun juga mengalami cedera otot, tetapi ia diprediksi akan kembali pada 12 Agustus dan siap bermain dari bangku cadangan kontra Celta Vigo.

Lalu pemain terakhir yang mengalami cedera adalah, bek tengah mereka Felipe. Absennya Felipe akibat cedera pada lututnya membuat Diego Simeone harus memutar otaknya untuk mencari penggantinya sebagai duet dari Jose Maria Gimenez pada laga perdana mereka nanti.

4 dari 6 halaman

Player to Watch: Jan Oblak

Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak. (c) AP Photo

Pemenang trofi Zamora musim lalu, menjadi salah satu aktor utama kesuksesan Atletico Madrid menjuarai La Liga. Jan Oblak merupakan kiper andalan Atletico Madrid yang selalu tampil solid serta berani dalam menghadapi lawan-lawannya.

Semenjak kepindahannya ke Atletico, hanya Courtois dan Ter Stegen lah yang hampir menyaingi dirinya dalam perolehan kiper terbaik La Liga tersebut. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir hanya Courtois yang berhasil merebut trofi tersebut dalam balapan trofi Zamora.

Di usianya yang sudah 28 tahun, Jan Oblak akan tampil sangat hebat mengingat usianya merupakan usia emas pemain sepak bola. Ia akan selalu menjadi andalan utama Diego Simeone serta ancaman bagi lini serang tim yang menghadapi dirinya.

5 dari 6 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Gelandang Atletico Madrid, Marcos Llorente (c) AP Photo

Diego Simeone diprediksi tidak akan merombak formasi mereka, mereka akan tetap menggunakan 4-3-3 dengan satu striker utama mereka Luis Suarez, serta tiga gelandang andalan Simeone, yakni Saul, Koke, dan Llorente.

Dengan datangnya Rodrigo de Paul, dipastikan akan membantu lini sayap jika dalam beberapa latihan ia tampil lebih baik dibandingkan Carrasco ia akan mengisi pada sayap kiri dan membantu Luis Suarez mencetak gol.

Formasi: 4-3-3

Susunan Pemain: Jan Oblak, Jose Maria Gimenez, Mario Hermoso, kieran Trippier, Renan Lodi, Saúl Ñíguez, Koke, marcos Llorente, Yannick Carrasco/ Rodrigo de Paul, Luis Suarez, dan Angel Correa

Pelatih: Diego Simeone

6 dari 6 halaman

Prediksi Musim

Diego Simeone (c) LaLiga

Atletico merupakan tim yang stabil pada satu kompetisi dan jarang mencoba merebut dua gelar sekaligus, maka ia diprediksi akan menjadi tiga besar dalam perebutan La Liga musim 2021/22.

Jika Atletico bersama Simeone berhasil tampil sangat stabil dan tidak angin -anginan seperti El Real maupun Blaugrana, mereka dipastikan bisa menjadi juara lagi pada La Liga musim 2021/22.

Selain itu dalam kancah Liga Champions mereka masih dinilai sulit untuk kembali menembus final seperti pada tahun 2014 serta 2016 yang mempertemukannya dengan Real Madrid. Mereka harus bertemu beberapa tim kuat seperti PSG, Manchester City, Manchester United, Chelsea, dan Bayern yang diprediksi bisa lolos semifinal. Akan menjadi tugas berat bagi Suarez untuk menembus tiket final seperti tahun 2014 dan 2016 lalu.

(Bola.net/Risditya)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR