FOLLOW US:


Ronaldo Mengaku Siap Hanya Jadi Pelapis di Real Madrid

14-12-2016 11:30

 | Cristiano Ronaldo

Ronaldo Mengaku Siap Hanya Jadi Pelapis di Real Madrid
Cristiano Ronaldo © France Football Twt

Bola.net - Cristiano Ronaldo mengaku bahwa ia siap untuk mengurangi jatah bermainnya di Real Madrid, demi bisa menjalani karir profesional yang lebih lama.

Pemain Portugal baru saja mengalahkan Lionel Messi untuk memenangkan Ballon d'Or 2016, usai membantu negaranya juara Euro 2016 dan juga memenangkan Liga Champions bersama Madrid musim lalu.

Ronaldo sendiri juga belum lama ini mengikat kontrak baru hingga 2021 dan ia mengaku mungkin akan kesulitan jika terus diminta bermain dua kali dalam sepekan.

"Ini wajar, tidak hanya saya. Dengan bertambahnya usia, manusia pasti kehilangan sesuatu, namun meningkat di sisi lainnya. Saya selalu melihat bagaimana saya bisa dalam kondisi terbaik. Saya selalu memikirkan itu, tidak hanya untuk musim ini, namun musim berikutnya," tutur Ronaldo di France Football.

"Anda harus cerdas. Anda harus berlatih sendiri di pra-musim dan memikirkan tentang akhir musim, tidak hanya di awalnya saja. Ini adalah maraton, bukan sprint. Anda harus menggunakan kepala anda, tidak hanya saya, namun juga pemain lainnya."

"Ada banyak orang di Real yang akan terus membuat saya belajar. Anda harus bisa melakukannya, menerima kenyataan, yaitu bahwa saya sudah berusia 31 tahun. Ini tidak mudah, karena pemulihan usai pertandingan kini terasa lebih lamban. Tidak mungkin anda bisa terus dalam kondisi terbaik, bahkan untuk pemain muda. Saya terus menjaga kondisi saya, saya kira saya bisa punya karir yang amat panjang."