Xavi Bicara Soal Proyek Manchester City, Tipis-tipis Sindir Transfer Haaland?

Yaumil Azis | 10 Mei 2022 07:38
Pelatih Barcelona Xavi. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City sedang menarik perhatian baru-baru ini. Laporan terbaru menyebutkan kalau juara bertahan Premier League itu telah mengamankan jasa Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

Haaland pun telah menjadi topik perbincangan hangat dalam beberapa tahun terakhir. Hampir semua orang sepakat dan yakin kalau sang penyerang bakal berganti seragam begitu musim 2021/22 berakhir.

Obrolan panas ini muncul saat beredar kabar bahwa kontrak Haaland meliputi klausul rilis dengan nilai terjangkau, 75 juta euro. Angka ini telah dikoreksi oleh jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, yang berkata kalau nilai klausul rilis Haaland cuma 60 juta euro saja.

Teka-teki soal ke mana Haaland bakal berlabuh akhirnya terjawab pada Senin (9/5/2022) malam WIB. Romano muncul di media sosial dengan menyebutkan kalau Haaland telah melewati tahapan tes medis di Manchester City.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Proyek yang Sukses

Tidak sedikit yang menyayangkan Haaland bergabung dengan Manchester City. Kendati memiliki skuat yang mengerikan, klub besutan Josep Guardiola itu belum juga sanggup juara di pentas Liga Champions.

Beberapa orang meyakini kalau Haaland lebih cocok pindah ke klub yang memiliki histori kesuksesan panjang seperti Real Madrid. Karena Manchester City, mereka pun percaya kalau kepindahan Haaland didasari oleh faktor ekonomi.

Kekuatan finansial Manchester City yang didukung oleh pengusaha timur tengah kadang suka membuat publik keki. Mereka menganggap ini sebagai kecurangan, dan bahkan mencurigai adanya indikasi pelanggaran aturan Financial Fair Play (FFP) setiap kali City membeli sosok baru.

Tapi tidak sedikit juga yang menganggap mereka sukses dalam melaksanakan proyeknya, termasuk Xavi. "Saya takkan meremehkan proyek lain. Kami tak punya proyek yang valid. Ada banyak yang sukses, termasuk City."

2 dari 2 halaman

Uang Jadi Penyebabnya?

Meski memuji, bukan berarti Xavi tidak memiliki pemikiran negatif terhadap City seperti kebanyakan orang. Ia juga masuk ke dalam golongan orang yang percaya kalau motivasi pemain pindah ke Etihad Stadium adalah uang.

"Mereka memiliki gelar dan hasil yang bagus, dan mereka adalah pesaing hebat. Namun, pada akhirnya, jika transfer terjadi, itu bisa dikarenakan alasan finansial. Saya tak punya keraguan soal itu," tutupnya kepada Diario AS.

Mungkin saja Xavi benar. Seperti yang dilaporkan Daily Mail, Manchester City disebut menawarkan gaji fantastis kepada sang penyerang dengan nilai 500 ribu pounds per pekan.

Namun menurut Romano, gaji yang diterima Haaland takkan sebesar itu. Ia menyebutkan kalau sang pemain mendapatkan bayaran yang tidak lebih besar dari milik Kevin De Bruyne saat ini, yakni sebesar 375 ribu pounds per pekan.

Satu hal yang pasti, Haaland akan menerima peningkatan gaji gila-gilaan hanya dengan pindah ke Manchester City. Dortmund sendiri cuma mampu membayarnya dengan nominal 132 ribu pounds per pekan menurut Goal International.

(Diario AS via Football Espana)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR