FOLLOW US:


Sentuhan Ronald Koeman di Barcelona: 4-2-3-1, Kebebasan Lionel Messi, dan Nomor 9 yang Tumpul

14-09-2020 11:57

 | Asad Arifin

Sentuhan Ronald Koeman di Barcelona: 4-2-3-1, Kebebasan Lionel Messi, dan Nomor 9 yang Tumpul
Pelatih Barcelona Ronald Koeman. © AP Photo

Bola.net - Laga pertama Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona usai digelar pada Minggu (13/9/2020) dini hari WIB. Barcelona menang dengan skor 3-1 atas klub Segunda B, Gimnastic, pada laga di Stadion Johan Cruyff.

Gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Ousmane Dembele, Antoine Griezmann Dan Philippe Coutinho, sementara Gimnastic memperkecil kedudukan berkat gol Javi Bonilla.

Hasil akhir laga ini tidak bisa menjadi ukuran dari sukses atau tidak kerja Ronald Koeman. Sebab, laga ini adalah yang pertama bagi Barcelona di bawah Koeman. Sifatnya juga hanya laga uji coba.

Ronald Koeman menjajal hampir semua pemain yang ada. Pelatih asal Belanda itu memainkan skuad yang berbeda antara babak pertama dan kedua. Lawan yang dihadapi pun levelnya masih di bawah Barcelona.

Ada beberapa catatan menarik dari duel perdana Koeman sebagai Barcelona. Apa saja? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3

Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1
Barcelona vs Gimnastic © FC Barcelona

Ronald Koeman sempat diduga akan mengembalikan formasi 4-3-3 di Barcelona. Formasi ini memang sudah melekat pada klub dan diajarkan kepada pemain sejak di La Masia. Namun, Koeman rupanya punya pilihan berbeda.

Koeman memilih formasi 4-2-3-1 untuk Barcelona.

Di laga melawan Gimnastik, Ronald Koeman memainkan Antoine Griezmann sebagai penyerang tengah. Pilihan yang bisa diprediksi sejak awal. Apalagi, Luis Suarez tidak masuk dalam skuad untuk laga uji coba ini.

Sementara itu, dua gelandang pivot dimainkan Sergio Busquets dan Carles Alena. Pada babak kedua, giliran Frenkie de Jong dan Riqui Puig yang bermain.

2 dari 3

Kebebasan untuk Lionel Messi

Kebebasan untuk Lionel Messi
Lionel Messi berpose dengan jersey ketiga Barcelona 2020-21. © FC Barcelona

Di atas kertas, Lionel Messi bermain sebagai winger kanan. Akan tetapi, praktik di lapangan Ronald Koeman memberi kebebasan yang besar untuk sang megabintang untuk menentukan wilayah bermainnya.

Lionel Messi, yang bermain selama 45 menit, acap kali bermain sebagai nomor 10. Dia sering bergerak ke tengah dan betada di belakang Griezmann.

Sementara itu, Pedri mengikuti pergarakan Messi. Pemuda 17 tahun itu akan bergeser ke kanan jika Messi masuk ke tengah. Dia mampu melakukan tugasnya dengan baik di sektor winger.

3 dari 3

Masalah di No. 9

Antoine Griezmann yang dimainkan pada babak pertama memang mencetak gol. Tetapi itu terjadi dari titik putih. Griezmann belum bermain bagus, begitu Martin Braithwaite yang dimainkan pada babak kedua.

Griezmann keculitan menemukan celah di pertahanan Gimnastic. Sedangkan, Braithwaite bermain lebih efektif tetapi tidak cukup tajam untuk bisa mendapatkan gol.

Nampaknya, mencari nomor 9 yang tajam akan menjadi pekerjaan Koeman. Luis Suarez tidak masuk dalam rencana dan Koeman disebut akan turun ke bursa transfer demi mendapatkan satu penyerang sebelum musim 2020/2021 dimulai.

Sumber: Marca