FOLLOW US:


Trofi La Liga: Lionel Messi 10, Sergio Ramos 4, Luka Modric Cuma 1

11-02-2020 11:00

 | Richard Andreas

Trofi La Liga: Lionel Messi 10, Sergio Ramos 4, Luka Modric Cuma 1
Karim Benzema dan pemain Real Madrid melakukan pemanasan jelang duel lawan Barcelona, Kamis (19/12/2019). © AP Photo

Bola.net - Ketika kembali ke Real Madrid, Zinedine Zidane menggarisbawahi pentingnya La Liga bagi Los Blancos. Mereka sudah terlalu lama tidak menjuarai kompetisi nomor satu di Spanyol itu.

Tercatat, Madrid terakhir kali menjuarai La Liga pada musim 2016/17 lalu, era pertama Zidane. Mungkin terlihat tidak buruk, tapi sebenarnya Madrid punya catatan mengenaskan di La Liga.

Betapa tidak, dalam 10 edisi terakhir, Madrid hanya dua kali jadi juara, jelas tidak bisa dibandingkan dengan Barcelona yang meraih tujuh trofi La Liga pada masa tersebut -- satu sisanya diklaim Atletico Madrid.

Pada musim 2017/18 lalu, Barcelona menutup musim dengan keunggulan 17 poin dari rival-rival mereka. Lalu, musim 2018/19, pasukan Zidane hanya bisa mengamankan peringkat ketiga, tertinggal 19 poin dari puncak.

Apa rencana Zidane untuk musim ini? Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 3

Misi Utama Zidane

Menurut Marca, di era keduanya ini Zidane menegaskan pentingnya La Liga bagi Madrid. Trofi itu bakal jadi target utama Madrid musim ini.

Sejak awal, Zidane sudah menjalin diskusi dengan para pemain dan pimpinan Madrid untuk menetapkan La Liga sebagai target utama. Misi itu jelas tidak mudah, menjuarai La Liga butuh konsistensi dan fokus penuh.

Tercatat, Real Madrid memang masih memimpin daftar juara La Liga dengan 33 trofi, tapi mereka hanya enam kali jadi juara pada 19 edisi terakhir sejak memasuki abad ini.

Zidane yakin timnya mampu, mengingat dia pernah melakukannya pada musim 2016/17. Saat itu, Madrid begitu kuat untuk mengawinkan trofi La Liga dan Liga Champions.

2 dari 3

Perbandingan Kontras

Karim Benzema dan pemain Real Madrid melakukan pemanasan jelang duel lawan Barcelona, Kamis (19/12/2019). (c) AP Photo
Karim Benzema dan pemain Real Madrid melakukan pemanasan jelang duel lawan Barcelona, Kamis (19/12/2019). (c) AP Photo

Catatan buruk Madrid di La Liga ini memang tidak bisa diabaikan. Pasalnya, torehan trofi domestik pemain-pemain Barca jauh lebih unggul dari pemain Madrid.

Sebut saja Lionel Messi yang sudah mengoleksi 10 trofi La Liga, Gerard Pique dan Sergio Busquets dengan 8 trofi La Liga. Di Madrid, hanya Sergio Ramos dan Marcelo yang mendekati, itu pun hanya dengan 4 trofi La Liga.

Bahkan pemain seperti Marc-Andre ter Stegen dan Luis Suarez, yang tiba pada tahun 2014, telah mengoleksi jumlah trofi La Liga (4) yang sama dengan Ramos, yang sudah bermain di Madrid sejak tahun 2005.

3 dari 3

Tidak Wajar

Zidane cemas catatan buruk Madrid itu berlanjut, bahkan bisa lebih buruk lagi. Dia ingin Madrid kembali fokus untuk menjuarai La Liga yang memang paling sulit.

"Tidak wajar bahwa, sebagai contoh, pemain seperti Luka Modric hanya memiliki satu gelar juara liga," tutur Zidane.

Kekhawatiran Zidane ada benarnya. Bahkan jumlah trofi Modric itu tidak lebih baik dari pemain seperti Nelson Semedo dan Arthur Melo yang jelas baru bergabung dengan Barcelona dan sudah merasakan satu gelar juara.

Sumber: Marca