FOLLOW US:


Sudah Kenal Lionel Messi, Xavi Siap Turun Gunung Latih Barcelona

23-09-2019 00:55

 | Ari Prayoga

Sudah Kenal Lionel Messi, Xavi Siap Turun Gunung Latih Barcelona
Xavi ketika masih memperkuat Barcelona © AP Photo

Bola.net - Legenda Barcelona, Xavi menyatakan bahwa ia siap untuk menangani mantan timnya dan menjadi bos dari beberapa pemain senior, termasuk Lionel Messi.

Barcelona sedang menjalani awal musim yang jauh dari kata memuaskan. Terbaru, Barca harus menyerah dua gol tanpa balas di markas tim promosi, Granada pada Minggu (22/9/2019) dini hari WIB.

Situasi ini membuat posisi Ernesto Valverde di kursi pelatih mendapat sorotan. Apalagi setelah kegagalan menyakitkan di pentas Liga Champions musim lalu.

1 dari 2

Fokus ke Al-Sadd

Salah satu nama yang dijagokan menggantikan Valverde jika memang dipecat adalah Xavi. Sosok 39 tahun itu kini tengah menangani klub Qatar, Al-Sadd.

Sebagai pelatih, Xavi pun mencatatkan pencapaian yang cukup impresif. Ia sukses mengantar timnya menyapu bersih tiga kemenangan dalam tiga laga awal musim ini.

Tak hanya itu, Al-Sadd juga sukses melaju ke semifinal Liga Champions Asia. Meski demikian, Xavi belum mau terlalu memikirkan soal kans menangani Barca.

"Saya tak tahu apakah ini akan menjadi jembatan menuju Barca. Satu-satunya hal yang membuat saya khawatir sekarang adalah bekerja dengan bagus di sini, memenangi gelar dan membuat kesalahan dalam beberapa aspek sebagai pembelajaran untuk masa depan," ujar Xavi kepada Ara.

2 dari 2

Kesiapan Xavi

Xavi meninggalkan Barca pada 2015 silam. Ia pun memiliki eks rekan setim yang saat ini masih menjadi tulang punggur Blaugrana, mulai Messi hingga Sergio Busquets. Xavi mengaku tak masalah jika ia harus melatih mereka.

"[Menangani eks rekan setim] bukanlah sebuah masalah. Saya tahu Leo [Messi] seperti apa, Luis Suarez, Busquets, Jordi Alva, Gerard Pique atau Sergi Roberto," tutur Xavi.

"Saya tahu bagaimana mereka berlatih, kapasitas kepemimpinan mereka, saya bisa memberitahu jika mereka sedih atau marah. Saya berharap sebagai pelatih saya bisa memiliki tiga, lima, delapan, atau 10 pemain yang sudah saya kenal dan berhubungan baik dengan saya," imbuhnya.

"Messi merupajan pemain yang, jika Anda meyakinkan dia, bisa menjadi bek yang brilian. Dia memiliki kecepatan fisik dan mental. Dia memiliki segalanya. Jika Anda meyakinkan dia untuk berlari, apa yang akan dilakukan pemain lain? Mereka akan berlari dua kali lipatnya," tandas Xavi.

Sumber: Ara