FOLLOW US:


Sederet Masalah yang Perlu Dibenahi Setien di Barcelona

28-01-2020 00:38

 | Dimas Ardi Prasetya

Sederet Masalah yang Perlu Dibenahi Setien di Barcelona
Quique Setien © AP Photo

Bola.net - Quique Setien kini memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus ia tuntaskan di Barcelona agar timnya bisa tampil lebih baik lagi.

Setien telah memimpin Barcelona dalam tiga pertandingan sejauh ini. Melawan Granada timnya menang 1-0 namun kemenangan itu didapat dengan susah payah.

Kemudian melawan Ibiza di Copa del Rey, Barca cuma menang 2-1. Padahal kelas lawannya itu jauh di bawah klub Catalan tersebut.

Kemudian ujian sesungguhnya datang saat Barcelona harus menghadapi Valencia. Pada akhirnya Lionel Messi dkk kalah 2-0 di pertandingan yang dihelat di Mestalla itu.

Melihat performa Barcelona di tiga laga itu, jelas ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Quique Setien. Berikut beberapa pekerjaan rumah yang harus dituntaskan Setien, seperti dilansir Marca.

Scroll ke bawah Bolaneters.

1 dari 5

Pengganti Luis Suarez

Saat ini Barcelona tak akan bisa memainkan Luis Suarez. Sang bomber harus beristirahat lama setelah menjalani operasi.

Absennya Suarez membuat sumber gol Barca berkurang. Saat ini Lionel Messi menjadi top skor dengan raihan 14 gol di liga, sementara Suarez telah mengemas 11 gol.

Pemain yang torehan golnya mendekati Suarez adalah Antoine Griezmann dengan tujuh gol. Sayangnya saat ini pemain asal Prancis itu masih dalam proses adaptasi dan tampaknya belum benar-benar bisa diandalkan untuk bisa mencetak banyak gol. Selain itu ia juga belum benar-benar padu bekerja sama dengan Messi.

Masalah ini tampaknya bisa dituntaskan dengan membeli pemain baru. Sejauh ini sudah ada beberapa nama penyerang yang dikaitkan dengan Barcelona.

2 dari 5

Bek Tengah

Tidak ada yang menyadari fakta bahwa Barcelona tidak memiliki pasangan bek tengah terbaik di klub saat ini. Gerard Pique tak bisa terlalu diandalkan karena performanya turun naik.

Samuel Umtiti tampaknya tidak bisa tetap fit, dan tidak dapat diandalkan untuk waktu yang lama, sementara Clement Lenglet tampaknya tidak cocok dengan gaya permainan yang diinginkan oleh mantan pelatih Real Betis. Ia sering terjebak keluar dari posisinya dengan banyak ruang tersisa di belakang.

3 dari 5

Masalah di Sektor Sayap Kanan

Di Mestalla, Sergi Roberto yang berperan sebagai bek tengah di sektor kanan. Namun ia kerap meninggalkan area sayap kanan sepenuhnya terbuka pada lebih dari satu kesempatan.

Ansu Fati bukan yang terbaik saat harus membantu timnya bertahan. Hal ini memungkinkan Valencia bebas berkeliaran di sisi kiri, yang membuat Jose Gaya suskes menunjukkan salah satu penampilan terbaiknya tahun ini.

4 dari 5

Ketergantungan Pada Messi

Dalam setiap pertandingan Barcelona, ada setidaknya satu situasi di mana seorang pemain mencari Messi ketika ia sebenarnya harus mencoba dan memecahkan masalahnya sendiri. Arthur Melo melakukan ini pada hari Sabtu kemarin saat jumpa Valencia, tetapi kenyataannya adalah bahwa hal itu terjadi setiap minggu.

Tim ini, sebagian karena taktik yang digunakan oleh Valverde, telah menjadi sangat tergantung pada Messi. Sekarang mereka jadi terobsesi untuk mengandalkan La Pulga.

Tim lawan telah mengenali hal ini dan telah menemukan cara untuk menghadapinya. Ini adalah tindakan refleks yang membuat Setien merasa sulit untuk menghapus hal ini. Akibatnya, tidak mengherankan bahwa, dengan pengecualian Suarez, Arturo Vidal dan Antoine Griezmann, tidak ada pemain Barcelona yang mencetak lebih dari dua gol di liga pada musim 2019/20.

5 dari 5

Vidal dan Gaya Setien Tampaknya Berbenturan

Quique Setian tampaknya lebih suka dengan gelandang yang sangat andal dengan bola di kakinya. Di skuat Barcelona saat ini ada pemain semacam itu dalam diri Arthur, Sergio Busquets, dan Frenkie de Jong.

Akan tetapi, Arturo Vidal tidak memiliki kualitas itu. Setien tentu tak bisa terus mengandalkan ketiga pemain itu dan harus merotasi timnya pada satu titik. Jadi ia harus menemukan taktik yang pas untuk bisa mengakomodasi permainan Vidal.

Barcelona saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara La Liga. Pasukan Quique Setien itu kehilangan posisinya setelah digusur oleh Real Madrid yang kini unggul tiga angka atas mereka.

(marca)