FOLLOW US:


Sulit Bikin Gol, Karim Benzema Korban Taktik Zinedine Zidane?

13-03-2020 11:00

 | Richard Andreas

Sulit Bikin Gol, Karim Benzema Korban Taktik Zinedine Zidane?
Striker Real Madrid, Karim Benzema. © AP Photo

Bola.net - Karim Benzema menutup musim 2018/19 lalu dengan 30 gol di semua kompetisi, torehan kedua terbaiknya bersama Real Madrid. Musim ini Benzema sudah berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan angka tersebut, tapi sebulan terakhir segalanya berjalan buruk.

Striker Prancis ini mencetak gol penalti ke gawang Real Betis akhir pekan lalu, meski akhirnya Madrid kalah di Estadio Benito Villamarin. Gol itu membantu Benzema menembus peringkat ke-5 pencetak gol terbanyak dalam sejarah Madrid.

Mengutip Marca, musim ini Benzema sudah mencetak 19 gol di semua kompetisi. 14 gol di antaranya lahir di La Liga, yang membantu Benzema mengejar Lionel Messi (19 gol) di puncak.

Kendati demikian, Benzema hanya bisa mencetak dua gol dalam 40 hari terakhir. Jelas buruk, apa yang jadi masalah?

1 dari 3

Menerima Umpan

Mengutip Marca, merosotnya torehan gol Benzema ini mungkin disebabkan oleh perubahan taktik Madrid. Beberapa pertandingan terakhir, Benzema jarang mendapatkan umpan dari rekan-rekannya di kotak penalti.

Alhasil, dia harus lebih sering mundur ke belakang, menjemput bola dari para gelandang. Jika terus menjauh dari gawang lawan, bagaimana Benzema bisa mencetak gol?

Pada laga kontra Betis lalu, Benzema beberapa kali mundur sampai melewati garis tengah lapangan -- salah satunya berujung pada kebobolan kedua Madrid. Sebelumnya, pada laga kontra Levante dan Celta Vigo, Bernzema lebih sering bermain di sisi sayap.

Mau tak mau, Benzema terpaksa menjelajah area-area yang tidak seharusnya karena dia tidak mendapatkan suplai bola di depan.

2 dari 3

Minim Suplai

Tercatat, Benzema sudah terbiasa bekerja sama dengan Luka Modric dan Toni Kroos. Musim lalu Modric memberikan 152 umpan untuk Benzema di Liga, musim ini merosot jadi 63 umpan saja. Bantuan Kroos pun merosot, dari 131 umpan jadi 70 umpan saja.

Penurunan angka tersebut mungkin disebabkan oleh kebiasaan Zidane dewasa ini. Zidane cenderung memilih salah satu dari Modric atau Kroos, mulai jarang memainkannya bersamaan dalam satu pertandingan.

Faktor lainnya adalah absennya Marcelo. Bek senior Brasil ini menyodorkan 131 bola untuk Benzema pada musim 2018/19 lalu, musim ini Marcelo telah melewatkan 12 pertandingan.

3 dari 3

Catatan Aneh

Uniknya, para penyerang yang bermain bersama Benzema di depan justru jarang membuat kombinasi.

Dalam daftar pemain yang paling banyak memberikan umpan untuk Benzema, Gareth Bale ada di peringkat ke-13, Vinicius peringkat ke-10, dan Lucas Vazquez ke-14.

Sebenarnya ada Eden Hazard yang sering berkombinasi dengan Benzema, tapi Hazard melewatkan sebagian besar musim ini karena cedera.

Sumber: Marca