FOLLOW US:


Ternyata Pemain Barcelona Juga Suka Membungkus Makanan dari Klub

11-10-2019 08:30

 | Richard Andreas

Ternyata Pemain Barcelona Juga Suka Membungkus Makanan dari Klub
Barcelona © AP Photo

Bola.net - Diet pesepak bola merupakan salah satu aspek paling penting untuk menjaga kebugaran fisik mereka. Klub-klub elite Eropa biasanya memiliki nutrisionis khusus yang bertugas untuk mengatur dan menyediakan menu terbagi bagi para pemain.

Hal yang sama pun terjadi di Barcelona, Raja La Liga. Di klub Catalan tersebut, ada sosok Maria Antonia Lizarraga, yang bertanggung jawab penuh atas nutrisi yang dikonsumsi para pemain.

Sekilas, tugas Maria tampak mudah, hanya mengatur menu makanan dan sebagainya. Namun, sebenarnya tugas tersebut jauh lebih sulit dari yang diduga. Dia harus merancang menu yang sehat sekaligus tepat bagi para pemain.

Bagaimana lika-liku mengelola menu untuk Lionel Messi dkk? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Sudah 9 Tahun

Sebagai profesional, para pemain punya kewajiban menjaga tubuh mereka, yang dimulai dari apa saja yang masuk ke dalam perut. Maria ada untuk membantu para pemain, dia bertanggung jawab penuh selama sembilan tahun terakhir.

"Saya bertanggung jawab atas nutrisi di klub dan saya sudah melakukannya selama sembilan tahun. Pada umumnya saya mengatur tim utama tetapi juga ada tim-tim lain. Kami bekerja sama dengan tim medis dan pelatih kebugaran," tutur Maria kepada Sport.

"Beberapa pekan awal pramusim adalah momen untuk mencoba hal-hal baru. Ketika ada pemain baru yang datang, bakal ada tes untuk melihat kondisi mereka."

"Setelah itu, kami bakal merancang rencana untuk membantu mereka mencapai kondisi tubuh terbaiknya dan menjaganya selama musim berjalan," lanjutnya.

2 dari 2

Membungkus Makanan

Lebih lanjut, Maria mengaku usaha menjaga nutrisi para pemain itu terkadang harus berlanjut sampai ke rumah. Selama musim berlangsung, pekan demi pekan, para pemain harus mengikuti rencana diet tersebut.

"Kami menawarkan bantuan penuh untuk membantu mereka menjalani diet baik di rumah. Ada pemain-pemain yang membungkus makanan dari klub untuk dibawa pulang ke rumah," sambung Maria.

"Setiap pemain yang datang dari luar klub dan yang kami kira tidak bisa berkembang, ternyata sudah membuat perubahan signifikan," pungkasnya.

Tentu, diet yang dimaksud Maria adalah menjaga pola makan untuk tujuan tertentu, dalam hal ini mencapai kebugaran maksimal.

Sumber: Sport