FOLLOW US:


Real Madrid Versi Tangguh: 5 Kemenangan Beruntun Ketika 9 Pemain Cedera

27-02-2021 15:45

 | Asad Arifin

Real Madrid Versi Tangguh: 5 Kemenangan Beruntun Ketika 9 Pemain Cedera
Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Toni Kroos saat menghadapi Valencia dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (14/2/2021). © AP Photo

Bola.net - Perjalanan Real Madrid pada musim 2020/2021 sulit diprediksi. Saat dalam situasi yang sulit dengan sembilan pemain utama cedera, Madrid justru menang pada lima laga beruntun.

Real Madrid menang 1-0 melawan Atalanta pada leg pertama babak 16 Besar Liga Champions (25/2/2021). Terlepas dari segala kontroversi yang terjadi, Madrid tetap layak mendapat pujian atas hasil itu.

"Kami harus memberikan banyak pujian atas apa yang dilakukan tim ini. Kami kembali ke perburuan gelar, kami menang di sini. Kami berusaha keras dan Anda harus menghargai apa yang kami lakukan," ucap bek Real Madrid, Nacho.

1 dari 5

Krisis, Bangkit

Krisis, Bangkit
Sergio Ramos dan Lionel Messi pada laga El Clasico, Sabtu (24/10/2020) malam WIB © AP Photo

Real Madrid telah mengalami tiga fase krisis pada musim 2020/2021 ini. Fase pertama terjadi pada Oktober 2020 lalu. Saat itu, Madrid kalah dua laga beruntun di kandang atas Cadiz dan Shakhtar.

Namun, Madrid kemudian bangkit dengan meraih kemenangan atas Barcelona di Camp Nou.

Krisis periode kedua terjadi pada November hingga awal Desember 2020. Real Madrid hanya menang sekali pada lima laga dan terancam gagal lolos dari fase grup Liga Champions usai kalah dari Shakhtar dengan skor 2-0.

Namun, Real Madrid berhasil keluar dari tekanan dan lolos dari fase grup. Madrid menang atas Gladbach. Lalu, Madrid juga menang pada dua laga sulit melawan Sevilla dan Atletico di La Liga.

2 dari 5

Saat Zinedine Zidane Diragukan

Saat Zinedine Zidane Diragukan
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane © AP Photo

Januari 2021 menjadi periode yang sulit bagi Real Madrid. Sebab, mereka hanya sekali menang pada lima laga. Madrid juga gagal di ajang Supercopa de Espana dan Copa del Rey.

Ketika itu terjadi, Madrid seolah berada di titik nadir. Masa depan Zinedine Zidane pun mulai diragukan. Sejumlah media Spanyol menyebut Zidane sudah tidak punya masa depan lagi di Madrid.

Masalah makin pelik ketika muncul adanya friksi di ruang ganti. Ada sejumlah pemain yang tidak puas dengan kinerja Zidane. Mereka adalah pemain yang tersingkir dari tim utama seperti Isco, Marcelo, dan Mariano Diaz.

3 dari 5

Gelombang Cedera Pemain

Gelombang Cedera Pemain
Eden Hazard pada laga semifinal Supercopa de Espana melawan Athletic Bilbao, Jumat (15/1/2021) © AP Photo

Zinedine Zidane melepas dua pemain pada bursa transfer Januari 2021. Dua pemain itu adalah Luka Jovic dan Martin Odegaard ke klub lain, tanpa membawa satu pun pemain baru ke Real Madrid.

Zidane harus membayar mahal keputusan tersebut. Sebab, Madrid kemudian dilanda cedera pemain dengan intensitas yang sangat tinggi. Sembilan pemain cedera dan tidak bisa bermain di laga melawan Atalanta.

Daftar Cedera Real Madrid

  • Dani Carvajal
  • Eder Militao
  • Sergio Ramos
  • Marcelo
  • Alvaro Odriozola
  • Fede Valverde
  • Eden Hazard
  • Karim Benzema
  • Rodrygo Goes
4 dari 5

Kualitas Real Madrid dan Zinedine Zidane

Kualitas Real Madrid dan Zinedine Zidane
Real Madrid © AP Photo

Di atas adalah rangkaian masa sulit yang harus dihadapi Real Madrid. Namun, klub asal ibukota Spanyol itu nampaknya punya mentalitas yang kuat, begitu juga Zinedine Zidane sebagai pelatih.

Real Madrid selalu menang pada lima laga terakhir. Madrid memang tidak menang dengan cara yang mudah, tidak dengan selisih gol yang banyak, tapi Madrid selalu menang.

Madrid tidak pernah mencetak lebih dari dua gol. Tapi, Madrid juga hanya kebobolan satu gol pada lima laga terakhir. Madrid menang dengan bertumpu pada lini belakang yang tampil solid.

Mentalitas Madrid benar-benar nampak pada lima laga terakhir. Saat masalah silih berganti datang, Madrid justru keluar dengan kemenangan demi kemenangan yang membuat mereka kini mulai diperhitungkan sebagai kandidat juara La Liga.

5 dari 5

Hasil yang Didapat Real Madrid 5 Laga Terakhir

  • 06/02/21 Huesca 1 - 2 Real Madrid
  • 10/02/21 Real Madrid 2 - 0 Getafe
  • 14/02/21 Real Madrid 2 - 0 Valencia
  • 21/02/21 Real Valladolid 0 - 1 Real Madrid
  • 25/02/21 Atalanta 0 - 1 Real Madrid

Sumber: Marca