FOLLOW US:


Termasuk Real Madrid, Ini Lima Tim La Liga 2020/2021 yang Overperform

25-01-2021 21:42

 | Serafin Unus Pasi

Termasuk Real Madrid, Ini Lima Tim La Liga 2020/2021 yang Overperform
Eden Hazard (kanan) merayakan golnya untuk Real Madrid © AP Photo

Bola.net - La Liga musim 2020/2021 sudah melewati pekan ke-19. Jika ada 38 laga yang harus dilakoni tim-tim peserta La Liga musim ini, maka kompetisi kasta tertinggi sepak bola Spanyol ini sudah separuh jalan.

Sejauh ini, ada tim-tim yang menunjukkan performa ciamik atau bisa dibilang overperform. Sebaliknya, ada juga tim yang menunjukkan performa tak memuaskan (underperform).

Performa tim kerap diukur dengan membandingkan raihan poin mereka saat ini dengan nilai expected points (xPTS) mereka. xPTS merupakan salah satu pengembangan lebih lanjut dari alat ukur statistik expected goals (xG). Dalam metode xPTS, nilai xG dan xGA -bersama digunakan untuk mengukur kemungkinan perolehan poin klub, termasuk menyusun proyeksi perolehan poin.

Tim-tim La Liga mana sajakah yang overperform sejauh ini? Berikut lima di antara mereka.

1 dari 5

Sevilla FC

Sevilla FC
Chelsea vs Sevilla berakhir sama kuat 0-0 © AP Photo

Peringkat lima dari lima tim La Liga yang menunjukkan statistik overperformance tertinggi sejauh ini ditempati Sevilla FC.

Sejauh ini, Sevilla meraih 36 poin dari 19 pertandingan. Raihan poin Los Nervionenses lebih tinggi 2,27 poin dari nilai xPTS mereka. Sevilla berada di posisi empat klasemen.

Dalam analisis Understat, nilai xPTS Sevilla ditaksir sebesar 33,73. Jika poin mereka berdasar nilai xPTS, saat ini Sevilla hanya menempati peringkat enam klasemen sementara.

Tak hanya urusan poin, dalam urusan bertahan pun pencapaian Sevilla pun melewati hasil perhitungan matematis. Sejauh ini, gawang mereka baru kebobolan 16 kali. Sementara, nilai xGA mereka mencapai 17,99.

Jika ada yang perlu dibenahi dari Sevilla, hal tersebut adalah ketajaman mereka dalam menuntaskan peluang. Sejauh ini, mereka baru mencetak 26 gol. Sementara, nilai xG mereka mencapai 28,71.

2 dari 5

Real Madrid

Real Madrid
Marco Asensio dan Lucas Vazquez merayakan gol ketika Real Madrid berjumpa Celta Vigo di pekan ke-17 La Liga musim 2020/2021 © AP Photo

Peringkat empat dari lima tim La Liga yang menunjukkan statistik overperformance tertinggi sejauh ini ditempati Real Madrid.

Sejauh ini, Los Blancos meraih 40 poin dari 19 pertandingan. Raihan poin sang juara bertahan ini lebih tinggi 5,41 poin dari nilai xPTS mereka. Madrid berada di posisi dua klasemen sementara.

Dalam analisis Understat, nilai xPTS Madrid ditaksir sebesar 34,59. Jika poin mereka berdasar nilai xPTS, saat ini Madrid hanya menempati peringkat empat klasemen sementara.

Tak hanya urusan poin total, dalam urusan mencetak gol dan kebobolan pun Madrid lebih baik ketimbang nilai xG dan xGA mereka. Anak asuh Zinedine Zidane sudah mencetak 34 gol dan kebobolan 16 gol. Sementara, nilai xG dan xGA mereka berada di angka 33,09 dan 20,24.

3 dari 5

Elche

Peringkat tiga dari lima tim La Liga yang menunjukkan statistik overperformance tertinggi sejauh ini ditempati Elche.

Sejauh ini, Los Franjiverdes meraih 17 poin dari 18 pertandingan. Raihan poin tim yang didirikan 1923 ini lebih tinggi 6,43 poin dari nilai xPTS mereka. Elche berada di posisi 19 klasemen sementara.

Dalam analisis Understat, nilai xPTS Elche ditaksir sebesar 34,59. Jika poin mereka berdasar nilai xPTS, saat ini Elche menempati dasar klasemen sementara.

Dalam urusan mencetak gol dan kebobolan pun Madrid lebih baik ketimbang nilai xG dan xGA mereka. Anak asuh Jorge Almiron sudah mencetak 16 gol dan kebobolan 25 gol. Sementara, nilai xG dan xGA mereka berada di angka 11,67 dan 31,06.

Meski jumlah gol dan kebobolan Elche lebih baik ketimbang xG dan xGA mereka, hal ini tak pasti berarti bagus. Pasalnya, secara keseluruhan, nilai xG mereka yang paling rendah di klasemen. Ini artinya, mereka jarang menciptakan peluang mencetak gol ke gawang lawan.

Di sisi lain, nilai xGA mereka pun berada di posisi tiga. Artinya, Elche kerap membiarkan lawan mencetak peluang ke gawang mereka.

4 dari 5

Granada

Granada
Granada musim 2019/2020 © AP Photo

Posisi runner up dalam daftar lima tim La Liga yang menunjukkan statistik overperformance tertinggi sejauh ini ditempati Granada.

Sejauh ini, El Grana meraih 28 poin dari 20 pertandingan. Raihan poin Granada lebih tinggi 6,93 poin dari nilai xPTS mereka. Mereka berada di posisi tujuh klasemen sementara.

Dalam analisis Understat, nilai xPTS Granada ditaksir sebesar 21,07. Jika poin mereka berdasar nilai xPTS, saat ini Granada hanya menempati peringkat 16 klasemen sementara.

Dalam urusan mencetak gol, Granada lebih bagus ketimbang nilai xG mereka. Sejauh ini, anak asuh Diego Martinez ini mencetak 24 gol. Sementara, nilai xG mereka 21,69.

Sementara, untuk urusan kebobolan, catatan Granada tak terlalu bagus. Mereka kebobolan 34 gol. Sementara, nilai xGA mereka 33,36.

Nilai xGA Granada ini pun adalah yang terburuk di La Liga musim ini. Hal ini berarti Granada merupakan tim yang paling bermurah hati membiarkan lawan mencetak peluang.

5 dari 5

Atletico Madrid

Posisi puncak dalam daftar lima tim La Liga yang menunjukkan statistik overperformance tertinggi sejauh ini ditempati Atletico Madrid.

Sejauh ini, Los Colchoneros meraih 47 poin dari 18 pertandingan. Raihan poin Atletico ini lebih tinggi 12,54 poin dari nilai xPTS mereka. Luis Suarez dan kawan-kawan berada di puncak klasemen sementara.

Dalam analisis Understat, nilai xPTS Atletico ditaksir sebesar 34,46. Jika poin Atletico berdasar nilai xPTS, saat ini mereka hanya menempati peringkat lima klasemen sementara.

Dalam urusan mencetak gol, Atletico lebih bagus ketimbang nilai xG mereka. Sejauh ini, anak asuh Diego Simeone ini mencetak 36 gol. Sementara, nilai xG mereka 28,18.

Sementara, untuk urusan kebobolan, catatan Atletico pun ciamik. Mereka kebobolan delapan gol. Sementara, nilai xGA mereka 14,02.

Nilai xGA Atletico ini adalah yang terbaik di La Liga musim ini. Hal ini berarti mereka merupakan tim yang paling jarang membiarkan lawan mencetak peluang.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)