FOLLOW US:


Tak Ada Lionel Messi, Ini 5 Pemain di Eropa dengan Gol Terbanyak Tahun 2020

19-03-2020 15:19

 | Aga Deta

Tak Ada Lionel Messi, Ini 5 Pemain di Eropa dengan Gol Terbanyak Tahun 2020
Josip Ilicic © AP Photo

Bola.net - Warga dunia sedang menghadapi masa sulit karena pandemi virus Corona. Penyebaran virus corona tersebut sudah mengganggu berbagai bidang kehidupan termasuk sepak bola.

Pengelola liga di berbagai negara memutuskan untuk menunda sementara kompetisi domestik. Denyut sepak bola yang selama ini berdetak kencang, dipaksa berhenti.

Padahal, sebelum akhirnya dihentikan untuk sementara, liga-liga khususnya big five Eropa, yakni Serie A, La Liga, Bundesliga, Ligue 1, dan Premier League mulai memasuki fase krusial jelang akhir kompetisi.

Tim-tim bersaing meraup poin sebanyak mungkin. Pemain-pemain juga unjuk gigi, berusaha menampilkan performa terbaik. Seorang pemain depan, misalnya, berupaya mencetak gol sebanyak mungkin.

Nama-nama yang sudah akrab di telinga lantaran langganan menjebol gawang lawan, seperti Kylian Mbappe di Ligue 1, Cristiano Ronaldo di Serie A, Lionel Messi di La Liga, maupun Erling Haaland di Bundesliga, tetap masuk daftar pencetak gol terbanyak liga masing-masing musim ini.

Di Premier League, Jamie Vardy sementara masih memimpin daftar top scorer dengan koleksi 19 gol dari 29 pertandingan yang dijalani Leicester City.

Di Serie A 2019-2020, ada Ciro Immobile yang mengoleksi 27 gol dalam 26 pertandingan yang telah dilewati Lazio.

Sementara, striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, mencatatkan 25 gol. Kylian Mbappe dan Wissam Ben Yedder memimpin perburuan sepatu emas di Ligue 1 dengan koleksi gol sama, 18.

Kemudian, Lionel Messi masih memperlihatkan ketajaman dengan status top scorer sementara La Liga dengan 19 gol.

Namun, fakta berbeda akan terlihat ketika hanya gol-gol yang berhasil tercipta di tahun 2020 saja yang dihitung, bukan sepanjang musim ini.

Ada nama-nama yang muncul dan jadi kejutan. Siapa saja mereka?

Berikut ini pemain sepak bola yang berhasil mencetak gol terbanyak di tahun 2020.

1 dari 5

1. Josip Ilicic (Atalanta/14 Gol)

Bintang Atalanta, Josip Ilicic, dinobatkan menjadi pemain sepak bola pertama yang berhasil menggelontorkan empat gol di laga away di ajang Liga Champions.

Dengan tambahan empat gol ke gawang Valencia, koleksi gol pemain berusia 32 tahun pada 2020 ini menjadi 14 gol.

Josip Ilicic mengoleksi 14 gol tahun ini dari 11 laga yang dijalani. Selain itu, Josip Ilicic berhasil memecahkan rekor Zlatan Ibrahimovic, yakno pemain tertua yang berhasil mencetak empat gol di pertandingan Liga Champions.

Josip Ilicic membantu Atalanta membuat kejutan di Liga Champions musim 2019-2020 dengan mengantarkan klub yang bermarkas di Stadion Atleti Azzurri d'Italia tersebut menembus perempat final untuk kali pertama sepanjang sejarah berdirinya klub.

2 dari 5

2. Cristiano Ronaldo (Juventus/13 Gol)

Telah menginjak usia 35 tahun, Cristiano Ronaldo masih tetap moncer dalam urusan mencetak gol. Musim ini, Cristiano Ronaldo telah mengoleksi 21 gol di Serie A dari 22 pertandingan.

Cristiano Ronaldo berpeluang meraih gelar capocannioniere musim 2019-2020, bersaing ketat dengan Ciro Immobile.

Khusus pada 2020, Cristiano Ronaldo telah mengoleksi 13 gol dari 11 laga di semua ajang.

3 dari 5

3. Erling Haaland (Borussia Dortmund/12 Gol)

Erling Haaland, pemain berusia 19 tahun yang kini membela Borussia Dortmund makin topcer dalam urusan menjebol gawang lawan. Sejak kepindahannya ke Die Borussen di awal tahun 2020, Erling Haaland telah mengoleksi 12 gol dari 10 laga yang dijalani.

Erling Haaland melakoni debutnya bersama Dortmund dengan melumat Augsburg 5-3 (18/1/2020).

Erling Haaland menghadirkan performa luar biasa dengan mencetak hattrick pada laga ini, padahal dia baru masuk pada menit ke-56 sebagai pengganti.

4 dari 5

4. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain/12 Gol)

Pada awal 2020, Kylian Mbappe menunjukan performa impresif dengan mengoleksi 12 gol dari 12 laga yang dijalani.

Bintang Paris Saint-Germain (PSG) dan Timnas Prancis tersebut tak hanya tajam begitu memasuki tahun 2020. Buktinya, ia masuk daftar pencetak gol terbanyak Ligue 1 musim 2019-2020.

Namun, Kylian Mbappe tak sendirian di puncak top scorer Ligue 1 musim ini. Untuk sementara dia harus berbagi dengan Ben Yedder, yang sama-sama mengoleksi total gol 18.

5 dari 5

5. Moussa Dembele (Olympique Lyon/12 Gol)

Moussa Dembele, penyerang satu di antara raksasa klub Prancis, Olympique Lyon, turut meramaikan daftar pemain yang mencetak gol terbanyak di tahun 2020. Dembele telah mengoleksi total 12 gol di semua ajang di tahun 2020.

Performa apiknya itu memicu rumor dirinya bakal kembali ke Premier League.

Sumber: Transfermarkt, Uefa.com, Who Scored
Disadur dari: Bola.com/Penulis Alfi Yuda/Editor Aning Jati
Published: 19 Maret 2020