FOLLOW US:


Quique Setien Terancam Dipecat, Xavi Siap Ambil Alih Kursi Pelatih Barcelona

29-06-2020 18:20

 | Serafin Unus Pasi

Quique Setien Terancam Dipecat, Xavi Siap Ambil Alih Kursi Pelatih Barcelona
Gelandang Barcelona Xavi Hernandez mengangkat trofi La Liga di Camp Nou setelah Barcelona menjadi juara, 23 Mei 2015. © AP Photo

Bola.net - Sebuah kode keras diberikan Xavi Hernandez. Legenda Barcelona itu menyebut bahwa ia sangat berambisi untuk melatih El Blaugrana.

Pelatih berusia 40 tahun tersebut memang sering digosipkan akan kembali ke Camp Nou untuk melatih Barcelona. Ia sebenarnya menjadi kandidat kuat pengganti Ernesto Valverde di bulan Januari kemarin, namun ia menolak kesempatan tersebut.

Kesempatan untuk melatih Barcelona kembali hadir untuk Xavi. Pasalnya pelatih Barca saat ini, Quique Setien terancam dipecat setelah ia membuat Barcelona tertinggal dari Real Madrid dalam perburuan gelar juara La Liga musim ini.

Xavi mengakui bahwa ia masih memendam hasrat untuk menjadi pelatih Barcelona. "Harapan terbesar saya saat ini adalah menjadi pelatih Barcelona," ujar Xavi yang dikutip Sport.

Baca komentar lengkap sang legenda hidup Barca itu di bawah ini.

1 dari 3

Persiapkan Diri

Xavi menyebut bahwa ia dan staff pelatihnya saat ini tengah mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mereka benar-benar layak untuk melatih Barcelona.

"Saya ingin mengembalikan Barcelona ke jalur kemenangan. Bukan saya yang menang, tetapi para pemain dan juga Barca yang menang."

"Sebagai konsekuensinya, para staff teknis kami benar-benar mempersiapkan diri untuk itu dan kami benar-benar antusias untuk kembali ke sana [Barcelona]."

2 dari 3

Satu Syarat

Namun Xavi menegaskan bahwa ia punya satu syarat jika benar-benar ditunjuk menjadi manajer Barcelona. Ia meminta wewenang penuh atas timnya dan ia tidak mau diintervensi selama menjadi juru taktik El Blaugrana.

"Saya sangat mencintai klub ini. Saya ingin kembali di momen yang tepat untuk memulai sebuah proyek dari awal. Saya sudah mengatakan ini sejak lama tetapi saya ingin memiliki wewenang penuh di Barcelona."

"Setelah proses pemilihan Presiden klub nanti ada peluang untuk itu dan saya tidak akan menutup peluang untuk kembali. Mereka sempat berbicara dengan saya pada bulan Januari, namun saya mengatakan bahwa situasi dan waktunya tidak tepat untuk kembali." ujarnya.

3 dari 3

Kandidat Lain

Selain Xavi, ada mantan pemain Barcelona lainnya yang menyatakan ketertarikannya terhadap kursi pelatih Barca musim depan.

Ia adalah manajer Timnas Belanda, Ronald Koeaman.

(Sport)