FOLLOW US:


Di Balik Magis Lionel Messi: Bobroknya Lini Pertahanan Barcelona

11-02-2020 09:30

 | Asad Arifin

Di Balik Magis Lionel Messi: Bobroknya Lini Pertahanan Barcelona
Lionel Messi mencetak hattrick ke gawang Mallorca pada pekan 16 La Liga 2019/2020, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. © AP Photo

Bola.net - Kemenangan Barcelona atas Real Betis kembali menjadi bukti magis Lionel Messi untuk klub. Namun, di balik gemilangnya Lionel Messi, ada catatan tentang bobroknya pertahanan Barcelona.

Barcelona berjumpa Real Betis pada pekan ke-23 La Liga 2019/2020, Senin (10/20202) kemarin. Pada laga yang digelar di Benito Villamarin itu, Barcelona meraih kemenangan dengan skor 2-3.

Lionel Messi punya andil besar atas tiga poin yang didapat Barcelona. Sebab, La Pulga mencetak tiga assist. Dia memberi umpan yang membuat Frenkie de Jong, Sergio Busquets, dan Clement Lenglet mencetak gol.

Magis Lionel Messi kembali muncul. Performa apik ini sekaligus menjadi jawaban atas komitmennya pada klub. Messi sebelumnya menjadi sorotan usai terlibat konflik dengan direktur klub, Eric Abidal.

1 dari 2

Pertahanan Terburuk Barcelona dalam 17 Tahun

Dua gol Real Betis ke gawang Barcelona dicetak Sergio Canales dan Nabil Fekir. Dua gol tersebut membuat Barcelona kini sudah kebobolan 28 gol hanya dari 23 laga yang sudah dimainkan di La Liga.

Barcelona, dengan kebobolan 28 gol, memang tidak menjadi klub dengan rasio kebobolan terburuk di La Liga. Masih ada Espanyol yang kebobolan 40 gol. Akan tetapi, bagi klub selevel Barcelona, itu adalah catatan yang buruk.

Bahkan, dikutip dari Marca, kali terakhir jumlah kebobolan terburuk Barcelona terjadi pada 2002/2003, 17 tahun yang lalu. Ketika itu, Barcelona sudah kebobolan 30 gol sampai pekan ke-23 La Liga.

Pada musim 2002/2003 silam, dengan lini belakang yang begitu bobrok, Barcelona harus mengakhiri musim tanpa gelar juara. Louis van Gaal harus dipecat di tengah musim dan digantikan Radomir Antic.

Akankah memori buruk musim 2002/2003 terluang? Saat ini Barcelona sudah gagal di Supercopa de Espana dan Copa del Rey. Ernesto Valverde juga sudah dipecat.

2 dari 2

Rival Barcelona Makin Tangguh

Ketika duet Gerard Pique dan Clement Lenglet begitu rapuh mengawal Marc Andre ter Stegen, para rival Barcelona justru makin tangguh. Real Madrid menjadi tim dengan lini pertahanan terbaik di La Liga sejauh ini.

Real Madrid baru kebobolan 14 gol dari 23 laga. Penjaga gawang Thibaut Coutois mampu mencatatkan 11 kali cleansheet. Pertahanan yang tanggu menjadi kunci Real Madrid kini berada di puncak klasemen sementara La Liga.

Atletico Madrid juga punya pertahanan yang kokoh. Gawang Jan Oblak baru 15 kali kebobolan dari 23 laga. Lalu, ada pula Athletic Bilbao yang baru kebobolan 19 gol dari 23 laga. Kiper Unai Simon bermain sangat bagus untuk Bilbao pada musim 2019/2020 ini.

Sumber: Marca