FOLLOW US:


Madrid Masters: Sharapova dan Serena Susul Azarenka

09-05-2012 11:00
Madrid Masters: Sharapova dan Serena Susul Azarenka
Maria Sharapova © AFP

Bola.net - Unggulan utama Victoria Azarenka dan Maria Sharapova mengalahkan lawan mereka dari Ceko dan maju ke putaran ketiga turnamen tenis Madrid Terbuka, Selasa (08/5), mengikuti langkah mantan petenis nomor satu dunia Serena Williams.

Azarenka menyudahi harapan Andrea Hlavackova dengan kemenangan 6-3 7-6, Sharapova mengalahkan Klara Zakopalova 6-4 6-3 dan Williams, unggulan kesembilan dan tampil pertama kali di Eropa musim ini, menggulingkan pemain tidak diunggulkan dari Rusia, Anastasia Pavlyuchenkova 6-2 6-1.

Serena dengan mudah melaju pada laga hari itu, sementara saudaranya, Venus, kandas di tangan petenis Jerman, Angelique Kerber. Sharapova, yang mengalahkan petenis nomor satu Azarenka di final Stuttgart bulan lalu, pertama kali melaju pada pertandingan di atas permukaan lapangan berwarna biru yang tidak lazim di Manolo Santana.

Warna itu merupakan hasil inovasi kontroversial pada turnamen tahun ini dan menimbulkan keluhan dari Novak Djokovic, Rafa Nadal dan yang lainnya. Dengan menutup bagian atas lapangan karena hujan gerimis, unggulan kedua dari Rusia Sharapova bermain mengesankan dan mematikan servis awal Zakopalova.

Petenis tiga kali juara turnamen grand slam itu kemudian melancarkan servis dan unggul 5-2 pada set kedua, tetapi kembali mematikan servis lawannya pada game berikutnya. Sharapova selanjutnya akan bertemu dengan pemain lain Ceko, Lucie Safarova yang tidak diunggulkan, yang mengalahkan pemain :wildcard" dari Spanyol Carla Suarez Navarro 6-3 6-4.

Sharapova mengatakan, permukaan lapangan biru itu agak licin dibanding karpet merah, tapi ia menambahkan, ia setuju dengan pergantian warna itu, ketika panita menyebutkan alasan mereka agar bola yang berwarna kuning lebih jelas terlihat di televisi.

"Saya memang merasa ada sedikit perbedaan dengan permukaan merah sebelumnya, apalagi pada beberapa hari pertama. Tapi lama kelamaan saya merasa lebih baik dan mulai terbiasa," katanya dalam temu pers.

"Tapi kita harus lebih menguasai keseimbangan kita," kata petenis berusia 25 tahun dan nomor dua dunia itu, yang sedang mengincar gelar grand slam di Prancis Terbuka mendatang bulan ini.

Kondisi sama Petenis Belarusia Azarenka meminta penasihat Amelie Mauresmo menyaksikan pertandingannya bersama pelatih Sam Sumyk, saat ia berhadapan dengan Hlavackova, yang membutuhkan perawatan pada paha kirinya memasuki pertandingan set kedua.

Seperti halnya Sharapova, unggulan utama Azarenka kehilangan peluang untuk melancarkan servis pada set kedua, tetapi ia berhasil membuat "tiebreak" 7-2 tan selanjutnya akan berhadapan dengan Ana Ivanovic dari Serbia, manan petenis nomor satu dunia, kini sebagai peringkat ke-13.

"Rasanya agak licin tetapi pasti semua orang merasakan hal yang sama," kata Azarenka, yang kalah atas Petra Kvitova pada final tahun lalu, dalam temu pers ketika ditanya kesannya tentang lapangan biru itu. "Saya tidak suka mengeluh tentang permukaan lapangan itu. Biar saja begitu," kata juara Australia Terbuka itu.

"Kita harus membiasakan diri dan tidak ada orang yang akan mengubahnya, karena semua petenis bermain dengan situasi dan hal yang sama," katanya. Kvitova di putaran kedua akan bertemu dengan petenis kualifikasi dari Ceko, Lucie Hradecka, Rabu. (afp/lex)